Ticker

6/recent/ticker-posts

UPT Layanan Internasional UNP Mengadakan Program Summer Course dengan Tema Disaster Management And Environment

 


Padang-- Sebagai bentuk langkah pasti dalam mewujudkan capaian World Class University bagi Universitas Negeri Padang (UNP), dimana salah satu programnya adalah meningkatkan ratio mahasiswa asing, UNP melalui UPT Layanan Internasional Universitas Negeri Padang menyelenggarakan  program Summer Course dengan tema “Disaster Management and Environment. Kegiatan ini diikuti oleh 32 Mahasiswa asing yang berasal dari 3 Universitas berbeda yaitu Universiti Sains Malaysia, Universiti Malaya dan Kyoto University dan juga 9 Pembicara dari Luar dan dalam Negeri. Rangkaian kegiatan Summer Course 2022 ini dilaksanakn dari tanggal 19 sampai dengan 26 September 2022. Selama program berlangsung, peserta mendapatkan pendalaman materi dari para ahli di bidangnya terkait "Disaster Management and Environment" , mengenal Randang dalam proses “Marandang”dan juga kunjungan ke daerah terdampak Gempa, Kajai, Pasaman dan Kota Bukittinggi. Rangkaian acara tersebut dipilih agar para peserta bisa belajar dan bersentuhan langsung dengan lingkup sosial, dan budaya Sumatera Barat. 


Pembukaan program ini dilaksanakan pada Senin, 19 September 2022 di Lantai 4, Ball Room Hotel UNP yang turut diahadiri oleh Dr. Refnaldi, M.Litt. selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Ir. Syahril, M.Sc, Ph.D. selaku Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Yasri, MS selaku Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama & Sistem Informasi, Kepala UPT Layanan Internasional, Rusnardi Rahmat Putra, Ph. D.Eng dan Dekan selingkungan UNP. Dalam Kata Sambutannya, Prof. Yasri, MS selaku Wakil Rektor 4 menyampaikan gambaran umum mengenai World Class University bagi Universitas Negeri Padang dimana salah satu programnya adalah meningkatkan ratio mahasiswa asing melalui kegiatan Summer Course dan program lainnya. Beliau juga menyampaikan pesan dari rektor Universitas Negeri Padang untuk selalu meningkatkan kegiatan international dalam mengwujudkan visi Universitas Negeri Padang menjadi kampus yang bertaraf internasional dan global. Senada dengan Prof Yasri, MS.,  Ketua Pelaksana yaitu Bapak Rusnardi Rahmat Putra Ph.D.Eng yang sekaligus menjabat sebagai Kepala UPT layanan Internasional Universitas Negeri Padang menyampaikan seluruh rangkaian kegiatan yang akan dilakukan di Universitas Negeri Padang. 


Pada rangkaian program Summer Course 2022 ini para peserta dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas Disaster management dan environment yang dilaksanakn dari hari Senin, 19 September sampai dengan Kamis, 19 September 2022. Adapun Narasumber yang ikut andil pada program ini adalah Prof. Dr. Boris Braun dan Konstantin Gisevius, M. SC dari University of Cologne Jerman, Dr. Muhammad Shazril Idris Bin Ibrahim dari Universiti Malaya Malaysia, Dr. Syahidah Akmal Binti Muhammad dan Dr. Noor Hana Hanif Binti Abu Bakar dari Universiti Sains Malaysia, Prof. Dr. Junji Kiyono dari Kyoto University Jepang, dan Muzli, Ph. D., Plt. Kepala Pusat Seismotek, Geopotensial, dan Tanda Waktu, BMKG. Universitas Negeri padang juga turut mengirimkan 3 Narasumber untuk mengisi program ini, yaitu Rusnardi Rahmat Putra, Ph. D., Prof. Dr. Rahadian Z, M.Si., dan Prof. Dr. Indang Dewata, M.Si. 


Dalam acara pembukaan ini dilaksanakan juga penandatanganan MoA antara Graduate School of Geosciences University of Cologne Jerman dengan Faculty of Science Universitas Negeri Padang, Serta penandatanganan MoA antara Institute of Geography University of Cologne dengan Department Geography Universitas Negeri Padang. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasio perbandingan dosen asing dengan dosen UNP dan mahasiswa asing dengan mahasiswa UNP. Sehingga dapat meningkatkan kualitas dan peringkat kampus Universitas Negeri Padang. (UPT.LI/NP)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS