Ticker

6/recent/ticker-posts

PERGURUAN SILEK RAJA SAKTI DI KORONG SIALANG NAGARI TANDIKAT UTARA KECAMATAN PATAMUAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN SUMATERA BARAT

 


Nama : Alfayet Arief

jurusan sastra minangkabau

fakultas ilmu budaya Universitas Andalas 

Silek minangkabau atau silat minangkabau adalah seni bela diri yang dimiliki oleh masyarakat minangkabau, secara turun temurun dari generasi ke generasi. Silek minangkabau ini merupakan seni bela diri tradisional yang sudah ada sejak lama. Silek minangkabau berbeda dari pencak silat dan silat pada umumnya. 

    Silek bagi anak minang merupakan jati diri, yang melekat dalam keseharian mereka, terutama bagi kaum lelakinya. Silek minangkabau bukan seni atau permainan tetapi suatu pengetahuan dan keterampilan yang menjadi kekayaan lahir dan batin dalam berinteraksi dengan tuhan, dengan sesama manusia dan dengan alam lingkungan. Silek diwariskan melalui proses belajar, menuntut kesungguhan, keterampilan fisik dan lidah serta kematangan psikologis. Oleh sebab itu, silek hanya dipergunakan dalam keadaan terdesak membela diri. Jadi, silek bukan seni atau permainan untuk dipertunjukkan. Sebagai sebuah keterampilan, silek melahirkan kreatifitas seni gerak yang disebut pancak. Silek sudah didapat dari sejak lahir kalau mancak itu dipelajari. 

   

    Aliran ilek

Di perguruan ini adalah Silek tuo adalah silek yang digunakan untuk bela diri tidak ditampilaj untuk laga-laga Orang yang menguasai silek tuo disebut pandeka(pandai aka) tidak ada jurus tatantu dalam silek ini, hanya mengalahkan akal, bergaya bebas. Silek tuo memiliki latar belakang silek ini adalah silek yang pertama dan tertua. Silek di nagari Tandikek hanya ada dua yaitu silek tuo dan silek bungo. Tidak ada silek lain selain silek ini. Silek ini adalah silek yang paling tuodan pertama. Silek tuo adalah silek yang paling utama silek yang lain hanya kombinasi dari silek tuo ini. Silek ini sangat langka banyak orang belajar ke perguruan silek ini misalnya dari Padang karena kelangkkaan ini hanya ada satu di Tandikek. Karena Mudiak padang adalah gudang ilmu silek ini adalah silek yang berasal dari gudang ilmu yaitu Tandikek Mudiak Padang. Karena menurut pak Buyung Tanndikek mudiak padang adalah tempat pengakuan dari segala ilmu. Awal perkembngan silek ini sesuai juga dengan adat manurun syara' mandaki. Gudang ilmu hal ini sesuai dengan silek dan islam. Silek ini seperti halnya silek yang dipergunakan untuk bacakak tapi digaris bawahi dengan tidak boleh mencari lawan.


Cara Pewarisan Silek

      Tergantung pada guru, artinya dari syariat dan hakikat artinya dari fisik dan ditemah(kaji) guru menentukan murid yang layak untuk mewariskan silek dan tergantung pada murid sendiri apakah dia layak atau tidak. Diwariskan secara turun temrurun dari guru-baguru. Dahulu tidak ada nama-nama perguruan hanya kelompok guru ini saja. Nama perguruan untuk diakui dan dikasih Sk dari Ipsi dan pemerintah. Dahulu tidak ada nama kelompok. Misalnya setiap murid pergi guru dan hanya dinamakan minggu(minggu rumah sianu) seiring perkembangan zaman dibuatlah nama kelompok-kelompok perguruan silek. Kaji dalam silek tuo dituntut apabila seseorang itu telah siap dan mampu dengan meletakkan syarat dari silek. 


Tujuan Silek Dalam Masyarakat

      Hubungan silaturahmi antar sesama masyarakat baik yang pasilek. Tujuan ini juga dapat dikatakan bahwa untuk pergi merantau juga ada bekal supaya tidak takut dirantau. Tujuan silek ini adalah digunakan untuk mentang Belanda pada dahulunya, dan untuk memperjuangkan agama islam dan juga sesuai dengan asal silek yanh berasal dari Aceh. Dahulu orang dipaksa masuk hindu. hindu ditantang dengan silek, dibuat perguruan silek oleh orang islam dan akhirnya semua orang Minangkabau islam. Silek tuo memiliki tujuan baa urang ka kanai dan baa lawan ka tumbang dan baa awak indak ka kanai.


     Tujuan silek bukan untuk mencari lawan melainkan mencari kawan sesuai dengan falsafah silek lahie silek mencari kawan dan batin silek mencari Tuhan. Silek tuo tidak boleh dibanggakan apabila kita hebat dalam ba silek maka tidak boleh membanggakan kehebatan kita

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS