Ticker

6/recent/ticker-posts

Tradisi Pacu Itiak Di Kota Payakumbuh

 


Oleh: Vika Yuliandari






    Pacu Itiak merupakan suatu tradisi yang dimiliki oleh orang Minang, tradisi ini berasal dari daerah Payakumbuh di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. "Pacu Itiak" merupakan suatu permainan yang di perlombakan atas kemampuan itiak yang bisa terbang lurus di atas udara dan mendarat pada suatu tempat yang telah ditentukan. Pacu Itiak biasanya dilaksanakan di sawah dan dalam perkembangannya masyarakat membuat sebuah gelanggang khusus untuk tempat itiak-itiak berpacu. 


Dalam permainan Pacu Itiak mempunyai syarat-syarat yang herus di penuhi salah satu syaratnya yaitu :


1. Usia itiak harus berkisaran 4sampai 6 bulan.

2. Sayapnya tidak boleh terpilih dan arah sayapnya harus ke atas.

3. Harus mempunyai warna kaki yang hitam atau kuning.

4. Memiliki sisik kecil diujung jari tengah.

5. Memiliki jumlah gigi yang ganjil.


Pacu Itiak biasanya dilaksanakan di setiap acara seperti:


1. Alek Nagari (pesta rakyat).

2. Batagak Rumah Gadang (mendirikan rumah adat).

3. Baralek (pesta pernikahan).

4. Menyambut tamu kehormatan.

5. HUT Kota Payakumbuh. dll


    Suatu gerakan melayang yang dilakukan itiak-itiak itu menjadi hiburan tersendiri bagi para petani. Kemudian, hal inilah yang menyebabkan tercetusnya ide untuk diadakannya lomba itiak terbang. Itiak yang akan di lombakan biasanya itiak sawah karena memiliki fisik yang kuat dari pada itiak yang berada di kandang. Itiak yang sudah dipilih akan di asingkan 3-4 bulan, dalam proses tersebut itiak akan selelu dilatih dan dimandikan setiap hari supaya badan itiak ringan pada saat diterbangkan.


   Pacu Itiak ini bukan hanya sekedar permainan atau perlombaan, tetapi juga sebagai olahraga hiburan, dan sudah ditekuni secara profesional. Hal ini sudah dibuktikan dengan adanya komunitas Persatuan Olah Raga Terbang Itiak (PORTI) sejak pada tahun 1988. Pacu Itiak ini juga sudah di akui secara resmi oleh pemerintah Republik Indonesia sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda Khas Indonesia dalam bidang seni pertunjukan yang berasal dari Sumatera Barat.


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS