Ticker

6/recent/ticker-posts

DEMI LIFESTYLE KOK MALAH JADI FOOD WASTE



DEMI LIFESTYLE KOK MALAH JADI FOOD WASTE

Oleh : Andhini Nur Bintari

Ilustrasi banyaknya limbah makanan. Sumber: We Sort You - Facts On Waste

Ya, tepat sekali, kalimat itulah yang mencerminkan kondisi masyarakat kita saat ini. Banyak dari kita tidak menyadari pentingnya menghabiskan makanan yang kita makan. Sebelum berbincang lebih jauh kita perlu tau dulu nih, apa itu food waste?

Melansir dari cimsa.ui food waste atau sampah makanan merujuk kepada makanan siap konsumsi dan memenuhi gizi seimbang yang terbuang begitu saja. Dapat kita garis bawahi bahwa food waste adalah makanan yang terbuang begitu saja yang sesampainya di lingkungan akan menjadi sampah makanan.

Nah dewasa ini, sudah menjadi kebiasaan dari masyarakat kita yang dengan mudahnya membuang makanan. Banyak sekali aktivitas keseharian dari masyarakat yang menciptakan sampah makanan atau food waste ini. Misalnya saja, memasak makanan dalam jumlah yang banyak saat mengadakan acara di rumah, padahal tamu yang diundang tidaklah banyak, namun karena gengsi yang terlalu besar takut menuai komentar yang tidak enak dari keluarga. Alhasil, makanan yang dimasak tidak habis dan terbiar begitu saja hingga basi.

Tercatat, Indonesia menjadi penyumbang food waste yang cukup banyak setiap tahunnya. Dilansir dari nationalgeographic, pada tahun 2019, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Foreign Commonwealth Office Inggris mendata, selama 20 tahun terakhir, Indonesia menghasilkan sekitar 23-48 ton sampah makanan per tahun.

Lagi-lagi semua demi gaya hidup, trend membeli foreign food atau makanan asing secara berlebihan juga dapat memicu adanya limbah makanan. Mengapa hal tersebut dapat terjadi ? Karena kebanyakan dari masyarakat kita membeli foreign food hanya karena ingin ikut-ikutan, padahal makanan asing tersebut bukanlah seleranya sehingga  makanan itu berakhir di tempat sampah alias dibuang.

Bahkan yang lucunya, merasa malu untuk menghabiskan makanan saat berkumpul bersama teman-teman entah itu teman kuliah ataupun teman kantor ini sudah menjadi budaya di masyarakat kita karena takut menuai tanggapan atau omongan yang tidak mengenakkan dari teman.

Padahal makanan yang tidak kita habiskan tersebut berdampak pada kerusakan lingkungan yang terjadi di negara kita.  Food waste atau sampah makanan ini dapat mendatangkan bencana bagi lingkungan kita seperti peningkatan gas metana akibat ledakan sampah, merusak tanah bahkan dapat mengancam biodiversitas makhluk hidup yang disebabkan oleh rembesan air dari tumpukan sampah apabila sudah masuk ke dalam drainase.

Untuk itu, saatnya kita mengubah pola pikir agar lebih bijak dalam mengolah makanan. Ada banyak cara untuk menghindari food waste seperti memasak dan membeli makanan secukupnya sesuai dengan kebutuhan ataupun dapat menyimpan makanan tersebut di dalam kulkas untuk menghindari kerusakan dari makanan.

Membuang makanan memanglah hal yang sepele, tapi pernahkah terpikir oleh kita semua,  bencana bisa datang dari hal sepele yang diabaikan. Seharusnya, kita sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan

Jadilah pahlawan bagi lingkungan dengan tidak membuang-buang makanan. Jangan sampai makanan yang kita makan terbuang sia-sia yang berujung pada kerusakan lingkungan. Menjaga lingkungan sama juga dengan menyelamatkan kehidupan kita di masa kini dan masa mendatang. 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS