Ticker

6/recent/ticker-posts

Content Creator Satwa menuai Pro dan Kontra


 Oleh: Jauharah mahasiswa Universitas Andalas 

Content Creator Satwa menuai Pro dan Kontra

Seiring dengan Perkembangan zaman, Penggunaan Youtube, Instagram, Tiktok, twitter dan sebagainnya pun kini menjadi wadah untuk adu kreativitas, dimana penggunanya dapat menciptakan serta menyebarluaskan konten-konten menarik untuk para audiencenya, bisa kita lihat sekarang para artis, youtuber selebgram, dan influencer yang terkenal dengan jutaan subscribers maupun Followers juga membuat content yang dapat dilihat oleh berbagai kalangan warganet salah satunya yang bisa kita lihat adalah Content creator satwa yang mana mereka menjadikan hewan sebagai content nya. hal ini banyak menimbulkan pertanyaan oleh kalangan warganet apakah hal ini boleh dilakukan ?? Sehingga banyak menimbulkan pro dan kontra melalui content tersebut.

Kalangan warganet yang pro dengan content creator satwa karena content itu bisa menjadi edukasi kepada kita tentang konservasi dan dari content tersebut juga kita bisa mengetahui keanekaragaman satwa beserta dengan nama latinnya dan kita juga bisa melihat habitat yang menyerupai bentuk aslinya yang terdapat banyak jenis satwa di dalamnya salah satunya yaitu, content youtube Irfan Hakim yang mana dalam contentnya tersebut Irfan hakim mempunyai Aviary yang sudah terkenal sampai keluar negeri, yang mana mereka banyak yang ingin mengunjungi Aviary Irfan hakim. Dari Kalangan warganet ini sendiri juga belum mengetahui apa itu Aviary?? Aviary ini sendiri adalah kandang burung terbesar, Aviary Irfan hakim ini menyerupai seperti ekosistem dan habitat aslinya sehingga burung-burung disana bisa tinggal dan berkembangbiak dengan nyaman. irfan hakim ini sendiri juga sudah mengembangbiakan ratusan jenis satwa, baik dilindungi maupun tidak.

Bentuk Aviary dari Irfan hakim bisa kita liat melalui content YouTubenya yang mana Aviary ini memberikan bentuk asli yang nyata dan bukan hanya burung saja yang ada di sana tetapi banyak juga satwa lain yang berada di sana. Mungkin bisa kita lihat beberapa Minggu belakangan ini ada salah satu orang luar negri yang bernama Mike Holstein atau lebih dikenal dengan The Real Tarzan yang berasal dari amerika serikat. Mike ini mendapat julukan Tarzan di Dunia nyata dikarenakan hobinya yang bermain satwa liar. Mike sangat ingin sekali melihat Aviary Irfan hakim sehingga dia yang sedang berkunjung ke Indonesia menyempatkan mengunjungi Aviary dari Irfan hakim, setelah melihat Aviary Irfan hakim, mike meneteskan air matanya melihat Aviary yang sangat indah ini bisa kita simpulkan juga tidak sedikit juga orang pecinta alam pasti sangat senang melihat Aviary Irfan hakim ini sendiri.

Salah satu content yang bisa kita lihat juga yaitu content Panji yang mana dia memelihara satwa yang bertema reptil banyak ular yang Panji ini jaga dan pelihara. Content ini juga memberikan kita informasi berbagai keanekaragaman dari ular beserta nama latinnya, kita mengetahui habitat-habitat yang disukai oleh ular yang berbahaya, sehingga kita bisa selalu berhati-hati, dan kita juga bisa mengetahui pencegahan awal jika kita terkena bisa ular. Dalam satu contentnya ada satwa yang sangat dinikmati oleh kalangan warganet yaitu king cobra yang dinamakan Garaga yang sudah ditonton jutaan kali oleh warganet. Garaga ini sendiri dilepaskan oleh panji ke habitat yang cocok untuk habitat king kobra dengan alasan konservasi sebelum pelepasan ada persiapan yang dilakukan oleh Panji salah satunya membuat

geraga tersebut sehat sehingga jika di lepaskan dia dalam keadaan sehat dan dia bisa beradaptasi dengan habitat aslinya. Tetapi sebelum melakukan pelepasan Panji sudah mensurvei tempat yang layak untuk geraga diantaranya kondisi geografis, cadangan air dan makanan, serta jauh dari aktivitas manusia agar tidak berkonflik dengan manusia jika masih dekat dengan aktivitas manusia, sebelum pelepasan juga Panji dan rekan-rekannya melewati Medan yang berat untuk melepaskan geraga jadi bisa disimpulkan bahwa content dari panji ini benar- benar jauh dari pemukiman dan Panji juga merahasiakan dimana tempat geraga dilepaskan agar tidak ada oknum-oknum yang memanfaatkan kesempatan itu.

Tidak hanya yang Pro dengan content creator satwa, tetapi juga ada juga yang kontra, salah satunya bisa kita lihat yaitu content Alshad Ahmad yang memelihara hewan buas di dalam rumahnya hal ini banyak dipertanyakan karena salah satu hewan buas ini merupakan salah satu satwa yang dilindungi yang harus dijaga dan dirawat agar tidak terjadi kepunahan. Dan pemeliharaan satwa di kawasan perumahan ini juga harus memikirkan bagaimana cara agar satwa ini tidak lepas dari kandang dan tidak membuat masyarakat yang tinggal di sekitar perumahan Alshad Ahmad tidak terganggu. Karena jika satwa ini terlepas itu bisa membuat kehebohan. Surat perizinan untuk memelihara satwa sudah didapatkan oleh alshad Ahmad ini sendiri setelah melalui proses yang panjang sehingga satwanya telah legal sesuai dengan perundangan dan ketentuan CITES (Convention On International Trades On Endangered Species Of Wild Flora dan Fauna) dengan status penangkaran, CITES ini sendiri menjadi satu-satunya perjanjian global yang fokus pada perlindungan spesies tumbuhan dan satwa liar dari ancaman perdagangan bebas. tetapi masih banyak masyarakat yang mempertanyakan bagaimana alshad Ahmad ini sendiri bisa memelihara dan mendapat perizinanan.

Pakar Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (UNAIR) Boedi setiawan mengatakan, Dengan membawa satwa liar ke rumah dan menganggapnya sebagai hewan peliharaan, kesejahteraan hewan akan sulit terpenuhi. Menurut Boedi, jika satwa tersebut berada di alam akan lebih mudah untuk menjaga produktivitas, sehingga terhindar dari kepunahan. Selain itu, satwa juga dapat bersosialisasi dengan kawanannya. “Kalau misalnya ada niatan untuk memelihara satwa liar, itu bukan mencintai, tetapi menghilangkan dan mempercepat kepunahan jika tidak memperhatikan kesejahteraan hewannya. Peliharalah satwa di habitatnya,” kata dia.

Content dari alshad Ahmad mempunyai sisi positif yang dapat kita ambil dari memelihara satwa dilindungi di rumah yaitu kita bisa merawat hewan tersebut secara intensif sehingga populasi nya tetap terjaga asalkan satwa liar itu jika sudah dalam keadaan baik bisa kita lepaskan ke habitat aslinya. Untuk melepaskan satwa liar ini juga kita juga memperhatikan keadaan atau tempat yang banyak makanan untuk satwa ini dan jauh di pemukiman jika dilepaskan di dekat pemukiman ini juga bisa membuat keadaan semakin runyam. Salah satu content dari alshad Ahmad ini juga ada tempat untuk menguji adrenalin kita agar kita juga tidak perlu terlalu takut dengan hewan satwa liar tetapi juga tetap harus memperhatikan keselamatan kita dengan pengawasan yang ahli. Dalam puncak acara penghargaan Vidio Content Creator Award 2021. Alshad ahmad memenangkan kategori

Content Creator Satwa Terfavorit disini menunjukan content dari Alshad Ahmad banyak dinikmati oleh kalangan warganet.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS