Ticker

6/recent/ticker-posts

Menanamkan Budaya Anti Korupsi Sejak Dini


Mahasiswa KKN PPM UNAND Berikan Penyuluhan Anti Korupsi bagi Siswa-siswi SDN 011 Silokek Kecamatan Sijunjung



Shania Ramadenisa, Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum Universitas Andalas

 Korupsi merupakan salah satu istilah yang kini akrab di telinga masyarakat Indonesia. Tindakan korupsi merupakan Tindakan yang sangat merugikan orang lain dan negara. Bahkan, korupsi juga dapat menurunkan tingkat kebahagiaan masyarakat di suatu negara (Arvin dan Lew, 2014). Melihat indonesia yang kini darurat korupsi, penyuluhan ini menjadi salah satu cara untuk membantu Indonesia dalam menangani darurat korupsi. 
Penyuluhan ini bertujuan agar generasi penerus bangsa memiliki rasa cinta tanah air serta tertanam nya nilai-nilai kejujuran yang dapat membawa pada perubahan dan era baru bebas korupsi. Menanamkan budaya anti korupsi sejak dini sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang seseorang terutama dalam lingkungan pendidikan Sekolah Dasar. Penyuluhan ini juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi pada siswa-siswi SDN 011 Silokek, nilai-nilai tersebut diharapkan dapat membentuk karakter murid SDN 011 Silokek di masa depan. 
 Nilai-nilai utama yang ditanamkan dalam penyuluhan ini yaitu jujur, tanggung jawab, disiplin, sederhana, mandiri, berani, adil, peduli, dan kerja keras. Nilai-nilai inilah yang akan menjadi pondasi dalam membentuk karakter murid SDN 011 Silokek, penyuluhan ini juga dilakukan agar generasi muda memiliki pondasi kuat yang akan menjadi bekal untuk kehidupan mereka kedepannya yang nantinya akan melanjutkan Pendidikan ataupun hal-hal lain ke kota-kota besar.
 Penyuluhan ini dilaksanakan oleh salah satu Mahasiswa KKN PPM UNAND yang berasal dari Jurusan Hukum di Nagari Silokek Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung pada hari Rabu (10/08/22). Kemudian sebagai kelanjutan dari penyuluhan anti korupsi ini, maka dibentuknya kantin kejujuran sebagai media penanaman karakter kejujuran siswa-siswi di SDN 011 Silokek. Program kantin kejujuran ini telah terlaksana dengan baik. Keberadaan kantin kejujuran dengan teknik pelayanan self service system dapat dijadikan sebagai media yang baik dalam penanaman karakter kejujuran siswa karena bisa melahirkan sikap dan tindakan yang positif. Selain itu kantin kejujuran juga dapat membiasakan sikap mandiri siswa-siswi melalui hal-hal kecil. Penyuluhan ini diharapkan mampu membuat siswa-siswi SDN 011 Silokek menanamkan nilai-nilai anti korupsi dan mampu membentuk karakter kejujuran.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS