Ticker

6/recent/ticker-posts

PPID Dunia Lakukan Bhakti Sosial Dan Seminar Stunting Di Kabupaten Wonosobo


PPID MENGABDI


Kegiatan PPID Mengabdi yang dilaksanakan oleh Direktorat PPM PPID di Kabupaten Wonosobo telah purna dilaksanakan berkat kolaborasi dari berbagai pihak, seperti Youth Officer PPM PPI Dunia, FBS UNSIQ, FIKES UNSIQ, Prodi Pendidikan Matematika UNTIDAR, Siti Sarah Women Center, KEMENKES RI, Dinas Kesehatan Jateng, Dinas Kesehatan Wonosobo, Puskesmas Kertek 2, Pemerintah Desa Purbosono Kecamatan Kertek, PC IPNU IPPNU Wonosobo, SDN Purbosono, Pemuda Desa Purbosono "ARJUNO", PR IPNU IPPNU Purbosono, BKKBN Jawa Tengah, dan BKKBN Wonosobo.


Dimulai dari tanggal 29 Januari hingga tanggal 2 Februari 2023. Kegiatan PPID Mengabdi dimulai dengan pra-acara berupa seminar mitigasi bencana pada hari Minggu tanggal 29 Februari di SMP Darul Falah Wonosobo.


Pada hari Senin tanggal 30 acara PPID Mengabdi resmi dibuka di Gedung Serba Guna Desa Purbosono, Kertek, Wonosobo. Pembukaan dihadiri oleh Kepala Desa Purbosono, Camat Kertek, Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, BKKBN Jawa Tengah, BKKBN Wonosobo, Polsek Kertek dan Koramil Kertek. 

Dalam sambutannya atas nama PPI Dunia, Miftakhul Jannatin selaku Direktur PPM menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan aktualisasi PPI Dunia dalam ikut andil untuk penurunan angka stunting di Indonesia menuju 14% di 2024 melalui berbagai kegiatan baik dari intervensi spesifik maupun sensitif. Sebagai tambahan, 

Koordinator Acara, Avikka A.R. juga memperkenalkan tim PPID Mengabdi kepada warga beserta permohonan secara umum untuk melaksanakan kegiatan serta mengundang seluruh warga untuk berpartisipasi dalam seluruh rangkaian kegiatan.


Setelah pembukaan, masih pada hari yang sama, pertemuan informal dilaksanakan dengan pihak Sekolah Dasar Purbosono dan pihak Puskesmas guna berkordinasi sebelum kegiatan pendidikan dan kesehatan dilaksanakan keesokan harinya.


Pada Hari Selasa tanggal 31 Januari kegiatan dilaksanakan paralel di dua tempat. Kegiatan kesehatan bertempat di Gedung Serba Guna Desa Purbosono dan kegiatan Pendidikan bertempat di ruang Kelas SDN Purbosono.


Ada dua acara dalam Kegiatan kesehatan pada hari Selasa. Pertama seminar kesehatan yang bertemakan "Pencegahan Stunting dan Gizi untuk Produktivitas". Pemateri yang dihadirkan merupakan Dekan Fikes Unsiq yaitu Ns Ika Purnamasari., M.Kep. dan Ns. Ari Setyowati, M.Kep., seorang perawat spesialis anak. Seminar ini bertujuan untuk mengedukasi warga desa terkait strategi pencegahan stunting dan pola makan anak. 


Acara kedua dalam kegiatan kesehatan di hari yang sama, adalah pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat desa Purbosono. Dalam pemeriksaan kesehatan yang  diadakan, PPID menggandeng mahasiswa Fikes Unsiq, Puskesmas Kertek, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo. Dalam sesi ini dilaksanakan cek tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat, dan hemoglobin. 


Adapun kegiatan pendidikan pada hari tersebut, dimulai pada pukul 10.30 WIB hingga 11.30 WIB dengan tema Joyful Learning. Yang antara lain mengajarkan siswa cara membuat robot sederhana yang bertujuan ntuk menanamkan pola piker pentingnya literasi sains, teknologi, enjiniring, dan matematika kepada anak-anak usia sekolah. Di mana dalam acara ini PPID berkolaborasi bersama dosen dan mahasiswa dari UNTIDAR.


Pada kesempatan ini juga dilakukan penyambutan secara seremonial oleh Kepala Sekolah SDN Purbosono kepada tim PPI Dunia mengabdi yang melaksanakan aktivitas di SDN Purbosono. Dalam rangkaian seremonial tersebut juga dilakukan serah terima hibah buku sebanyak 705 yang dikumpulkan oleh Tim PPI Dunia untuk dihibahkan ke warga desa Purbosono yang akan dikelola oleh pemuda desa dan tim perpustakaan SDN Purbosono. Acara serah terima, Tim PPI Dunia diwakili oleh Koordinator PPI Dunia, Achyar Al Rasyid dalam hal ini menyerahkan pengelolaan buku kepada SDN Purbosono melalui Kepala Sekolah sebagai penerima.


Pada hari ketiga, tepatnya hari Rabu tanggal 1 Februari 2023, kegiatan kesehatan dan pendidikan dilanjutkan kembali. Di mana pada hari tersebut, kegiatan kesehatan berupa cek kesehatan dilanjutkan dan ditambah dengan posyandu untuk anak.


Dalam kegiatan kesehatan hari kedua turut hadir dosen dan mahasiswa Fikes Unsiq, Kepala Puskesmas Kertek, BKKBN Jawa Tengah, dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Di mana BKKBN juga mengadakan konseling dan sosialisasi stunting dalam kegiatan ini.


Di dalam bidang pendidikan hari kedua sendiri, ada dua kegiatan yang dilaksanakan.  

Pertama untuk kelas 6 SDN Purbosono yaitu English for Teens. Dimulai dari pukul 08.30 WIB sampai 10.30 WIB kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan minat belajar bahasa Inggris kepada siswa.


Kegiatan kedua, yang bertema Mentari Wonosobo. Dilaksanakan untuk kelas 5. Dimulai dari pukul 10.30 WIB sampai 13.00 WIB, kegiatan ini dimentori oleh Kak Ria dari Siti Sarah Women Center. Di mana kegiatan ini bertujuan untuuk menanamkan kepada diri siswa berani bermimpi, berakhlak dan menjauhi tindak bullying.


Kegiatan PPID mengabdi pun dipungkasi dengan acara penutupan di hari Kamis tanggal 2 Februari. Di mana acara resmi yang diadakan di Gedung Serba Guna ditutup oleh Kepala Desa Purbosono. 


Berbagai macam tanggapan positif mengalir baik dari warga maupun dari perangkat sekolah maupun desa. Namun begitu, evaluasi untuk kegiatan yang lebih baik ke depan tentu tidak luput dari berbagai pihak yang juga menginginginkan kegiatan PPID Mengabdi semakin baik.


Kontributor : Ahsanul Ulil

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS