Ticker

6/recent/ticker-posts

Polres Pasaman Barat Tanggap Bencana, Bhabinkamtibmas Polsek Lembah Melintang Pantau Ketinggian Air Di Pemukiman Warga

 


  


pasamanbarat.sumbar.polri.go.id – Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi hari ini di wilayah Kabupaten Pasaman Barat dan sekitarnya mengakibatkan debit air di beberapa aliran sungai yang membentang di wilayah Kabupaten Pasaman Barat mengalami peningkatan hingga meluap ke badan jalan serta pemukiman warga.


Melihat kondisi tersebut, Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki, S.I.K., M.M memerintahkan seluruh Kapolsek sejajaran untuk memantau di wilayahnya masing-masing guna mengantisipasi timbulnya korban jiwa dan korban materil dalam bencana banjir kali ini.


Seperti yang dilakukan oleh jajaran Polsek Lembah Melintang, Kapolsek Lembah Melintang AKP Zulfikar, S.H., M.H memerintahkan personel Bhabinkamtibmas Nagari Ujung Gading Bripka Musliadi Indra dan didampingi oleh Babinsa Koramil 06/Ujung Gading Koptu Hendri, Wali Nagari Koto Sawah Budi Santosa, S.Pd, Bidan Desa Elektro Lina, Amd, Kep, Sekna Nagari Ujung Gading Yunaldi dan Kepala Jorong Koto Sawah, Ujung Gading, Khairul Nasrulloh memantau serta menyambangi rumah warga yang terdampak banjir yang berada di Banjar Bahal Jorong Koto Sawah, Nagari Koto Sawah, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Minggu pagi (07/05/2023).


Dari hasil pemantauan,  debit air Sungai Batang Sikabau Kec.Lembah Melintang meluap  dan menggenangi areal pemukiman penduduk serta  sebagian badan jalan di Jorong Koto Sawah. Dengan kondisi seperti itu, Bhabinkamtibmas bersama pihak pemerintah Nagari Ujung Gading memberikan himbauan kepada warga agar selalu waspada, jika sewaktu-waktu banjir bertambah tinggi, dihimbau kepada warga  segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi untuk menghindari korban bencana banjir ini.


“Tolong tingkatkan kewaspadaan, amankan barang-barang berharga dan hewan ternak, sementara hindari penggunaan peralatan  yang menggunakan aliran listrik, untuk mengantispasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” pesan Bhabinkamtibmas.


AKBP Agung Basuki, S.I.K., M.M melalui Kapolsek Lembah Melintang AKP Zulfikar, S.H., M.H memerintahkan kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas Polsek Lembah Melintang  sesering mungkin melakukan pemantauan dan menyambangi Nagari binaan,  berkomunikasi aktif dengan pihak pemerintah Nagari guna mengetahui setiap perkembangan yang terjadi di Nagari , memantau ketinggian air sungai di wilayahnya masing-masing, agar kita bisa mendata dan mengambil langkah-langkah untuk menghindari jatuhnya korban Jiwa dan Materil


“Seperti saat ini, kami perintahkan semua anggota Bhabinkamtibmas Polsek Lembah Melintang untuk cek situasi masing-masing Nagari binaan, sebagai bentuk kepedulian Polri khususnya Polres Pasaman Barat terkait tanggap bencana,” ucap Kapolsek.


Dari hasil pemantauan yang dimulai pada pukul 09.00 Wib tersebut, belum ada warga yang mengungsi, rata-rata ketinggian air yang berada di pemukiman warga Banjar Bahal, Nagari Koto Sawah Ujung Gading sekitar 20 sentimeter yang menggenangi 10 unit rumah, sampai berita ini diturunkan, belum ada korban jiwa dan situasi masih aman dan kondusif. (HumasResPasbar)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS