Ticker

6/recent/ticker-posts

Penelitian Naskah Yang Dikemas Secara Filologis



 Oleh : Nurfazira Okta Putri

Jurusan Sastra Daerah Minangkabau


Sejak Abad Ke-3 Sebelum Masehi para ahli di Aleksandria sudah memakai istilah filologi, kegiatan mereka adalah berusaha mengkaji teks lama dari Bahasa Yunani. Pengkajian teks tersebut mempunyai tujuan untuk menemukan bentuk aslinya agar pengarang bisa memperbaikin atau menghilangkan kesalahan kesalahan yang terdapat di dalam teks tersebut. Tugas Filologi adalah memurnikan teks dengan cara mengadakan kritik terhadap teks yang bertujuan untuk menghasilkan suatu teks yang paling mendekati. Teks yang telah ditemukan kesalahannya bisa disusun Kembali seperti semula, dimana teks tersebut merupakan teks yang dapat dipertanggung jawabkan sebagai sumber kepentingan penelitian bidang ilmu lain. 

Suatu penelitian bisa dianggap sah ketika naskah telah digarap secara filologis, apabila naskah belum digarap secara filologis kemungkinan masi terdapat kelemahan di dalamnya. Langkah yang dapat dilakukan sebelum menggarap naskah adalah membaca hasil penelitian terdahulu dengan judul yang serupa, sehingga dapat menemukan informasi terkait serta dapat lebih memahami tentang isi naskah yang akan digarap. Naskah yang akan digarap harus dipastikan terbebas dari kesamaan editing dengan naskah yang menjadi referensi. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan pengujian plagiarisme dan penyuntingan naskah.

  Naskah yang disusun secara filologis lebih dapat diterima dalam bidang ilmiah. Hal ini dikarenakan dalam naskah filologis disajikan data faktual dan pengujian secara ilmiah dan kritis. Data atau informasi yang tersaji dalam naskah tersebut juga dapat diuji dan dibuktikan kebenerannya. Penggunaan bahasa dan teknik penulisan juga dapat mendukung keakuratan dari naskah yang ditulis. Semakin banyak data faktual yang disajikan dengan gaya bahasa yang sesuai dengan kaidah literasi, maka akan semakin baik tulisan tersebut. Naskah yang ditulis rampung sesuai dengan kaidah bahasa serta filologis akan lebih banyak diarahkan sebagai referensi menulis pada bidang yang serupa yang bermanfaat bagi penulis lainnya, serta juga dapat dikembangkan menjadi sebuah karya tulis ilmiah yang kompeten.

Naskah penelitian yang dikemas secara filologis memiliki skema dan pendekatan yang berurutan mulai dari pembuka hingga penutup. Penulis dapat menggunakan berbagai literatur  sesuai dengan pendekatan yang dipilih. Pendekatan yang diambil tidak hanya terdiri atas satu pendekatan, namun juga dapat menggabungkan dua pendekatan yang berbeda namun memiliki keterikatan antara satu dan lainnya. Hal ini dapat mewujudkan isi naskah yang runtut, dapat dibaca, dibahas, dan dimengerti oleh pembaca. Manfaat yang didapatkan oleh pembaca dari naskah yang ditulis juga menjadi kajian pokok yang harus diperhatikan dalam menulis naskah yang digarap secara filologis, sehingga tulisan dalam naskah dapat dibaca berulang dan dapat menjadi inspirasi untuk tulisan selanjutnya yang relevan dengan pembahasan tersebut.

Ada upaya yang dapat dilakukan untuk menyusun sebuah teks utuh yang telah melakukan pemurnian teks ke dalam suatu Bahasa yang biasanya disebut dengan Edisi Teks. Dimana pemurnian teks tersebut merupakan upaya yang akan digunakan sebagai dasar penerjemahan naskah berdasarkan penelitian teks yang menggunkan merode kritik teks. Kritik teks melingkupi perbandingan naskah agar varian varian yang ada dapat dikelompokan dan penyusunan Kembali garis penurunan naskah tersebut.

Proses pengelolaan naskah merupakan langkah awal penelitian teks dengan mmbuat deskripsi naskah dan para kritik, pengelola naskah dapat juga dilakukan ketika naskah tersebut sudah diketahui maksud dari sebuah katalog naskah. Penerjemahan naskah akan terdapat banyak kelemahan jika suatu naskah tidak melalui proses edisi kritik karena kemungkinan terbesar teks tersebut tidak dapat dibuktikan keutuhannya atau kermurnian teks tersebut, maka peneliti harus melakukan kajian teks yang harus didahulukan dengan edisi kritis.

Kajian yang bersifat filologis melalui edisi kritis dapat dikembangkan menggunakan metode literer kedalam bentuk kajian yang melingkupi pengembangan penelitian filologi, hal ini membuka peluang besar kepada ahli filologi untuk dapat memahami bidang ilmu lainnya yang berkaitan dengan ilmu filologi. 

Ada berapa kerangka edisi teks dan kajian teks yang akan saya gambarkan secara singkat :

1. Terdapat Pengantar Edisi teks yang berisikan Pendahuluan.

2. Selanjutnya ada Inti Edisi Teks dimana didalamnya terdapat Deskripsi Naskah

3. Terdapat Pelengkap Edisi Teks yang tedapat penjelasan berupa kandungan teks

4. Lalu Kajian teks yang berisikian metodelogi

5. Penutup yang berisikan kesimpulan dan saran

Seorang Peneliti filologi jika hanya mempunyai kemampuan ilmu filologi saja tidak cukup apabila ketika teks tersebut sudah digarap secara filologis peneliti harus mecari tau manfaat teks tersebut dengan memahami isi nya terlebih dahulu. Untuk memahami sebuah teks tersebut tidak cukup dengan menelaah makna intrinsik saja jika itu suatu teks sastra. 

Fungsi pembacaan teks salah satu sesuatu yang sangat penting, dimana teks mempresentasikan efek potensial yang telah terealisasikan dalam proses pembacaan, antara pembaca dengan teks mempunyai kemungkinan untuk membangun komunikasi secara sastra dalam bentuk teori. Terdapat bebrapa tipe pembaca yang memberikan pernyataan atau tanggapan terhadap efek karya sastra timbulah pembaca pertama yang dapat diketahui jenisnya melalui reaksi yang telah didokumentasikan. Selain pembaca pertama ada juga pembaca sebenarnya dan hipotesis jika penekannya pada efek potensial teks. Terdapat Pmebaca ideal dan pembaca kontemporer tetapi keberadannya tidak dapat dikatakan faktual meskipun tidak terdapat keraguan didalamnya karena wujudnya sulit dibentuk kesebuah generalisasi. 

Jadi penting sekali penelitian filologi edisi teks yang melakukan langkah kajian teks karena membuka peluang yang dapat diterapkan di berbgai teori ilmu pengetahuan agar memperluas dan tidak membatasi peneliti dalam penelitian, sehingga manfaat ilmu filologi dapat dirasakan lebih luas oleh masyarakat.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS