Ticker

6/recent/ticker-posts

Asesmen Lapangan Pembukaan Prodi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Psikologi dan Kesehatan





Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Negeri Padang (UNP) menjalani asesmen lapangan untuk Program Studi Pendidikan Profesi Ners untuk capaian akreditasi minimal oleh LAM-PTKes (20-21/2).  



Hal ini merupakan tindak lanjut dari pengajuan borang dan naskah akademik ke LAM-PTKes pada awal Januari 2023 setelah mendapatkan rekomendasi Senat Akademik Universitas Negeri Padang hampir setahun lalu, tepatnya 23 Februari 2022. 


Asesor dari LAM-PTKes yang hadir pada asesmen lapangan ini adalah Ns. Sri Hartini, S.Kep., M.Kes., Ph.D dari Universitas Gadjah Mada dan Dr. Ns. Tahir, S.Kep, M.Kes. dari Universitas Hasanuddin. 


Kegiatan asesmen lapangan dibuka oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri Ph.D yang pada sambutannya menyampaikan bahwa UNP memberikan dukungan penuh untuk pengembangan Prodi Pendidikan Profesi Ners yang ditunjukkan dengan kesiapan sarana dan prasanana pembelajaran seperti laboratorium dan kelengkapannya yang sesuai dengan standar yang ditentukan. 


Dalam pembukaan asesmen lapangan tersebut, Dr. Suryanef, M.Si. selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan menyampaikan profil Fakultas dan Prodi. Cakupan profil yang disampaikan berkaitan dengan visi-misi dan tujuan fakultas, serta prodi. 


Disamping itu juga berkenaan dengan profil lulusan, capaian pembelajaran, kurikulum serta sarana prasarana yang mendukung penyelenggaraan perkuliahan. 


Kegiatan pembukaan asesmen juga dihadiri oleh Pimpinan Universitas, disamping Rektor, juga Wakil Rektor 1 dan Wakil Rektor 2, Pimpinan Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Ketua dan Sekretaris BPMI, Kabiro Umum dan Keuangan, Tim Task Force Pembukaan Prodi Pendidikan Profesi Ners, serta Kasubag Umum dan tenaga kependidikan.


Sejak bergabung dengan UNP, Departemen Keperawatan yang sebelumnya dibawah pengelolaan Pemerintah Kabupaten Pariaman telah mengalami berbagai peningkatan diantaranya jumlah peminat atau calon mahasiswa yang meningkat dari tahun ke tahun, serta prestasi yang didapatkan.


Pada Ujian Kompetensi (UKOM) tahun 2022 yaitu penghargaan sebagai institusi Kelulusan Terbaik dengan peserta 75-100 Gelombang 1 tahun 2022 dari Asosiasi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIPViKI). 


Rektor menyampaikan harapan bahwa standar minimal akreditasi untuk pembukaan prodi baru Pendidikan Profesi Ners dapat terpenuhi dan universitas siap mendukung pengembangan kampus UNP di Pariaman sebagai sentra penyelenggaraan perkuliahan prodi keperawatan dengan pembangunan fasilitas gedung dan fasilitas lain yang dibutuhkan terutama laboratorium sebagai sarana pembelajaran penting. 


Asesor dalam pelaksanaan asesmen lapangan, juga melakukan kunjungan langsung ke kampus Keperawatan di Pariaman untuk melakukan pengecekan faktual dan validasi data sesuai dengan borang yang telah diajukan ke LAM-PTKes. Sementara pada hari kedua, asesor melakukan kunjungan ke wahana pendidikan yaitu RS. M. Djamil Padang yang akan menjadi lokasi praktik mahasiswa Pendidikan Profesi Ners nanti. 


Selama berada di rumah sakit, asesor mengelaborasi bersama pihak terkait menyangkut kecukupan perseptor sebagai pembimbing praktek klinis mahasiswa, kelengkapan sarana prasarana serta kesiapan rumah sakit tersebut dalam membangun kompetensi lulusan.(ia)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS