Ticker

6/recent/ticker-posts

Gubernur Sumbar : Adat Salingka Nagari Warnai Kehidupan Masyarakat Minangkabau

 


Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, malapeh Batagak Pangulu Suku Bodi Caniago di Rumah Gadang Bako Parik Panjang Pakan Sinayan Kamang Tangah Anam Suku, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Minggu (8/1/2023).


Gubernur Sumbar yang didampingi oleh ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar Dt. Nan Sati, memasangkan Keris kepada Letkol M. Kasni Dt. Rajo Pangulu. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Prov Sumbar, Syaifullah, Kacabdin Pendidikan Wilayah I, dan Anggota DPRD Kab. Agam, Syafaruddin. 


Dalam sambutannya Gubernur mengatakan, dengan adanya pengukuhan pangulu ini akan mengokohkan dan memperkuat adat istiadat Suku Bodi Caniago. 


Ditambah dengan adanya Undang-undang Provinsi Sumatera Barat Nomor 17 Tahun 2022 yang berbunyi bahwasanya adat salingka nagari merupakan kebijakan yang mewarnai kehidupan masyarakat Sumbar. 


"Mudah-mudahan dengan adanya UU itu akan memperkuat adat istiadat minangkabau. Alhamdulillah negara sudah mengakui falsafah ABS-SBK di sumbar, semoga suku Bodi Caniago bisa menjaga nilai-nilai tersebut," ujar gubernur. 


"Semoga dengan dilewakannya saudara M. Kasni Dt. Rajo Pangulu, akan terperhatikan sanak kemenakan di Suku Bodi Caniago, terlebih kepada permasalahan di nagari, seperti narkoba, LGBT, stunting, serta mulai menipisnya nilai-nilai adat istiadat anak muda di Sumbar," lanjut gubernur. 


Di akhir acara gubernur sekali lagi mengucapkan selamat mengemban amanah kepada M. Kasni Dt. Rajo Pangulu dan kepada Suku Bodi Caniago atas dilewakannya gala Dt. Rajo Pangulu. (Via/MMC). 


Diskominfotik Sumbar.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS