Ticker

6/recent/ticker-posts

Miko Kamal di Rakernas Peradi 2022: Padang Siap Jadi Tuan Rumah Rakernas 2023


 Miko Kamal di Rakernas Peradi 2022: Padang Siap Jadi Tuan Rumah Rakernas 2023


Dalam forum Rapat Kerja Nasional (Raker) Perhimpunan Advokat Indonesia 2023 berlangsung di Batam 12-13 Desember 2022, Ketua DPC Peradi Padang Miko Kamal, S.H., LL.M., PhD menyampaikan kesiapan menjadi tuan rumah Rakernas 2023.


 


“Kami dari DPC Peradi Padang siap menjadi tuan rumah Rakernas Peradi Tahun 2023. Tawaran menjadi tuan rumah ini didukung penuh oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi”, kata Miko Kamal.






Sebagai bentuk keseriusan DPC Peradi Padang mengedarkan video dukungan dari Gubernur Mahyeldi di arena Rakernas. Dalam video pendek tersebut, Gubernur Mahyeldi menyampaikan dukungan dan undangan kepada pengurus Peradi seluruh Indonesia untuk menyelenggarakan Rakernas Tahun 2023 di Kota Padang.



 


Selain menyampaikan kesiapan menjadi tuan rumah Rakernas Tahun 2023, Miko Juga mengusulkan 2 program dalam forum Rakernas 2022. Pertama, Peradi Goes to School (PGtS). Menurut Miko, program PGtS sangat penting dalam upaya membentuk kader sadar hukum di tengah masyarakat. Sebab itu, Miko mengusulkan agar Dewan Pimpinan Nasional mengadopsi PGtS sebagai program nasional.



 


Kedua, Kanal Peradi Padang (KPP). KPP adalah saluran yang disediakan oleh DPC Peradi Padang kepada advokat anggota Peradi Cabang Padang dan klien mereka untuk mengadukan perilaku tidak profesional (unprofesional conduct) dan perilaku koruptif aparat penegak hukum selain advokat (polisi, jaksa, hakim dan petugas lembaga pemasyarakatan) dalam menjalankan tugas. Program ini merupakan kontribusi DPC Peradi Padang dalam menciptakan aparatur penegak hukum yang profesional dan bebas dari perilaku korupsi demi terwujudnya negara hukum (rechtsstaat) yang dicita-citakan. Miko juga mengusulkan KPP diadopsi menjadi program nasional.



Selain itu, Miko juga menyampaikan bahwa sejak Maret 2022 sampai awal Desember 2022, DPC Peradi Padang menyelenggarakan 27 kegiatan. Kata Miko, “Jika dihitung rata-ratanya, DPC Peradi Padang menggelar kegiatan sebanyak 3 kali dalam seminggu”.


 


Rakernas Peradi 2023 dihadiri oleh 167 cabang Peradi seluruh Indonesia, dengan jumlah peserta sekitar 800 orang. Rakernas yang dibuka dan ditutup oleh Ketua Umum DPN Peradi Otto Hasibuan itu dihadiri oleh beberapa orang pejabat dari Provinsi Kepulauan Riau seperti Walikota Batam dan Walikota Tanjung Pinang.



 


Dari DPC Padang hadir Ketua DPC Peradi Padang Miko Kamal, sekretaris Mevrizal, S.H., MH, dan bendahara Mulyadi, S.H., MH, ditambah 3 orang peninjau Dr. Sanidjar Febrihariati, S.H., MH, Ganefri, S.H. dan Jade Maulana Mahdapati, S.H.


 


(Marlim)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS