Ticker

6/recent/ticker-posts

Januari 2023, Jalan Baru Bayang-Alahan Panjang Dapat Dilalui Kenderaan Bermotor


Kadis PUPR Propinsi Sumbar, Era sukma Munaf, ST, MM. 



Bayang Utara, 

Pada Januari 2023 nanti pembukaan ruas jalan baru sepanjang 18 kilometer dengan status jalan propinsi yang terletak di 2 Kecamatan Bayang Utara (Bayu) Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kecamatan Alahan Panjang Kabupaten Solok telah dapat dilalui kenderaan bermotor. 


Ujarnya kepada wartawan.  Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Propinsi Sumatera Barat (Sumbar), Erasukma Munaf,  ST, MM ketika dijumpai oleh Jurnalissumbar.com diruang kerjanya, 15 September 2022.


Menurutnya, sepanjang 500 meter pengerjaan jalan baru ini yang terletak di Kecamatan Bayu Kabupaten Pesisir Selatan dilakukan pengaspalan, lanjutnya, lagi. 


"Sedang sisanya sepanjang 17, 5 meter lagi hanya baru dapat dilakukan pengerasan jalan serta berbentuk jalan tanah, namun di Bulan Januari 2023 nanti ke-2 daerah Kecamatan Bayu dan Kecamatan Alahan Panjang ini telah dapat dilalui kenderaan bermotor," imbuhnya. 


Sedangkan total panjang jalan ini sebelumnya sebagai jalan kabupaten di Kecamatan Bayang, Kecamatan Bayu-Kabupaten Pesisir Selatan, dan di Kecamatan Alahan Panjang Kabupaten Solok-sampai sebelum tahun 2019, dari ke-2 daerah itu masih berstatus jalan kabupaten. 


Namun, rencana pembangunan jalan baru ini sebelumnya akan bisa dirampungkan pada tahun 2019 lalu seharusnya demikian-tetapi karena negeri ini dilanda pandemi covid 19 maka rencana pembukaan jalan baru yang telah dirubah statusnya menjadi jalan propinsi itu, sempat terhenti-red. 


"Total panjang jalan yang telah ada dari Pasar Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, dan di Kecamatan Alahan Panjang Kabupaten Solok, selain dari yang 18 kilometer tersebut sebagai pembukaan jalan baru ini telah beraspal," sambungnya, pula. 


"Kendati demikian, sedangkan ruas jalan yang dilakukan pengerjaan di wilayah Kecamatan Bayu sepanjang 8 kilometer lebih, dan selebihnya berada pengerjaan ruas jalan di Kecamatan Alahan Panjang Kabupaten Solok sekira 9 kilometer lebih pula," ungkapnya. 


"Ya, lama pengerjaan jalan tersebut 6 bulan dari Bulan Juli-Desember 2022 nanti, dan sampai 15 September tahun ini telah siap sekira 30 persen, dengan sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR senilai Rp. 16 miliar, " sebutnya. 


Dikatakannya, dengan rampungnya pembukaan akses jalan baru ini akan berdampak positif bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat dari ke-2 daerah Kabupaten Pesisir Selatan dengan Kabupaten Solok. 


"Sebab, kedua daerah ini terbuka pintu keluar-masuk, sehingga masyarakat bisa cepat dan lebih dekat mengangkut beragam produk dan berbagai jenis barang," pungkasnya

#oc



(*).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS