Ticker

6/recent/ticker-posts

Ajak Siswa Meningkatkan Minat Belajar



Mahasiswa KKN PPM UNAND Mengadakan Cerdas Cermat bagi Siswa-siswi SDN 011 Silokek Kecamatan Sijunjung


Widi Ardhi Wibowo, Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum Universitas Andalas

Cerdas cermat merupakan teknik pembelajaran melalui perlombaan untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa. Dengan teknik ini, siswa dapat mengukur kemampuan yang dimilikinya dengan menjawab pertanyaan secara cepat dan tepat. Hal ini sejalan dengan pendapat Budiana (2013:6) yang mengemukakan bahwa teknik cerdas cermat dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpendapat siswa dikarenakan teknik ini dapat menggali kemampuan berpikir siswa melalui pertanyaan yang dilontarkan dengan memberikan jawaban secara cepat dan tepat. 

Cerdas cermat ini juga dilakukan untuk memotivasi semangat belajar siswa-siswi SDN 011 Silokek. Di Silokek terdapat dua kelas 6 yaitu kelas 6a dan 6b. minimnya jumlah siswa tidak mengurangi rasa kompetitif, Rasa kompetitif dan tak mau kalah yang tinggi membuat siswa-siswi benar-benar mempersiapkan diri dalam cerdas cermat ini. Dalam mempersiapkan diri mengikuti cerdas cermat para murid belajar dari kisi- kisi yang diberikan sehari sebelumnya oleh panitia cerdas cermat. Perasaan itulah yang ingin ditanamkan pada karakter siswa-siswi anak SDN 011 Silokek. Karena pada dasarnya Target keberhasilan cerdas cermat ini yaitu siswa-siswi SDN 011 Silokek memiliki semangat belajar yang tinggi dan terus terpacu untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. 

Cerdas cermat ini merupakan puncak program kerja yang telah Mahasiswa KKN PPM UNAND lakukan di SDN 011 Silokek kecamatan sijunjung kabupaten sijunjung, mahasiswa KKN PPM UNAND 2022 mengadakan lomba cerdas cermat ini sebagai media untuk menguji kemampuan siswa-siswi atas semua sosialisasi yang sudah dilakukan di SDN 011 Silokek. 

sebelumnya dari kelompok KKN PPM UNAND 2022 sudah melakukan sosialisasi dan bimbel untuk siswa-siswi SDN 011 Silokek, untuk mengetahui pemahaman siswa-siswi tersebut atas semua program kerja yang telah kami lakukan, itulah yang menjadi alasan dan tujuan dari lomba cerdas cermat ini, karena banyak soal yang diambil dari sosialisasi dan bimbel yang sudah dijalankan di SDN 011 Silokek selama mengabdi di Silokek. 

Maka diharapkan tujuan dari cerdas cermat ini tepat sasaran dan dapat membentuk karakter dari tiap siswa-siswi SDN 011 Silokek.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS