Ticker

6/recent/ticker-posts

Surplus Beras dan Jagung Tahun Ini Kadis Pertahorbun, Sy afrizal: Petani Banyak Subsidi




Padang, 

Sampai periode Bulan Agustus Tahun 2022 ini Sumatera Barat (Sumbar) surplus komoditi bahan pangan beras dan jagung, dari target 1, 5 juta ton padi serta 1 juta ton jagung. 


Ungkapan ini dikemukan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahorbun) Provinsi (Sumbar), Syarizal ketika dijumpai jurnalissumbar diruang kerjanya Jumat 2 Agustus 2022.


Menurutnya, target produksi padi tahun 2022 sebanyak 1, 5 juta ton, -dan jagung 1 juta ton. 


"Pada akhir Agustus ini telah tercapai produksi sebanyak 950 ribu ton, dengan luas panen 192 ribu hektar,  serta produksi jagung sebanyak 600 ribu ton dengan luas panen 100 ribu hektar," imbuhnya. 


Sedangkan komoditi jagung Sumbar surplus sebanyak 300 ribu ton, dan beras juga tetap surplus. 


"Kita buat kebutuhan pakan ternak dari komoditi jagung bisa terpenuhi, sehingga perusahaan pembuat pakan ternak takkan cemas dengan stoknya," sebut nya lagi. 


Sekaitan dengan program peningkatan roduksi padi dan jagung pemerintah melalui Dispertahorbun Sumbar tetap dapat memberikan berbagai subsidi bibit benih, pupuk, pestisida, dan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). 


"Yang jelas produksi gabah komoditi padi dan jagung untuk tahun 2022 ini kita Sumbar mencapai targetlah," pungkasnya.(Obral Caniago).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS