Ticker

6/recent/ticker-posts

DI BAWAH BIMBINGAN MAHASISWA KKN UNAND NAGARI LOLO, SMP 2 PANTAI CERMIN BERHASIL MERAIH 3 PENGHARGAAN PADA LOMBA GERAK JALAN SEKECAMATAN PANTAI CERMIN

 


DI BAWAH BIMBINGAN MAHASISWA KKN UNAND NAGARI LOLO, 

SMP  2 PANTAI CERMIN BERHASIL MERAIH 3 PENGHARGAAN 

PADA LOMBA GERAK JALAN SEKECAMATAN PANTAI CERMIN



Penulis:

Rima Oktavi Yenti, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas.

Dr. Zozy Aneloi Noli - Universitas Andalas


Dalam rangka memperingati HUT RI ke-77, kecamatan Pantai Cermin, kabupaten Solok mengadakan lomba gerak jalan yang dapat diikuti oleh seluruh sekolah yang ada di kecamatan Pantai Cermin baik tingkat SD, SMP, dan SMA. Selain tingkat sekolah juga terdapat berbagai kelompok yang ikut serta, seperti kelompok senam ibu-ibu, kader, dan guru pun tidak mau ketinggalan. Lomba ini selalu diadakan setiap tahun dan dilaksanakan dua hari sebelum 17 Agustus. Lomba gerak jalan merupakan kegiatan berjalan dengan serentak yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam mencapai garis finis. Namun, ada yang berbeda dari persiapan lomba gerak jalan SMP 2 Pantai Cermin kali ini. Dalam proses latihan, SMP 2 Pantai Cermin didampingi oleh mahasiswa KKN yang berasal dari Universitas Andalas tahun 2022.

Mahasiswa KKN Universitas Andalas melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di nagari Lolo sejak tanggal 25 Juli dan akan berakhir pada tanggal 27 Agustus. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa pada suatu daerah tertentu dan memiliki berbagai program kerja. Universitas akan mengirimkan beberapa orang dengan jurusan yang berbeda dalam sebuah kelompok KKN. Mahasiswa KKN yang dikirim oleh Unand di nagari Lolo berjumlah 26 orang dengan 21 jurusan yang berbeda. Pada masa pandemi Covid-19, KKN tetap dilaksanakan, tapi dilakukan pada domisili masing-masing mahasiswa. Jadi, pada masa pandemi Covid-19 mahasiswa KKN tidak merasakan ber-KKN dengan lingkungan baru dan suasana baru karena mereka KKN di wilayah yang biasa mereka tinggali sehari-hari. Tahun 2022 merupakan tahun pertama setelah masa pandemi Covid-19 KKN kembali dilaksanakan dengan lokasi yang berbeda dari domisili mahasiswa. Hal ini meningkatkan semangat mahasiswa karena dapat merasakan hidup bekerjasama dengan teman baru di lingkungan baru.

Mahasiswa KKN memiliki program kerja masing-masing yang sesuai dengan bidang keahlian dari jurusannya. Di samping program kerja yang sesuai bidang keahlian jurusan tersebut, mahasiswa KKN juga memiliki program kerja tambahan, salah satu dari program kerja tambahan mahasiswa KKN Unand nagari Lolo yaitu membantu membimbing adik-adik SMP 2 Pantai Cermin dalam proses latihan mengikuti lomba gerak jalan. Persiapan lomba gerak jalan yang dibantu oleh mahasiswa KKN Unand hanya empat hari sebelum lomba diadakan. Akan tetapi, dengan waktu yang sesingkat itu mahasiswa KKN Unand mampu memaksimalkan latihan dan berhasil menghantarkan SMP 2 Pantai Cermin pada tiga penghargaan dari empat kelompok yang dikirim untuk mengikuti lomba gerak jalan.

Dengan singkatnya hari persiapan dan kurangnya keahlian PBB dari siswa SMP 2 Pantai Cermin menjadi sebuah tantangan bagi mahasiswa KKN dalam proses latihan lomba gerak jalan ini. Latihan lomba gerak jalan dilakukan setelah siswa SMP 2 Pantai Cermin selesai melaksanakan kegiatan belajar di sekolah dan latihan hingga waktu Ashar. Latihan rutin dilatih oleh Aliffani Cisadika, Chusnul Aurellia, Nadia Azzahra, Rijalu Ihsan, Qurrata A’yun dan dibantu oleh mahasiswa KKN Unand nagari Lolo lainnya. Kelima mahasiswa tersebut memiliki pengalaman dalam PBB karena tergabung dalam anggota Paskibra saat SMA. 

Penghargaan yang berhasil diraih oleh SMP 2 Pantai Cermin yaitu kategori SMP putri mendapatkan juara dua dan tiga, kemudian kategori SMP putra mendapatkan juara dua. Dengan kemenangan tersebut mampu mengganti rasa lelah dari para siswa, terutama mahasiswa KKN Unand karena dalam proses melatih adik-adik SMP 2 Pantai Cermin dilakukan dalam waktu yang bersamaan dengan jalannya program kerja masing-masing.



Penulis:

Rima Oktavi Yenti, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas.

Dr. Zozy Aneloi Noli - Universitas Andalas

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS