Ticker

6/recent/ticker-posts

Kontributor Berita MAN 2 Padang Ikuti Diklat Fotografi dan Videografi

 


Kontributor Berita MAN 2 Padang Ikuti Diklat Fotografi dan Videografi 


Padang, Jurnalissumbar


Syahrul, kontributor berita MAN 2 Padang mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) fotografi dan videografi bagi pengelola humas pada madrasah negeri Kementerian Agama Sumatera Barat dan Jambi di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang.


Diklat yang digelar 06 hingga 11 Februari 2023 ini, diikuti 30 orang peserta dengan  menghadirkan dua narasumber, yakni

Muhammad Syukri Erwin S.Ds. M.Sn dan Hery Sasongko, S.Sn. M.Sn, dosen Institut Seni Indonesia Padang Panjang. 


Arul- sapaan akrab Syahrul, terpilih sebagai utusan kementerian agama Kota Padang pada pelatihan fotografi dan videografi angkatan ke-satu tahun 2023. Baginya, pelatihan ini merupakan hal baru sekaligus tantangan tersendiri bagaimana menjadi seorang fotografer dan videografer handal.


"Ini tantangan yang harus dijawab dengan belajar sungguh-sungguh. Foto dan video mempunyai segmen tersendiri dalam penyampaian informasi," kata Arul yang sukses mengantarkan MAN 2 Padang menjadi humas tergiat ke-satu tahun 2023 berdasarkan penghitungan berita terbanyak di website resmi Kanwil Kemenag Sumbar.  


Menurutnya, foto dan video memiliki peran penting dalam penyampaian informasi oleh seorang humas agar lebih mudah dipahami oleh publik. Melalui foto dan video audiens dapat melihat bagaimana visualisasi dari sebuah peristiwa. 


Di tempat terpisah kepala MAN 2 Kota Padang, Akhri Meinhardi berharap output kegiatan diklat yang diikuti kontributor berita, bisa menyajikan penyampaian informasi yang lebih variatif yakni melalui foto maupun video.


"Kita berharap dengan adanya pelatihan ini, humas mandupa semakin maju, penyampaian prestasi siswa dan guru bukan hanya melalui website saja tapi juga  bisa melalui foto dan video," kata Akhri Meinhardi.


Sebelumnya, Kepala Balai Diklat Keagamaan Padang melalui Subkoordinator Diklat administrasi, Emi Arbi mengatakan kegiatan pelatihan teknis fotografi dan videografi digelar dalam rangka meningkatkan kompetensi bagi pengelola humas di madrasah negeri.


"Ada tiga ranah yang akan dicapai pada diklat pengelola humas ini, yaitu peningkatan kompetensi kognitif, psikomotor/skill serta peningkatan karakter,"ujarnya pada saat membuka diklat kehumasan di aula BDK Padang, Senin (06/02/2023).


Melalui tiga kompetensi itu, kata Emi Arbi, diharapkan pengelola humas mampu mendokumentasikan semua kegiatan madrasah melalui foto dan video ke ruang publik, baik melalui media cetak, elektronik maupun media sosial lainnya. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS