Ticker

6/recent/ticker-posts

UNP Launching Program Diploma 1 Pembibitan dan Pembesaran Sapi 14 April 2023





 Lima Puluh Kota – Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan launching Program Diploma 1 Pembibitan dan Pembesaran Sapi pada Jumat (14/4) di Aula Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas, Kabupaten Limapuluh Kota.



 

Keberadaan Program Diploma 1 ini merupakan hasil kerjasama antara UNP dengan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia dan (BPTU-HPT). Kegiatan launching ini ditandai dengan penekanan tombol peresmian, disaksikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng. , Bupati Kabupaten 50 Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, SH dan Bupati Kabupaten Sijunjung Beny Dwifa Yuswir, SSTP., M.Si.


Rektor UNP Ganefri menyampaikan bahwa program ini dipersiapkan untuk lulusan SLTA yang tidak memiliki kesempatan untuk menyambung pendidikan ke perguruan tinggi. Ini adalah salah satu program yang baru luncurkan, ke depan UNP akan terus menambah program-program yang dapat dimanfaatkan oleh para lulusan SLTA.


“Kita berterimakasih kepada Prof. Arif Satria selaku Ketua ICMI dan Rektor IPB University karena selalu memberikan dukungan kepada program studi Agroindustri dan Agrobisnis, dan pada program Diploma 1 ini,” ujarnya


Selanjutnya, kehadiran Wakil Gubernur, Bupati Lima Puluh Kota dan Bupati Sijunjung merupakan bentuk dukungan yang sangat berarti kepada Program D1 baru ini. Program D1 Pembibitan dan Pembesaran akan memberikan peningkatan kompetensi teknis kepada para mahasiswa karena kurikulumnya telah tersusun dengan terstruktur.


“Mahasiswa kuliah selama satu semester di Kabupaten Sijunjung dan satu semester praktek di BPTU-HPT Padang Mengatas. Mahasiswa yang kuliah pada program ini, selain ijazah nanti juga akan memiliki sertifikasi kompetensi keahlian”, ujar Ganefri.


Wakil Gubernur Audy Joinaldy menyampaikan UNP adalah universitas yang sangat progresif.


“Saya memprediksi bahwa Program D1 ini akan menghasilkan banyak peternak-peternak sapi unggul di Sumatera Barat. Dan ini sesuai dengan potensi sapi potong di Sumatera Barat. Secara kultur orang Sumatera Barat adalah pemakan sapi, mulai dari rendang, sate padang, usus, hati dan lain-lain. Oleh karena itu Provinsi Sumatera Barat selalu siap untuk mendukung program yang diusung UNP ”, ujar Audy Joinaldy.


Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Arif Satria menyampaikan bahwa program ini merupakan solusi bagi 60% lulusan SLTA di Indonesia, yaitu anak-anak secara ekonomi lemah dan dari sisi akademik juga kurang. Anak-anak ini membutuhkan pendidikan langsung menyentuh kompetensi teknis, dan pendidikannya tidak lama.


“Persoalan ini sudah pernah kami bahas di ICMI, dan ternyata Prof. Ganefri bersama UNP pertama menangkap peluang ini. Semoga program ini dapat berjalan dengan sukses, ICMI dan IPB University siap untuk mendukung program ini”, ujar Arif Satria.


Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, S.H memberikan apresiasi atas ide cemerlang rektor UNP yang mengembangkan Program D1 Pembibitan dan Pembesaran Sapi bekerjasama dengan BPTU-HPT Padang Mengatas, karena banyak sekali anak-anak lulusan SLTA yang terkendala untuk menyambung kuliah. Kendala tersebut bisa karena alasan ekonomi, alasan akademis dan kendala-kendala lainnya. Dengan kehadiran program ini maka akan berkontribusi terhadap pengentasan pengangguran muda.


“Program diusung UNP sesuai dengan Misi Kabupaten Lima Puluh Kota untuk peningkatan pendidikan dan ekonomi masyarakat. Kami siap untuk mendukung Program D1 ini, kalau perlu Kabupaten Lima Puluh Kota harus menjadi tuan rumah dan mengirimkan paling banyak mahasiswa” ujar Safarudin Dt. Bandaro Rajo.


Bupati Kabupaten Sijunjung Beny Dwifa Yuswir, SSTP.M.Si berharap agar Program D1 Pembibitan dan Pemesaran Sapi yang dikembangkan UNP dapat menjadi solusi bagi anak-anak muda Kabupaten Sijunjung.


“Kabupaten Sijunjung selalu siap mendukung program diusung UNP. Saat ini UNP sudah hadir dan menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Sijunjung. Oleh karena itu, jika UNP membutuhkan lokasi untuk pembangunan kampus kita menyediakan lahan berapa saja sesuai dibutuhkan”, pungkas Benny Dwifa Yuswir.


Kepala BPTU-HPT Padang Mengatas Dani Kusworo, S.Pt., M.Si menyampaikan bahwa pembangunan pangan merupakan bagian dari pembangunan ketahanan Indonesia. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia peternak yang unggul agar dapat meningkatkan kesejahteraan petani, serta peningkatan konsumsi protein dari masyarakat.


“Potensi sapi potong sangat besar sekali. Saat ini kita baru bisa memproduksi 60”

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS