Ticker

6/recent/ticker-posts

Menuju KSM Tingkat Kota, 12 Siswa MAN 2 Padang Ikuti Simulasi

12 siswa MAN 2 Kota Padang mengikuti simulasi (try out) Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Padang. Simulasi dilakukan dalam rangka mempersiapkan siswa untuk menghadapi KSM yang akan berlangsung 13-15 Agustus 2022 mendatang.


Padang, Jurnalissumbar


Tercatat, 12 siswa MAN 2 Kota Padang mengikuti simulasi (try out) Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Padang. Simulasi dilakukan dalam rangka mempersiapkan siswa untuk menghadapi KSM yang akan berlangsung 13-15 Agustus 2022 mendatang.


Kegiatan yang dipusatkan di laboratorium komputer MAN 2 Kota Padang tersebut dimulai pukul 07.00 sampai 14.30 WIB. Simulasi diikuti 207 siswa yang berasal dari MA/MTs dan MI se- Kota Padang.


"Dalam KSM  ini yang dituntut adalah kemampuan ananda menguasai suatu bidang yang akan diujikan. Oleh karenanya diminta kepada semua siswa belajar, belajar dan terus belajar," kata Edy Oktafiandi kakankemenag Kota Padang saat memberikan arahan kepada peserta KSM, Selasa (09/08/2022) di hall Umar bin Khattab kampus MAN 2 Padang.


Dia mengajak siswa untuk membulatkan tekad dalam mengikuti KSM, niatkan dalam hati bahwa tujuan utama adalah maju serta sukses sampai tingkat tertinggi yaitu level nasional.


Menurut Edy Oktafiandi, tidak ada suatu kompetisi apapun tanpa sikap disiplin. Disiplin dalam belajar dan disiplin dalam mengatur waktu saat ujian berlangsung.


"Tidak ada yang datang terlambat walaupun tempat tinggalnya jauh sebab ujian akan dilakukan secara serentak jam 07.00 WIB pagi, jadi sebelum jam tujuh sudah berada di lokasi," ujarnya.


Ditekankannya, bahwa kunci keberhasilan itu ada 3, yaitu menguasai bidang keilmuan, niat dan tekad yang kuat untuk maju dan disiplin dengan waktu.


"Masih ada beberapa hari lagi menjelang ujian untuk berkonsultasi dengan guru pembina bagaimana bentuk soal, kesulitan apa yang ananda temui, mari berdoa agar KSM ini sukses dan berhasil," sambung Edy Oktafiandi.


Sementara itu, kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi mengungkapkan bahwa salah satu tujuan simulasi adalah untuk menghindari kemungkinan hal hal yang bisa merugikan siswa pada saat ujian berlangsung.


"Jadi tujuan simulasi bukan melihat jumlah betul atau salahnya tapi supaya anak anak kita tidak canggung dan tidak grogi secara tekhnis pada waktu ujian," ucap Akhri Meinhardi.


Ia meminta kepada siswa MAN 2 Padang yang akan berlaga pada KSM tingkat Kota Padang agar mempersiapkan diri secara teknis supaya pada hari H nya tidak menemui kendala dalam menjawab soal-soal yang disajikan.


"Pembinaan secara akademis sudah dilakukan oleh guru pembina masing-masing mata pelajaran melalui proses yang panjang dan matang, mudah-mudahan siswa kita bisa mewakili kemenag kota Padang untuk maju ketingkat nasional nantinya," jelas dia.


Turut hadir pada saat simulasi, Kepala Seksi (Kasi) Penmad Farhan Furqani, kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi, tim teknis KSM MAN 2 Padang Mihrar, panitia KSM Kota Padang serta kepala madrasah se- Kota Padang. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS