Ticker

6/recent/ticker-posts

Ketua komite Syaifunir Tutup Bimtek Kurikulum Merdeka MAN 2 Padang

Ketua komite Syaifunir Tutup Bimtek Kurikulum Merdeka MAN 2 Padang 



Padang, Jurnalissumbar


Ketua Komite, Syaifunir Husein, secara resmi menutup Bimbingan Teknis (Bimtek) implementasi kurikulum merdeka MAN 2 Kota Padang, Minggu (28/08) di Axana Hotel Padang.


Dalam sambutannya, Syaifunir mengajak guru dan pegawai madrasah yang mengikuti Bimtek Kurikulum Merdeka agar dapat menjadikan alam sebagai bahan untuk belajar.


"Bagi kita orang madrasah, kurikulum merdeka bukanlah masalah baru, karena ayat yang pertama turun adalah surat al'alaq, yang diawali dengan iqra'," kata Syaifunir Husein.


Ayat itu, kata Syaifunir menuntun manusia untuk memperhatikan alam. Manusia diberi kebebasan melihat alam semesta tanpa ada pembatasan waktu dan tempat dari sang pencipta. 


"Kalau kita pahami secara mendalam, maka akan ditemui bahwa ayat ini sangat tinggi unsur kemerdekaannya," ujarnya.


Bahkan katanya, konsep Islam memberi kemerdekaan kepada umat manusia untuk belajar tanpa memandang batas dan usia manusia.


"Seperti hadis Rasulullah yang mengatakan tuntutlah ilmu dari ayunan sampai ke liang lahat," tutur alumni UIN IB Padang ini.


Menurut pensiunan inspektorat Provinsi Sumatera Barat ini, pelaksanaan Bimtek kurikulum merdeka telah berlangsung secara efektif, efisien dan ekonomis berkat persamaan persepsi antar warga madrasah bersama komite.


"Komite mengupayakan dana untuk bimtek, sementara guru dan pegawai  sangat bersemangat sekali untuk mencapai hasil Bimtek yang baik,"tutup Syaifunir Husein.


Sementara itu, Akhri Meinhardi kepala MAN 2 Padang sangat bersyukur semua peserta sangat antusias mengikuti bimtek implementasi kurikulum merdeka dari awal hingga akhir. Dia berharap apa yang diperoleh dapat diterapkan di madrasah.


"Tanggung jawab setelah ini adalah guru harus menyiapkan modul ajar dan modul proyek yang mengacu kepada  kurikulum merdeka," ucap Akhri Meinhardi.


Dia yakin, guru akan mampu membuat rancangan modul sendiri. Dikatakannya, keyakinan itu didasari atas banyaknya masukan yang diberikan peserta selama pelaksanaan Bimtek.


"Silahkan berikan pendapat, ide-ide cemerlang, buktikan hasilnya sambil berjalan, agar kurikulum merdeka MAN 2 Padang lebih sempurna,"tambah Akhri Meinhardi.


Sebanyak 139 guru dan pegawai MAN 2 Kota Padang mengikuti Bimtek Kurikulum Merdeka. Kegiatan digelar selama 2 hari, mulai 27 hingga 28 Agustus 2022. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS