Ticker

6/recent/ticker-posts

Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiologi Padang Gelar Workshop dan Symposium.



Padang - Jurnalis Sumbar

Workshop dan Symposium Cardiovascular  Padang yang ke-9, dilaksanakan selama tiga hari. Satu hari untuk Workshop dan dua hari untuk Symposium. Dengan ketua pelaksananya Dr.dr. Eka Fithra Elfi, Sp.JP (K) sekaligus Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, digelar di Hotel ZHM Premiere Padang, pada Jum'at  19-21 Agustus 2022.


Dalam kegiatan Workshop dan Symposium Cardiovascular, ketua pelaksana Dr dr Eka mengatakan kepada Insan Pers, kegiatan ini merupakan kegiatan berkala bagian Kardiologi dan Vascular Fakultas Kedokteran Unand yang bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovascular Indonesia(PERKI).


Kegiatan ini tujuan nya memberikan Update, informasi ilmu mengenai tata laksana Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah. Ilmu kedokteran setiap tahun berkembang, ada obat baru,therapy baru dan Protokol baru memberi Update informasi baru, karena kita adalah profesional medis, ada dari dokter umum, Spesialis dan Perawat,"Ucap Eka.


Cardiovascular FK Unand yang bekerjasama dengan PERKI, mengungkapkan bagaimana Management Jantung dan Pembuluh Darah terkini, itulah yang disampaikan dalam Symposium. Sekarang ini ada beberapa macam pengobatan Jantung yang sifatnya Holistik dan menyeluruh, seperti pemasangan Ring, Cincin dan pemberian edukasi kepada pasien.seperti selesai makan obat langsung pulang,hendaknya diberi edukasi.


Seperti pola makan yang benar,olahraga yang benar,menjaga fisik dan istirahat yang cukup dan membatasi emosi. Kita juga harus berkolaborasi dengan bagian lain,seperti Penyakit Dalam,Paru-Paru dan Saraf,karena penyakit tersebut jarang sendiri dan suka adanya penyakit tambahan berupa Diabetes,Hipertensi dan Stroke.


Untuk pemeriksaan lebih lanjut berupa pemasangan Ring,Cincin dan pemasangan USG jantung seharusnya dirujuk di Rumah Sakit TK II dan TK III.Penyakit Jantung rentan terserang kepada usia lanjut.Tapi saat ini yang muda-muda banyak terserang penyakit Jantung,penyebab nya dari Hipertensi,Kolesterol dan perokok berat,"Tutur Eka 


Dalam kegiatan ini kami berharap untuk dokter-dokter disini bisa lebih awas dan tanggap dalam menangani penyakit Jantung kepada masyarakat. Sehingga mampu menangani penyakit Jantung dengan baik. Supaya kesehatan Jantung akan lebih terjaga,mencegah kemungkinan keburukan atau kematian,"Eka berharap.


Untuk hari kedua dan ketiga yaitu berupa Seminar Symposium untuk seluruh praktisi kesehatan,dengan topik seperti kuliah umum dengan mengundang pembicara dari Jakarta sebanyak tiga orang.


Mengusung tema Bagaimana Penanganan penyakit Vascular yang sifatnya menyeluruh. Dihari terakhir ada Prensetase Oral,lomba cerdas cermat dokter. Kegiatan Workshop kita mengundang 80 orang,sedangkan untuk Symposium sebanyak 260 orang,"Tutup Eka. (Kitti)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS