Ticker

6/recent/ticker-posts

13 Siswa MAN 2 Kota Padang Terima Zakat UPZ Kanwil

 


Padang, Jurnalissumbar


Kepala madrasah, Akhri Meinhardi secara simbolis menyerahkan zakat dari Unit Pengelola Zakat (UPZ) kanwil Kemenag Sumbar kepada orang 13 siswa MAN 2 Padang. Penyerahan dilakukan di aula Abu Bakar Shiddiq, Senin (30/01/2023).


Ikut hadir dalam penyerahan itu, wakil kepala (Waka) bidang humas, Al Anshari, bendahara, Susanti, sejumlah guru bimbingan konseling, diantaranya, Silfiani Putri, Zulhasni, Silfi Andini dan orang tua siswa.


Kepala MAN 2 Kota Padang, Akhri Meinhardi, menyampaikan bahwa bantuan zakat itu berasal Unit Pengelola Zakat (UPZ) kanwil Kemenag Sumatera Barat.


“Zakat seluruh ASN Kemenag Sumbar dikumpulkan, lalu dibagikan kembali kepada madrasah untuk membantu siswa yang tidak mampu,” kata Akhri Meinhardi.


Dia menyebut, ke-13 orang siswa kurang mampu tersebut terpilih sebagai mustahiq, setelah melalui proses pendataan dan seleksi ketat yang dilakukan guru Bimbingan Konseling.


“Masing-masing siswa mendapatkan 1 juta perorang. Kita berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu biaya pendidikan,” sambung Akhri Meinhardi.


Lebih lanjut, Akhri Meinhardi menuturkan, bahwa bantuan zakat dari UPZ kanwil itu, merupakan kelanjutan program untuk siswa kurang mampu dan sudah memasuki tahun keempat.


Akhri Meinhardi meminta siswa penerima zakat, agar menjadikan bantuan tersebut sebagai motivasi bagi dirinya agar lebih giat lagi dalam belajar.


“Tidak ada istilah berhenti sekolah dengan alasan ekonomi, semuanya pasti ada jalan keluarnya, salah satunya melalui lembaga Amil Zakat," katanya dihadapan orang tua siswa.


Menurutnya, setiap manusia yang lahir, telah ditentukan jalan hidupnya. Dia lahir dari rahim siapa dan dalam kondisi ekonomi bagaimana, maka jadikan itu sebagai ikhtibar untuk memacu diri sendiri agar berprestasi.


“Sungguh-sungguh dalam belajar, buktikan bahwa ananda siswa hebat, hari ini jadi mustahiq, mudah-mudahan nantinya akan mampu menjadi muzakki,” pungkas Akhri Meinhardi. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS