Ticker

6/recent/ticker-posts

Dinas Pendidikan Sumbar Bikin Kontrak-Kepsek Peningkatan Mutu Lulusan dan Target Penerimaan PTN Dalam dan Luar Negeri

 

Kepsek, di tahun 2022 ini kita harus tahu apa upaya dan program kerja yang harus dilakukan oleh masing-masing sekolah
.


Menjelang akhir tahun, tepatnya pada Bulan Oktober 2022 ini, dinas pendidikan bikin kontrak dengan Kepala Sekolah (Kepsek) guna meningkatkan mutu para lulusan dan jumlah penerimaan pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baik dalam negeri mau pun luar negeri. 

Kabid PSMA Dinas Pendidikan Sumbar, Mahyan, S Pd, MM.


Hal ini dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat (Sumbar) Barlius melalui Kepala Bidang (Kabid) PSMA Dinas Pendidikan Sumbar, Mahyan, S Pd, MM ketika dijumpai oleh awak media ini Selasa 13 September 2022.


Program kerja yang menjadi prioritas untuk dikejar menjelang akhir tahun 2022, bagaimana kedepanya para lulusan tingkat SLTA semakin meningkat jumlahnya dari masing-masing sekolah dapat diterima pada Perguruan negeri dan swasta, baik Perguruan tinggi dalam negeri mau pun pada Perguruan tinggi luar negeri, serta pula meningkat jumlah berhasil lulus masuk menjadi TNI dan Polri. 


"Sekalian dengan itu, kita perlu membikin kontrak dan kerjasama dengan sekolah dalam upaya guna meningkatkan mutu lulusan serta peningkatan para lulusan baik diterima dari segala lini pilihan para calon mahasiswa pada Perguruan tinggi yang diidamkan oleh para lulusan, " harapnya.


"Pada intinya, kita menghimpun data posisi sekolah dari sekarang, dan tahun 2023 nanti ada target peningkatan porsentase. Misalnya, dari 45 persen bisa meningkat menjadi lebih," ungkapnya.


 Lanjutnya, pada Bulan Oktober 2022 nanti kita akan melakukan kontrak dengan Kepala Sekolah (Kepsek) tentang peningkatan prestasi peserta didik. 

Tujuannya, bagaimana supaya para jebolan dari sekolah yang dipimpin oleh Kepsek bersangkutan selalu adanya peningkatan. 


"Misalnya, para anak didik dari sekolah yang dipimpinnya itu terjadi lonjakan penerimaan baik pada Perguruan tinggi, mau pun meningkat jumlahnya diterima menjadi pegawai pemerintah atau di kedinasan," ulasnya. 


Jadi, menjelang akhir tahun 2022 ini kita perlu kebut untuk menghimpun data terkait itu melalui sekolah bersangkutan. 


"Upaya ini berguna buat tahun mendatang 2023 sebagai aplikasi dari evaluasi data yang kita himpun tahun sebelumnya,".


Nah, dari sana terlihat nyata, mana sekolah yang meningkat mutu dan prestasinya, dan pihak Dinas Pendidikan menagih keunggulan kinerja sekolah dari sana, katanya.

[ "Harapan kita, yang kita mintak kepada Kepsek nya itu, adalah setiap tahun grafik program kerja sekolah terkait terus adanya peningkatan, baik mutu lulusan mau pun hasil penerimaan dari para jebolan dapat diterima diberbagai lini kehidupan pemerintah serta di lembaga pekerjaan swasta lainya" pungkasnya.(Obral Chaniago).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS