Ticker

6/recent/ticker-posts

Fakultas Kedokteran UNP Adakan Pelatihan Tutor untuk Para Dosen





Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang (FK UNP) mengadakan pelatihan tutor untuk para dosennya. Pelatihan tutor ini diselenggarakan agar para dosen terampil memfasilitasi diskusi pada kegiatan tutorial yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran dengan sistem Problem Based Leraning (PBL) yang dipakai di FK UNP.


Seorang tutor harus mampu mengatur dinamika kelompok, memotivasi mahasiswa, melakukan intervensi sesuai kesiapan mahasiswa.


Terdapat 4 prinsip dasar PBL, yaitu konstektual, konstruktivism, kolaborasi dan self directed learning. Pelatihan ini diadakan secara daring selama 2 hari yaitu tanggal 5 – 6 Maret 2023. Hadir dalam kesempatan ini Wakil Rektor I UNP, Plt. Dekan dan Para Plt.Wakil Dekan FK UNP serta jajarannya..


Narasumber kegiatan ini berasal dari Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika FK-KMK UGM yaitu dr. Yoyo Suhoyo, M.Med.Ed., PhD, dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt.


Dalam sambutannya, WR I UNP mengapresiasi pelatihan yang dilaksanakan ini. WR I UNP juga menyampaikan bahwa untuk persiapan prodi kedokteran dibutuhkan banyak pelatihan bagi dosen-dosen. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Plt.Dekan, Plt. Wakil Dekan I dan Plt. Wakil Dekan II yang telah menugaskan dosen-dosen untuk mengikuti pelatihan ini. 


Dalam sambutannya Plt. Dekan Fakultas Kedokteran UNP, Dr. dr. Rika Susanti, Sp. FM(K) mengucapkan selamat datang kepada narasumber, dan berharap kepada peserta agar pelatihan tutor ini diikuti dengan sebaik-baiknya karena sangat penting bagi dosen. Keikutsertaan dalam pelatihan ini akan menjadi syarat untuk dapat menjadi tutor saat perkuliahan nantinya.  


Narasumber yaitu dr. Yoyo Suhoyo, M.Med.Ed., Ph.D menyampaikan topik terkait Problem Based Learning (PBL), Skenario dalam PBL, Tutorial dan Permasalahan dan Solusi Penyelesaian/Pencegahan Masalah. (drt/Humas

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS