Ticker

6/recent/ticker-posts

Bupati Pasbar Audiensi dengan Tim BRSDM KKP RI Sekaligus Kunjungan Lapangan ke Sikabau Sebagai Lokasi SFV

 


Bupati Pasbar Audiensi dengan Tim BRSDM KKP RI Sekaligus Kunjungan Lapangan ke Sikabau Sebagai Lokasi SFV 


Pasbar, jurnalissumbar.com-- 


Bupati Pasaman Barat bersama stakeholder terkait melakukan silaturahmi dalam rangka Audiensi dengan Tim Pusat Riset Kelautan, Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (BRSDM KKP RI), Rabu (17/5) di auditorium kantor bupati setempat. Setelah audiensi, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Jorong Sikabau, Nagari Ranah Koto Tinggi Kecamatan Koto Balingka sebagai lokasi Smart Fisheries Village (SFV). 


Kepala Pusat Riset Kelautan BRSDM KKP RI Hendra Yusran menyebutkan SFV atau Desa Perikanan Cerdas merupakan konsep pengembangan desa perikanan berbasis penerapan teknologi informasi, komunikasi, dan pengelolaan yang efektif, berkelanjutan, serta peningkatan ekonomi. 


"Dengan dukungan bapak-ibu, program kampung nelayan pintar ini bisa ditingkatkan. Bukan hanya baik untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan di Sikabau, namun juga untuk meningkatkan potensi wisata bahari yang memang harus dikemas dengan baik. Menampilkan apa yang menjadi ciri khas wisata Sikabau dengan bantuan penyuluhan dan pendidikan dari tim kita nanti," ucapnya. 


Disamping itu, Bupati Pasbar Hamsuardi mengungkapkan Pasbar memiliki wilayah pesisir pantai yang cukup luas. Luasnya wilayah pesisir tentunya dihuni oleh masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan diantaranya di Jorong Sikabau, Nagari Ranah Koto Tinggi, Kecamatan Koto Balingka itu yang dipilih sebagai lokasi SFV. 


"Setelah melakukan silaturahmi di kantor tadi, kita kembali bersama datang ke Sikabau membawa program untuk masyarakat Sikabau. Program ini bertujuan membina sekaligus peningkatan ekonomi di Sikabau. Seperti yang kita ketahui, tahun demi tahun kunjungan wisata lokal ke Sikabau selalu meningkat, tentu kita berharap kepada masyarakat mari saling mendukung dalam melaksanakan program ini,” tuturnya. 


Pemda melalui seluruh OPD terkait, pemerintah kecamatan, dan pemerintahan nagari di Jorong Sikabau lanjutnya, akan mendukung dan memberikan kontribusi sepenuhnya pelaksanaan program SFV. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Ditjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan yang telah mengalokasikan dana dalam memberikan pembinaan yang diharapkan menjadi penghasilan besar bagi masyarakat Jorong Sikabau

(hn)**

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS