Ticker

6/recent/ticker-posts

Kadis Pertanian Kota Padang Gelar Panen Nusantara Satu Juta Hektar



Kadis Pertanian Kota Padang Gelar Panen Nusantara Satu Juta Hektar


Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Ir, H, Syahrial secara simbolis melakukan panen padi nusantara 1 juta hektare di Kelurahan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sabtu (11/3/2023).


Ketua Kelompok Tani Cinto Damai Edawati dalam laporannya mengatakan, Keltan Cinto Damai mempunyai anggota 39 orang petani dengan jumlah lahan pertanian 21 ha. 



“Kami ucapkan terima kasih kepada pemprov Sumbar dan Kota Padang yang sudah menjadikan Kelompok Tani Cinto Damai sebagai pilot projeck Tanaman Padi Nusantara Satu Juta Hektar” ujar Edawati.


Kedepan Edawati minta kepada pemprov Sumbar dan Kota Padang agar mempermudah anggota kelompok tani untuk mendapatkan pupuk subsidi. Demikian juga dengan bibit, Edawati berharap agar kelompok tani bisa mendapatkan bibit unggul sehingga hasil panen bisa sesuai dengan apa yang diharapkan.



Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Ir, H, Syahrial dalam sambutannya mengatakan, tanaman padi satu juta hektar merupakan program pemerintah pusat. 



“Panen padi nusantara ini juga dilakukan oleh masyarakat secara nasional oleh Bapak Presiden yang dilaksanakan secara online maupun offline,” ujarnya.


Menurut Syahrial, tujuan dari kegiatan ini untuk memastikan ketersediaan pangan dan pendukungnya di Sumatera Barat khususnya Kota Padang.



“Ini selaras dengan program Walikota Padang untuk menciptakan ketahanan pangan yang tangguh di Kota Padang menuju kesejahteraan,” tuturnya.



Syahrial menyebut, panen padi nusantara satu juta hektar pada hari ini salah satu momentum agar produktifitas petani meningkat serta pemanfaat lahan tidur yang ada. “Ada beberapa hal yang kita perlu pikirkan yakni ketersediaan alat sarana prasarana, lembaga tani masih belum puas dengan petani dan pemasaran karena masih merupakan kendala yang dihadapi ketika dia berproduksi dia mau pasarkan kemana.” paparnya. 



Syahrial berjanji akan mengusahakan pupuk subsidi dan bibit padi untuk kelompok tani Cinto Damai.


Dalam kesempatan itu anggota DPRD Kota Padang Ja’far dari Fraksi PKS menyampaikan, apresiasi kepada para petani dan kelompok tani yang sudah giat mengembangkan usaha pertaniannya. Mulai dari melakukan mekanisme hingga meningkatkan produktifitas pertaniannya.


Gerakan nasional ini tentu Pemkot Padang bersama DPRD sangat mendukung. Melalui kegiatan ini, kami mengharapkan produksi padi bisa meningkat sehingga berpengaruh pada stabilitas harga beras,” kata Ja’far.



Menurut Ja’far gerakan Panen Padi Nusantara satu Juta Hektare digelar serentak pada hari ini di seluruh wilayah di Indonesia. Kita berharap panen padi satu juta hektar ini bisa meningkatkan ekonomi khususnya anggota kelompok tani. “Kami dari DPRD Kota Padang siap memberikan dukungan dengan cara menyalurkan dana pokir kepada kelompok-kelompok tani yang ada.” ujar Politisi Partai PKS ini.



Sementara Kepala BSIP Dr, Rustam, SP, M.Si mengatakan program Panen Padi Nusantara ini diharapkan akan mampu dijadikan sebagai salah satu langkah nyata dalam pengendalian inflasi.


“Sebagai sebuah gerakan serentak, Panen Nusantara dapat juga diupayakan untuk menahan laju inflasi harga beras dan dapat meningkatkan pendapatan petani lokal di Kota Padang ” ucap Rustam.


Dalam kegiatan panen padi ini juga dihadiri Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumbar, Kepala Dinas Perindag Sumbar, Kepala Balai Standarisasi Industri Pertanian, anggota DPRD Kota Padang Ja’far, Camat Kuranji, Lurah Sungai Sapih serta jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) terkait lainnya di Kota Padang.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS