Ticker

6/recent/ticker-posts

Gubernur Sumbar Buka Kegiatan Pendidikan Politik bagi Tokoh Perempuan Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2023


Gubernur Sumbar yang diwakilli Kepala Kesbangpol Prov Sumatera Barat membuka kegiatan Pendidikan Politik bagi Tokoh Perempuan Pasaman Barat tahun 2023 bertempat di Balai Sidang Bung Hatta Bukittinggi, Minggu (12/3/2023).


Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Sumatera Barat dan dilanjutkan dengan pembacaan Do’a. 





Selanjutnya laporan Ketua Panitia Penyelenggara oleh Kepala Bidang Politik Dalam Negeri, Drs. Syahlaluddin. Dalam laporannya Syahlaluddin mengatakan, kegiatan pendidikan politik diikuti oleh 80 orang peserta yang merupakan tokoh-tokoh perempuan di Pasaman Barat dan akan berlangsung dari tanggal 12-14 Maret 2023.


“Maksud tujuan diselenggarakannya pendidikan politik ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran akan hak dan kewajiban warga negara untuk menggunakan hak politiknya dengan baik dan benar serta melahirkan masyarakat yang memiliki pengetahuan, mengerti nilai-nilai, dan memiliki keahlian yang diperlukan untuk mengaktualisasikan dan melestarikan nilai-nilai Demokrasi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.” ungkap Syahlaluddin.



Sementara Inisiator Kegiatan Pendidikan Politik Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Zulkenedi Said, S. Sos, SH, M. Si dalam sambutannya selamat kepada para peserta yang sudah terpilih untuk pendidikan. “Selamat saya ucapkan buat ibu-ibu tokoh masyarakat Pasaman Barat, semoga apa yang didapat selama pelatihan nanti membawa manfaat untuk kemajuan dunia perpolitikan di Kab Pasaman Barat” ujar Politisi Partai Golkar ini. 



Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat Bapak Dr. Jefrinal Arifin, SH, M.Si dalam arahannya mengatakan,


Pendidikan politik adalah tanggung jawab semua elemen bangsa (masyarakat, pemerintah, dan partai politik) sehingga semuanya harus berperan aktif dalam mewujudkan kehidupan politik yang demokratis.



“Kegiatan pendidikan politik ini merupakan yang kesekian kalinya dilaksanakan oleh Badan Kesbangpol melalui anggaran pokok-pokok pikiran anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Zulkenedi Said, S.Sos, SH, M.Si” ujar Jefrinal.


Menurut Jefrinal, kegiatan pendidikan politik di berikan kepada peserta perempuan dengan harapan dapat memberikan pemahaman tentang politik sehingga dapat meningkatkan partisipasi politik perempuan terutama dalam mengisi jabatan-jabatan politik sehingga keterwakilan perempuan dalam politik dapat meningkat.




Tahun 2024 kata Jefrinal, akan dilaksanakan Pemilu Akbar di Indonesia yaitu Pemilihan Umum Presiden/Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota pada tanggal 14 Februari 2024 serta Pemilihan Kepala Daerah secara serentak pada tanggal 27 November 2024. “Sehingga peran dan partisipasi seluruh elemen baik pemerintah, masyarakat maupun partai politik sangat dibutuhkan untuk mensukseskan Pemilu Akbar tersebut.” ungkapnya.


Bertindak selaku narasumber Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat Bapak Dr. H. Jefrinal Arifin, SH, M.Si dengan materi “Pendidikan Politik Bagi Masyarakatnya dalam Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024” dan Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas Padang Bapak Prof. Dr. Asrinaldi, M.Si dengan materi “Pentingnya Pendidikan Politik dalam Pengembangan Etika dan Budaya Politik yang Demokratis”.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS