Ticker

6/recent/ticker-posts

Kota Padang Nyaris Bersih Dari Orang Gila, Namun Orang Terlantar Terus Ada

 


Padang, 

Kota Padang, Sumatera Barat nyaris bersih dari orang gila, namun orang terlantar terus ada.


Terus berupaya memunguti orang terlantar dan orang gila, sehingga sampai pertengahan Bulan Oktober 2022 ini orang gila hanya tinggal lagi 9 orang gila yang sedang diurus di rumah sakit HB Saanin Gadut Kota Padang. 


Ungkapan ini dikatakan Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Ances Kurniawan ketika dijumpai awak media ini diruang kerjanya, 12 Oktober 2022.


Menurut Ances Kurniawan, asal usul datangnya orang gila ini beragam, ada yang dari Kota Padang, dan ada pula dari luar daerah Kota Padang. 


"Kita hampir setiap hari dapat informasi dari masyarakat terhadap orang terlantar dan orang gila," ungkapnya. 


Jika saat ada informasi dari masyarakat dimana lokasi orang gila dan orang terlantar pihak Dinas Sosial ini berkoordinasi langsung dengan Sat Pol PP Kota Padang. 


"Jika memang orang gila sebelum di bawa ke Dinas Sosial, pihak Sat Pol PP melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, baru di bawa ke Dinas Sosial. 

Disini (Dinas Sosial) kita punya ruangan dan tempat inap sementara," imbuhnya. 


Sekiranya, penyakit gilanya biasa saja dan tidak membahayakan cukup dilakukan pembantuan untuk diantarkan ke alamat tempat tinggalnya. 


Begitu juga jika temuan orang gila itu berasal dari luar Kota Padang kami mengantarkan sampai ke alamat tujuan dimana orang yang dinyatakan sebagai orang gila tersebut. 


"Dan, begitu juga orang terlantar jika ada temuan pihaknya langsung membiayai untuk memulangkan ke kampung halamannya sampai ke alamatnya, baik dengan biaya saja atau pun diantarkan langsung. 


" Tapi pada umumnya, orang terlantar cukup dikasih biaya saja untuk mereka sampai ke alamat tujuan ke kampung halamannya," urai mantan Camat Padang Timur Kota Padang, ini. 


"Oh, data orang terlantar cukup banyak selama tahun 2022 sampai ini hari, ya. Ntar nanti datanya ada pada bidang terkaitnya, " jelas Ances Kurniawan.

#Ocha

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS