Ticker

6/recent/ticker-posts

KSM Tingkat Provinsi Sumatera Barat Resmi Digelar di MAN 2 Kota Padang

 



Padang, Jurnalissumbar


Kompetisi Sains Madrasah 2022 tingkat Provinsi Sumatera Barat resmi digelar di kampus MAN 2  Padang, Jumat (09/09/2022). Kakanwil Kemenag Sumbar, Helmi, membunyikan sirine menandai pembukaan perhelatan akbar tersebut.


Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi yang diikuti 605 peserta dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat ini, dimeriahkan oleh paduan suara, marching band serta penampilan tari dari MAN 2 Kota Padang.


"Apresiasi untuk jajaran Penmad yang telah banyak melakukan inovasi dalam penyelenggaraan KSM," ucap Helmi mengawali sambutannya dihadapan Kabag TU, Miswan, Kabid Penmad, Hendri Panidias, kakankemenag kabupaten/kota dan ratusan tamu undangan se-Sumatera Barat.


Helmi menyebut, madrasah saat ini sudah mampu menunjukkan jati dirinya dengan berhasil bersaing secara regional, nasional dan internasional. Ini terbukti dari hasil UTBK 2022 banyak madrasah di Sumbar yang masuk kategori top 1000.


"Dimata masyarakat, madrasah dapat memberikan benteng bukan hanya iptek saja tapi juga ilmu agama, hingga orang tua berbondong-bondong memasukkan anaknya ke madrasah,"ungkapnya.


Menurut Helmi, KSM merupakan salah satu bentuk ikhtiar kemenag untuk menciptakan siswa madrasah agar mampu berkompetisi secara akademik sesuai bakat dan minatnya masing masing.


"Selamat berkompetisi, semoga siswa madrasah bisa menjadi pemuda yang handal yang mempunyai daya juang dan daya saing," lanjut doktor Ilmu Pendidikan Islam UIN IB Padang ini.


Kakanwil Helmi berterima kasih kepada  tuan rumah kemenag Kota Padang dan kepala MAN 2 kota Padang serta semua pihak yang telah mempersiapkan kegiatan dengan baik.


Kakankemenag Kota Padang, Edy Oktafiandi mengungkapkan rasa syukur atas ditunjuknya kemenag Kota Padang sebagai penyelenggara KSM. Kepercayaan ini merupakan tantangan tersendiri agar mampu menyelenggarakan KSM dengan baik dan sukses.


"Kami telah mempersiapkan semuanya secara maksimal, kalau ada kurang dan salah, kemenag Kota Padang minta maaf dan ridha untuk kita semua," tuturnya.


"Mudah-mudahan KSM ini terlaksana dengan baik, sukses pembukaan, sukses hasil, hingga mampu mengangkat citra Sumbar di tingkat nasional," sambung Edy Oktafiandi.


Ditempat yang sama, Akhri Meinhardi kepala MAN 2 Kota Padang mengaku bangga atas kepercayaan yang diberikan pimpinan sebagai tuan rumah tempat penyelenggaraan KSM.


"Kepercayaan itu kami wujudkan dalam bentuk kerja nyata siang dan malam, hingga pembukaan KSM hari ini berjalan sukses dan lancar," ungkap Akhri Meinhardi penuh gembira.


Menurut dia, ada dua tanggung jawab yang diembankan kepada MAN 2 Padang dalam gelaran KSM, pertama, sebagai tempat pelaksanaan acara seremonial dan kedua, tempat untuk pelaksanaan ujian KSM.


"Kita telah menyiapkan peralatan komputer yang berjumlah 180 buah, sebagian dibersamai dengan madrasah lain. Seluruh aplikasi sudah siap, insya Allah besok tinggal tancap gas," jelasnya. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS