Ticker

6/recent/ticker-posts

Kesan Anggota Pramuka MAN 2 Padang 25 Hari Mengikuti Pelayaran dan Sail Tidore 2022

 



Padang, Jurnalissumbar


Sebanyak 7 anggota Pramuka MAN 2 Padang yang tergabung dalam Saka Bahari Lantamal II Padang telah menyelesaikan rangkaian kegiatan Pelayaran Pembinaan Karakter Maritim (PPKM) Sail Tidore 2022 di Maluku Utara.


Perjalanan pelayaran hingga perkemahan di Tidore, Kepulauan Maluku Utara itu selesai dilaksanakan usai menempuh total 25 hari sejak diberangkatkan dari Padang pada 15 November 2022 lalu dan kembali tiba di Padang pada 6 Desember 2022.


Setelah hampir 25 hari mengikuti kegiatan Pelantara dan Sail Tidore 2022, ke-7 anggota Pramuka tersebut pun mendapatkan pengalaman menarik dan berharga selama berlayar dan berkemah.


Satu diantara 7 anggota Pramuka MAN 2 Kota Padang yang ikut itu adalah Fazli Al Rafi siswa kelas XII IPA 2. Dia merupakan siswa terpilih mewakili Saka Bahari Lantamal II Padang.


Rafi begitu sapaan akrabnya, menuturkan suka dan duka mengikuti PPKM Sail Tidore 2022, terlebih ini merupakan pengalaman pertamanya mengikuti dan mewakili Sumatera Barat dalam ajang tersebut.


"Pelayaran SAIL TIDORE 2022 ini sangat berkesan sekali, sangat bangga akan hal itu, dikarenakan tidak semua orang bisa mengikuti kegiatan tersebut," kata Rafi, kepada Mandupanews, Kamis (15/12/2022).


Lebih jauh siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) MAN 2 Kota Padang ini menuturkan sejumlah pengalaman dan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama dalam pelayaran bahari.


"Kami banyak mendapatkan ilmu pengetahuan selama perjalanan, mulai dari sejarah angkatan laut, PHST kapal, navigasi kapal, dan juga pengetahuan tentang kebaharian," ujarnya.


Sebelum sampai di Tidore, dia dan rekan-rekannya transit terlebih dahulu di Lantamal VI Kota Makasar. Disana mereka bersandar selama 4 jam, setelah itu melanjutkan pelayaran menuju Kota Tidore.


"Pada puncak acara Sail Tidore, kami perwakilan dari berbagai provinsi, memakai baju adat daerah masing-masing untuk menyambut tamu VVIP," katanya.


Selain itu, kata Rafi, beragam kegiatan seperti lomba pengolahan hasil laut, tari kreasi semaphore, lomba yel-yel, lomba tiup pluit khas TNI Angkatan Laut, lomba bangunan pasir hingga pentas seni pun mereka ikuti.


"Alhamdulillah kami meraih juara umum 3, yang terdiri dari juara 1 lomba yel-yel dan juara 2 lomba memasak," ujar siswa kelahiran 26 Juni 2004.


Disisi lain, siswa yang multi talenta ini menambahkan bahwa umumnya para anggota Pramuka menganggap kegiatan ini tak hanya berlayar dan berkemah. Melainkan juga sekaligus berwisata di kota yang terkenal dengan kemaritiman dan rempah-rempahnya itu.


"Setelah acara, kami pun diizinkan untuk melakukan pesiar di Kota Ternate, kami mengunjungi bangunan bersejarah yang ada disana," ucap Rafi.


Dalam perjalanan pulang, masing-masing provinsi menampilkan tarian khas daerahnya. Selain seni tari, para Pramuka Saka Bahari juga menampilkan hiburan seperti menyanyi, berpuisi, adu pantun dan kegiatan hiburan lainnya. 


"Di atas kapal, kami kontingen Provinsi Sumatera Barat menampilkan pentas seni seperti silat dan tari gelombang," kata siswa yang jago silat ini. 


Sebelumnya, kegiatan PPKM dan Sail Tidore 2022 dilaksanakan di Tidore Kepulauan Maluku Utara ini, diikuti 1.308 prajurit TNI dan Satuan Pramuka (Saka) Bahari se-Indonesia dan berlangsung hingga 29 November 2022. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS