Ticker

6/recent/ticker-posts

Maysitoah, Siswa MAN 2 Padang Raih Medali Kejuaraan Nasional Angkat Besi 2022



Padang, Jurnalissumbar 


Maysitoah Busani, Siswa MAN 2 Padang berhasil mempersembahkan medali perunggu untuk Provinsi Sumatera Barat pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi Pupuk Indonesia Remaja (Youth) dan Junior Tahun 2022.


Kejurnas angkat besi yang diselenggarakan oleh PB PABSI Indonesia ini, digelar 27 September 2022 di GOR Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan diikuti 136 atlet dari 21 Provinsi se-Indonesia.


Itoh - sapaan akrab Maysitoah Busani, lifter Sumatera Barat itu, berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu peraih medali. 

Turun di nomor 45 kilogram, Itoh berhasil meraih posisi ketiga setelah mencatat total angkatan 50 kilogram pada kelas junior putri babak clean and jeark.


"Alhamdulillah, suatu kebanggaan mampu mempersembahkan yang terbaik untuk diri sendiri, orang tua dan juga madrasah," tutur Itoh saat bertemu kepala madrasah, Rabu (05/10/2022).


Dia mengaku termotivasi meraih prestasi di ajang nasional karena didorong kedua orang tuanya. Itoh mengaku tertantang untuk melewati prestasi Abi (Ayah) nya, yakni Busnaldi yang pernah meraih medali pada PON 1990.


Adapun sang Umi (ibu) juga seorang lifter yang pernah meraih medali pada PON 1990."Ikutlah angkat besi, karena dengan ikut kegiatan itu bisa kemana-kemana, bisa ke luar daerah, keluar negeri bahkan bisa naik pesawat terbang,"kata Itoh menirukan motivasi orang tuanya.


Itoh bercerita sudah mulai mengenal angkat besi sejak duduk di bangku kelas 4 SD. Ia mengaku dilatih kedua orang tuanya. "Saya sejak kecil dilatih angkat besi oleh Abi dan Ummi sampai sekarang," ujarnya saat ditanya siapa yang melatihnya dari kecil.


Anak sulung kelahiran 24 Agustus 2004 itu mengutarakan, bahwa selama latihan tidak bergabung dengan club provinsi. Ia mengaku dilatih di club "M2HB" milik kedua orang tuanya.


"Walaupun latihan di club orang tua, saya tetap latihan dengan disiplin dan keras. Tujuannya agar mampu mempersembahkan medali emas di ajang nasional," tutur Itoh yang sekarang tercatat sebagai siswa kelas XII IPK 2.


Ia menuturkan, sepulang sekolah, ia sekarang disibukkan dengan latihan untuk mempersiapkan dirinya mengikuti Porprov. Disamping itu, dia juga aktif menjadi pelatih renang di Universitas Negeri Padang.


Keberhasilan Itoh dalam olah raga angkat besi tingkat nasional, tidak membuat dirinya menutup mata atas prestasi lainnya. Tercatat ia pernah memperoleh juara pada lomba pidato tingkat Kota Padang.


"Saya juga pernah juara 1 lomba pidato se Kota Padang dan juara 2 MSQ juga tingkat Kota Padang," sebut gadis yang bercita-cita jadi dosen olah raga ini.


Kepala MAN 2 Kota Padang, Akhri Meinhardi, merasa salut dan bangga atas prestasi anak didiknya. Menurutnya, apapun bidangnya, baik keagamaan, seni, maupun olah raga, apabila ditekuni secara serius akan membuahkan prestasi.


"Ananda ini memang mempunyai keunikan, ia berasal dari jurusan keagamaan tapi jadi lifter mewakili Sumbar pada kejurnas angkat besi tingkat nasional," kata Akhri Meinhardi.


Bukan hanya itu saja, Kata Akhri Meinhardi, ia juga mampu menunjukkan teknik angkat besinya, hingga berhasil membawa pulang medali perunggu ke Sumatera Barat.


"Selamat kepada maysitoah, mudah-mudahan ini kontribusi terhadap prestasi madrasah kita dan insya Allah akan lahir maysitoah-maysitoah lainnya yang akan menjadikan Mandupa sebagai barometer prestasi di Sumbar," ujarnya. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS