Ticker

6/recent/ticker-posts

PHRI BPD SUMBAR GELAR RAKERDA II BANGKITKAN EKONOMI DAN SELURUH SEKTOR PARIWISATA DI SUMBAR

 


Padang,-Jurnalis Sumbar

Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) BPD Sumbar menggelar Rapat Kerja Daerah ke-2 tahun 2023 yang dilaksanakan di Hotel Pangeran Beach pada Kamis(19/01/2023) dengan melibatkan seluruh sektor pariwisata.


Ketua PHRI BPD Sumatera Barat,A,E Rina Pangeran mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah provinsi Sumatera Barat mencanangkan tahun 2023 sebagai Visit Beautifull West Sumatra 2023 dengan adanya 77 kegiatan pariwisata yang akan dilaksanakan di daerah Sumbar, pihaknya berharap seluruh kegiatan dapat terlaksana sesuai rencana dan melibatkan seluruh sektor pariwisata, "ucapnya.


Kita berharap setiap kegiatan tersebut dapat dipromosikan dengan baik, sehingga dapat mendatangkan pengunjung hotel dan restoran yang ada di Sumbar dapat terisi. PHRI tentu berharap agar pemerintah daerah mampu membawa kegiatan berkala nasional yang fokus dalam kegiatan meeting, Incentive, Convention and Exibilition(MICE) pada 2023, sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi, seperti kegiatan dokter se-Indonesia, Kepala daerah se-Indonesia dan Kementrian.


Dalam kegiatan tersebut ada pengunjung dari seluruh Indonesia minimal 500 hingga 1000 orang, mereka akan menghabiskan uang mereka di Sumbar mulai dari penginapan, travel restoran dan lain-lainnya. Dengan meningkatnya kunjungan membuat Roda ekonomi bergerak, berharap kalender pariwisata berjalan dengan dengan baik sesuai dengan perencanaan,"ungkap Rina.


Lebih lanjut Rina menyampaikan dalam pariwisata sangat diharapkan kualitas SDM yang bagus, dari pihak PHRI sendiri sudah mempunyai standar-standar pariwisata, pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan untuk peningkatan SDM dibidang pariwisata, sebab untuk pelatihan-pelatihan membutuh sumber dana yang cukup, dimana dananya dialokasikan sebesar 2 persen,"tuturnya.


Selanjutnya kami juga berharap di Sumbar punya standar pelayanan yang bagus kualitasnya, untuk mencapai  pelayanan-pelayanan itu harus mendapatkan pelatihan bagaimana caranya melayani pengunjung dengan baik, kebersihan dengan baik.Walaupun hotel berbintang kita tetap mendapatkan pelatihan setidaknya dalam setahun satu kali.


Sedangkan untuk penerapan pakaian seragam yang akan diperlakukan setiap hotel yaitu berupa pakaian adat Sumatera Barat supaya ada kesan kebudayaan atau ada imejnya,seperti  baju kurung merupakan pakaian yang paling simple untuk orang Sumatera Barat. Hal tersebut akan diberlakukan dalam satu semester yang akan datang. Saat ini yang bergabung dengan  PHRI Sumbar berkisar 106 anggota,"ungkap Rina. (Kitti)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS