Ticker

6/recent/ticker-posts

Bupati Hamsuardi Resmikan RSUD Ujung Gading

 



Pasbar, jurnalissumbar.com-- 


Banyak masyarakat dari bagian utara harus jauh-jauh berobat ke RSUD Jambak dan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Simpang Empat. Untuk itu, hari ini akan diresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ujung Gading sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terutama bagi masyarakat Ujung Gading sekitar. Upaya besar ini telah dimulai dari bupati terdahulu yakni Almarhum H. Syahiran, mari kita lanjutkan semangat beliau dengan bersama-sama membangun Pasbar ini.


Hal itu diungkapkan Bupati Pasbar Hamsuardi dalam sambutannya saat meresmikan RSUD Ujung Gading, Rabu (24/5) di halaman gedung RSUD Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang. 


Pada kesempatan itu, turut hadir Staf Ahli Dinkes Provinsi Sumatera Barat Eka Lusti, Ketua DPRD Pasbar Erianto, Ketua TP.PKK Ny. Titi Hamsuardi, Kepala OPD, Kepala Dinas Kesehatan Hajran Huda, Dirut RSUD Ujung Gading Lidya Kurniaty, Dirut RSUD Jambak Yandri Saputra, Dirut Ibnu Sina Simpang Empat Meri Herliza, Camat Lembah Melintang, Forkopimca Lembah Melintang, tokoh masyarakat dan stakeholder terkait. 


"Beberapa masyarakat Pasbar saat ini masih enggan berobat, dikarenakan tidak memiliki biaya. Untuk itu, Pemda Pasbar menggalakkan program UHC atau berobat gratis," kata Bupati Hamsuardi.


Dalam kesempatan itu, Bupati Hamsuardi meminta semua pihak untuk mendukung program tersebut dan meminta para tenaga kesehatan yang hadir untuk meningkatkan pelayanan seperti sopan santun, ramah tamah, menenangkan pasien dan keluarga serta memberikan pengobatan terbaik kepada pasien. 


Sementara itu, Ketua DPRD Pasbar Erianto mewakili anggota DPRD lainnya mendukung penuh diresmikannya RSUD Ujung Gading. Setelah diresmikan, harus disusul oleh perangkat pendukung lainnya seperti penambahan SDM, dokter umum, dokter spesialis dengan memanfaatkan potensi anak nagari. Hal tersebut juga seiring dengan pemekaran nagari di Pasbar. 


"Pemekaran nagari yang semula 19 menjadi 90, 71 nagari sudah defenitif berdampak baik bagi masyarakat terutama di nagari yang sudah mekar salah satunya membuka lapangan pekerjaan baik di pemerintahan nagari maupun di RSUD Ujung Gading ini. Wilayah Pasbar juga berbatasan dengan Madina, jika nanti infrastruktur jalan ini sudah membaik maka akan memberi dampak bagi Pasbar," tangkasnya. 


Disamping itu, Staf Ahli Dinkes Provinsi Sumatera Barat Eka Lusti menjelaskan rumah sakit merupakan sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Adanya RSUD Ujung Gading terutama lokasinya yang strategis, diharapkan menjadi layanan kesehatan yang bermutu sesuai standar dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. 


"Bagi masyarakat Ujung Gading, rumah sakit ini tentu sangat diharapkan, paling penting adalah akses. Masyarakat dekat dengan rumah sakit, sebab orang sakit tidak bisa menunggu, meskipun keadaannya masih seperti ini dan masih banyak PR. Segera kita lengkapi sarana prasarana serta dukungan SDAnya," ungkapnya. 


Selain itu, Direktur RSUD Ujung Gading drg Lidya Kurniaty mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bupati Hamsuardi beserta rombongan. Dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Ujung Gading, program UHC kerjasama dengan BPJS Kesehatan telah terlaksana di RSUD Ujung Gading beberapa waktu lalu. 


Hal serupa diungkapkan tokoh masyarakat Burhanuddin, ia menjelaskan sebelum RSUD Ujung Gading diresmikan program UHC telah diberlakukan. Untuk itu, ia berterimakasih kepada Pemda Pasbar melalui kepemimpinan Bupati Hamsuardi. 


"Masyarakat Ujung Gading bergembira karena program UHC telah diberlakukan di RSUD Ujung Gading. Hal ini sangat membantu masyarakat Ujung Gading dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang maksimal, sehingga tidak perlu jauh-jauh berobat ke Yarsi ataupun RSUD Jambak," ucap Burhanuddin. 


Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan prasasti telah diresmikannya RSUD Ujung Gading, penyerahan penghargaan dari BPJS Kesehatan kepada pemerintah daerah atas pencapaian 96 persen penduduk Pasbar telah menjadi peserta program JKN serta penyerahan mobil ambulans dari Yayasan mobil ambulans dari Yayasan Prabowo Subianto kepada RSUD Ujung Gading dan pemotongan pita peresmian RSUD Ujung Gading. (hn)**

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS