Ticker

6/recent/ticker-posts

Nadiem Makarim Buka POMnas XVII Di Padang


 Nadiem Makarim Buka POMnas XVII Di Padang 


Hari ini Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII di Kota Padang, Sumatera Barat resmi dibuka Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A,

Yang Melibatkan lebih kurang mencapai 8.848 terdiri 3079 dan 5869 official serta 456 wasit.


Bertema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, Berprestasi Lebih Hebat” Rektor UNP Prof Ganefri menjelaskan tujuan POMNas guna meningkatkan persatuan, kebersamaan, dan persahabatan antar mahasiswa.


Dikesempatan tersebut Nadiem Anwar Makarim memberikan apresiasi dan semangat kepada para atlet yang akan bertanding pada POMNas XVII. “POMNas ini tentu bukan pekerjaan yang mudah selain keras kita butuh komitmen dan daya tahan yang luar biasa. Untuk itulah kegiatan kompetisi POMNas ini digelar. Kegiatan yang luar biasa pentingnya ini dapat mendorong kolaborasi lintas sektor, membangkitkan semangat generasi muda kita untuk berkarya dan berprestasi”, ucap mentri.


“Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mewujudkan POMNas ini, apresiasi yang luar biasa pada jajaran Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, Politeknik Ati Padang, Dispora Sumatera Barat dan seluruh organisasi ini atas kolaborasi dan kerjasamanya. Kedepan saya berharap POMNas ini dapat terselenggara lebih meriah”, sambung Nadiem.


Sementara Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah, SP menyampaikan bahwa perhelatan nasional ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sumbar ini. Selain itu Mahyeldi juga berharap dengan adanya POMNas ini bisa memberikan motivasi kepada siswa-siswi untuk berprestasi diseluruh bidang olahraga.


Sebagai tuan rumah Rektor UNP Prof.Ganefri, Ph.D menyampaikan bahwa pelaksanaan POMNas kali ini akan melakukan pertandingan 14 cabang olahraga diantaranya: atletik, bola basket, bola voli, futsal, Pencak Silat, tarung derajat, tenis renang dan takraw. 9 cabang akan digelar di Kampus Universitas Negeri Padang, sementara cabang taekwondo dan karate di kampus akademik teknologi industri Padang. Cabang bulutangkis dan panjat tebing pelaksanaannya di Universitas Andalas.


POMNas sendiri pertama kali Diselenggarakan di Yogyakarta pada tahun 1980. Sebelumnya tahun 2019 POMNas XXVI dilaksanakan di Jakarta. Dikarenakan Pandemi tahun 2021 maka POMNas XXVII baru digelar kembali tahun 2022 di Sumbar di UNP.


Ditambahkan, “untuk meningkatkan kualitas pertandingan pada event POMNas ini, pertama kalinya melibatkan lembaga Indonesia Anti Doping Organization (IADO) dan menggunakan sarana prasarana Sesuai dengan standar nasional cabang olahraga.




Dikatakan Ganefri, untuk total seluruh peserta yang akan bertarung pada event Komnas ke-17 ini sampai tadi pagi tercatat 8.948 yang terdiri dari 3.79 dan 5.869 official serta pelatih serta 455 wasit yang berasal dari 34 provinsi akan memperebutkan 1.274 keping mendali terdiri dari: 368 medali emas, 38 perak dan 538 perunggu pada 166 nomor lomba serta melibatkan 408 perguruan tinggi yang ada di Indonesia jadi POMNas ini”, sambung rektor sambil menutup dengan mengucapkan selamat bertanding, dan junjung tinggi sportifitas”, tutup Ganefri. 

#JS

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS