Ticker

6/recent/ticker-posts

Melepas Jenazah Alm. Syamsir Rajo Mego.Ini Kata SambutanKetua MPA KAN Pauh IX Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM

 


Padang - Ketua Majelis Pertimbangan Adat KAN Pauh IX Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM melepas keberangkatan jenazah almarhum Syamsir Rajo Mego suku Chaniago yang meninggal pada usia 84 tahun. Almarhum diberangkatkan dari rumah duka Jl. By Pass Sungai Sapih pada Selasa 2/5/23


Dalam sambutannya, Irwan Basir mengatakan kematian adalah salah pelajaran bagi kita yang hidup bahwa kita tinggal di atas dunia ini ada batasnya. Batasnya adalah kematian.


" Innalillahi wa Innaillahi Rajiuun. Sesungguhnya kita datang dari Allah dan akan kembali kepada Allah. Tidak ada yang kekal di atas dunia ini. Apabila sudah tiba waktunya, kita semua akan meninggalkan alam dunia ini dan kembali kepada sang Pencipta," ujar ninik mamak Pauh IX ini.


Selanjutnya disampaikan, jika maut sudah menghampiri kita maka tidak ada lagi yang dapat kita banggakan, baik itu pangkat, jabatan, kedudukan ataupun harta benda. Semuanya akan kita tinggalkan dan tidak akan dibawa ke dalam kubur, kecuali amal ibadah yang kita perbuat selama hidup di atas dunia ini.


"Kullunnafsiin zaikatul maut. Setiap yang bernyawa pasti akan mati. Maut tidak mengenal apakah dia seorang pejabat, orang berpangkat atau orang kaya, jika ketentuannya sudah datang, maka semuanya akan kembali kepada Allah sang Maha Pencipta. Wakafa bilmauti wa idzho. Dan cukuplah mati itu menjadi pengingat atau pelajaran bagi kita yang hidup," lanjut tokoh yang juga ketua DPD LPM Kota Padang ini.


Irwan Basir juga tak lupa memohonkan maaf kepada seluruh pelayat yang hadir atas segala kesalahan dan kekhilafan Almarhum semasa hidupnya.


"Almarhum semasa hidupnya sudah lama bergaul dengan kita yaitu 84 tahun. Selaku manusia, tentu tak pernah luput dari kesalahan dan kekhilafan. Untuk itu kewajiban kitalah untuk memaafkan kesalahan dan kekhilafan almarhum tersebut. Dan jika ada utang piutang yang dapat dibuktikan hitam di atas putih, maka ahli waris akan bersedia menyelesaikannya," ucap Irwan Basir lagi.


Sementara itu, Tokoh Masyarakat Kuranji Ir. Emzalmi dalam sambutannya menyampaikan turut berduka cita atas berpulangnya almarhum Syamsir Rajo Mego. Menurut mantan Wakil Walikota Padang ini, semasa hidupnya almarhum adalah seorang yang aktif berkegiatan di masyarakat baik sebagai tokoh adat, tokoh persilatan dan banyak lagi kegiatan sosial lain yang beliau geluti. Semoga almarhum diampuni segala dosanya dan diterima segala amal ibadahnya.


Turut melayat ke rumah duka, Ketua KAN Pauh IX Suardi Dt. Rajo Bujang dan seluruh ninik mamak bajinih, Tokoh Masyarakat Darmadi, Rang tuo Adat suku Chaniago Dasmanboy Dt. Rajo Dihilie, Rangtuo Adat suku Guci Abdurrrahman Dt. Bandaro Hitam dan tokoh masyarakat dan tokoh adat lainnya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS