Ticker

6/recent/ticker-posts

Kenaikan Harga Beras Pemicu Naiknya inflasi dari kebutuhan pokok di Sumbar


Kepala.BPS Sumbar 


Kenaikan harga BBM pasti  berdampak kepada naiknya harga kebutuhan primer masyarakat terutama harga kebutuhan pokok. 


Seperti yang disebut bahwa  Andil inflasi yang disumbangkan lontong sayur ini akibat terjadinya kenaikan harga beras di Sumbar. 


Kepala BPS Sumbar Harum Fajarwati dalam jumpa pers Rabu 2/11  merangkum bahwa harga beras menjadi penyumplang inflasi tertinggi Oktober 2022 ini.  Akibat tingginya harga produk lain yang berasal dari.beras

"Beras ini terdiri memiliki andil terhadap inflasi Sumbar 0,18. Beras adalah komoditas pemberi andil terbesar, setelah ikan tongkol, angkutan udara, dan bensin," 

Harum Fajarwati mengatakan angka inflasi Sumatera Barat terbentuk dari gabungan 2 kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Sumatera Barat, yaitu Kota Padang dan Kota Bukittinggi.


Inflasi (yoy) di Sumbar terjadi karena adanya kenaikan IHK ( Indeks Harga Komoniti)  pada semua kelompok pengeluaran, yakni kelompok transportasi. Kelompok makanan, minuman, dan tembakau. Kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga. Serta kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran.

Dia menjelaskan kelompok yang dominan memberikan andil inflasi yoy Sumbar Oktober 2022 adalah kelompok makanan, minuman, dan tembakau. Kelompok transportasi. Kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga. Kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,52 persen; kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga serta kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya masing-masing sebesar.



Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS