Ticker

6/recent/ticker-posts

BMCTR Sumbar Kerjakan Tahapan Jalan Alahan Panjang-Bayang Tahun 2023 Ini Sepanjang 4 Kilometer

 


BMCTR Sumbar Kerjakan Tahapan Jalan Alahan Panjang-Bayang Tahun 2023 Ini Sepanjang 4 Kilometer


Padang. 

Pengerjaan pembukaan jalan baru yang berada di dua daerah berbeda dari Simpang Muara Air Kecamatan Bayang Utara (Bayu) sampai ke Simpang Alahan Panjang Kabupaten Solok sepanjang 20 kilometer yang pengerjaannya telah diangsur secara bertahap dari tahun ini sebelumnya. 


Ungkapan ini dikemukakan Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya Tata Ruang (BMCTR) Propinsi Sumatera Barat (Sumbar), Era Sukma Munaf, saat dijumpai awak media ini di kantornya pada Senin 13 Maret 2023.


Lanjutnya, pengerjaan pembukaan jalan baru di Kecamatan Bayu-Alahan Panjang di tahun 2023 ini sekira 4 kilometer dengan 2 paket, paket 1 sepanjang 2 kilometer berada di Alahan Panjang, dan paket 1-nya lagi sepanjang 2 kilometer pula berada di Kecamatan Bayu. 

Sedangkan yang langsung diaspal dalam target pengerjaan pada tahun ini yang hanya sepanjang 1 kilometer masing masingnya di dua daerah tersebut sepanjang 500 meter. 


"Sehingga total pengerjaan sepanjang 4 kilometer saja, dan 3 kilometernya belum diaspal di tahun ini, yang hanya diaspal langsung sepanjang 1 kilometer dengan anggaran sebanyak 22 miliar rupiah", katanya merincikan. 


" Terkait pengumuman lelangnya sudah selesai hanya tinggal lagi masa sanggah, dan mudahan bisa terkontrak pada pertengahan Maret 2023 ini dengan lama masa pengerjaan 6 bulan", imbuhnya. 


Tapi, yang agak banyak menyita waktu pekerjaan pada ruas jalan ini berada di Bukit Gandum yang perlu dipangkas gundukan ketinggian tanahnya mencapai setinggi 10 meter. 


Namun, untuk bisa tuntas pengerjaan yang belum termasuk penganggaran di tahun sekarang ada sekitar 2 kilometer lagi, dengan ini yang memerlukan total kesemua anggaran bisa mencapai sekitar 40 miliar rupiah atau sekitar 20 miliar rupiah lagi, mungkin di tahun depannya 2024 nanti bisa tuntas. 


"Tapi, kalau keuangan kita mencukupi kesemuanya sebanyak 40 miliar rupiah lah, maka bisa rampung semuanya di tahun ini. Ya, keuangan buat yang 22 miliar rupiah ini saja dulu di tahun ini juga yang kita kerjakan", katanya. 


Dalam pengerjaan jalan dari Simpang Muara Air Kecamatan Bayang Utara (Bayu) sampai ke Simpang Alahan Panjang Kabupaten Solok totalnya sepanjang 20 kilometer. 


"Artinya, sepanjang 14 kilometer telah selesai pengerjaan tahun sebelumnya, dan tinggal sisanya yang harus dikerjakan lagi pada tahun 2024 hanya 2 kilometer lagi", pungkasnya.(Obral Chaniago).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS