Ticker

6/recent/ticker-posts

APA KATA AL-QUR'AN DAN AL-HADITS TENTANG RIZQI


Prof.Dr.H.Asasriwarni MH Guru Besar UIN IB/Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar dan Anggota Dewan Pertimbangan MUI Pusat

*_A. Pandangan Al-Qur'an Tentang Rizqi :_*


Rizqi  menurut Alquran adalah ‘Aṭa’ yang berarti pemberian. Dalam Alquran, istilah ‘rizq’ disebut sebanyak 112 kali dalam 41 surat, dan 92 ayat.


Rizqi adalah salah satu perkara yang menjadi rahasia Allah SWT, sama dengan umur, jodoh, dan kematian. Ayat Alqur'an tentang rizqi memiliki pembahasan yang beragam.


Berikut ini beberapa ayat Al-Qur'an tentang rizqi yang bisa dijadikan kajian untuk umat Islam :


*1. Ayat Al-Qur'an Tentang Rizqi dan Menyekutukan Allah SWT :*


اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ ثُمَّ رَزَقَكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ ۖ هَلْ مِنْ شُرَكَائِكُمْ مَنْ يَفْعَلُ مِنْ ذَٰلِكُمْ مِنْ شَيْءٍ ۚ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَىٰ عَمَّا يُشْرِكُونَ


Allahullazi khalaqakum summa razaqakum summa yumitukum summa yuḥyikum, hal min syuraka `ikum may yaf'alu min zalikum min syai, sub-hanahu wa ta'ala  'amma yusyrikun


*Allah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rizqi, kemudian mematikanmu, lalu menghidupkanmu (kembali)*


*Adakah di antara mereka yang kamu sekutukan dengan Allah itu ada yang mampu berbuat sesuatu yang demikian itu ? Mahasuci Dia dan Maha tinggi dari apa yang mereka persekutukan* (QS   Ar-Rum Ayat : 40)


*2. Ayat Al-Qur'an Tentang Rizqi Di Lauhul Mahfuz :*


وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ


Wa ma min dabbatin fil-ardi illa 'alallahi rizquha wa ya'lamu mustaqarraha wa mustauda'aha, kullun fi kitabim mubin)


*Dan tidak ada satupun makhluk bergerak (bernyawa) di muka bumi melainkan semuanya telah dijamin rizqinya oleh Allah*


*Dia mengetahui tempat kediaman dan tempat penyimpanannya. Semua itu (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)*  (QS.  Hud Ayat : 6)


*3. Ayat Al-Qur'an Tentang Rizqi Di Bumi :*


هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِنْ رِزْقِهِ ۖ وَإِلَيْهِ النُّشُورُ


Huwallazi ja'ala lakumul-arḍa zalụlan famsyu fi manakibiha wa kulu mir rizqih, wa ilaihin-nusyur


*Dialah yang menjadikan untuk kamu Bumi yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rizqi-Nya. Dan hanya kepada-Nya lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan* (QS. Al-Mulk Ayat : 15)


*4. Ayat Al-Qur'an Tentang Rizqi Dan Batasnya :*


قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَقْدِرُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ


Qul inna rabbi yabsutur-rizqa limay yasya`u wa yaqdiru wa lakinna aksaran-nasi la ya'lamun


*Katakanlah, ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rizqi bagi siapa yang Dia kehendaki dan membatasinya (bagi siapa yang Dia kehendaki), akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui*  (QS. Saba Ayat : 36)


*5. Ayat Al-Qur'an Tentang Rizqi Setiap Makhluk :*


وَكَأَيِّنْ مِنْ دَابَّةٍ لَا تَحْمِلُ رِزْقَهَا اللَّهُ يَرْزُقُهَا وَإِيَّاكُمْ ۚ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ


Wa ka`ayyim min dabbatil la tahmilu rizqahallahu yarzuquha wa iyyakum wa huwas-sami'ul-'alim


*Dan berapa banyak makhluk bergerak yang bernyawa yang tidak mampu membawa (mengurus) rizqinya sendiri. Allah-lah yang memberi rizqi kepadanya dan juga kepadamu. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui* (QS. Al-Ankabut Ayat : 60)


*_B. Pandangan Al-Hadits Tentang Rizqi :_*


Selain adanya ayat Al-Qur'an tentang rizqi, terdapat pula hadith yang menerangkan tentang hal tersebut. Beberapa hadits di antaranya yakni :


*1. Hadits Tentang Ruzqi Yang Halal :*


لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لَا يُبَالِي الْمَرْءُ بِمَا أَخَذَ الْمَالَ أَمِنْ حَلَالٍ أَمْ مِنْ حَرَامٍ


*Akan datang suatu masa pada umat manusia, mereka tidak lagi peduli dengan cara untuk mendapatkan harta, apakah melalui cara yang halal ataukah dengan cara yang haram*  (HR.  Bukhari)


إِنَّهُ لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ لَحْمٌ نَبَتَ مِنْ سُحْتٍ النَّارُ أَوْلَى بِهِ


*_SESUNGGUHNYA TIDAK AKAN MASUK SURGA DAGING YANG TUMBUH DARI HARTA YANG HARAM,  NERAKA LEBIH PANTAS UNTUKNYA_*  (HR Ahmad dan Ad Darimi)


*2. Hadits Tentang Rizqi Yang Berkah :*


يَا حَكِيمُ إِنَّ هَذَا الْمَالَ خَضِرَةٌ حُلْوَةٌ ، فَمَنْ أَخَذَهُ بِسَخَاوَةِ نَفْسٍ بُورِكَ لَهُ فِيهِ ، وَمَنْ أَخَذَهُ بِإِشْرَافِ نَفْسٍ لَمْ يُبَارَكْ لَهُ فِيهِ كَالَّذِى يَأْكُلُ وَلاَ يَشْبَعُ ، الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى


*Wahai Hakim, sesungguhnya harta itu hijau lagi manis. Barangsiapa yang mencarinya untuk kedermawanan dirinya _(TIDAK TAMAK DAN TIDAK MENGEMIS)_, maka harta itu akan memberkahinya*


*Namun barangsiapa yang mencarinya untuk keserakahan, maka harta itu tidak akan memberkahinya, seperti orang yang makan namun tidak kenyang. Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah* (HR.  Bukhari)


*3. Hadits Tentang Rizqi Yang Tidak  Akan Tertukar :*


كَتَبَ اللَّهُ مَقَادِيرَ الْخَلاَئِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ


*Allah telah mencatat takdir setiap makhluk sebelum 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi*  (HR.  Muslim)


*4. Hadits Tentang Rizqi, Jodoh, dan Ajal :*


نَفَثَ رُوحُ الْقُدُسِ فِي رَوْعِي أَنَّ نفْسًا لَنْ تَخْرُجَ مِنَ الدُّنْيَا حَتَّى تَسْتَكْمِلَ أَجَلَهَا، وَتَسْتَوْعِبَ رِزْقَهَا، فَأَجْمِلُوا فِي الطَّلَبِ، وَلا يَحْمِلَنَّكُمِ اسْتِبْطَاءُ الرِّزْقِ أَنْ تَطْلُبُوهُ بِمَعْصِيَةِ اللَّهِ، فَإِنَّ اللَّهَ لا يُنَالُ مَا عِنْدَهُ إِلا بِطَاعَتِهِ”.


*Ruh Kudus (Malaikat Jibril) membisikkan di dadaku bahwa ‘tidaklah suatu jiwa meninggal dunia sampai disempurnakan baginya ajal dan dipenuhi rizqinya. Oleh karenanya perbaguslah di dalam mencari rizqi*


*Janganlah ia merasa lambatnya rizqi, menyebabkan ia mencari rizqi tersebut dengan bermaksiat kepada Allah, karena sesungguhnya _ALLAH TIDAK AKAN DAPAT DICAPAI KECUALI DENGAN MENTAATI-NYA_*  (HR.  Thabrani)


Itulah penjelasan mengenai ayat Al-Qur'an   tentang rizqi beserta Al-Hadits yang akan dapat menguatkan  keimanan kita kepada Allah SWT.


Semoga remungan pagi ini bermanfaat dan berkah, aamiin YRA

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS