Ticker

6/recent/ticker-posts

Tim LP2M UNP Latih dan Bina UKM Permata Ibu Padang Panjang Yang Berorientasi Mutu

 


Rabu, 13 Juli 2022.

Padang Panjang - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Padang (LP2M-UNP) yang diketuai oleh Thamrin, M.M bersama anggota Mike Triani, MM dan Hijriyan Tomi,  Suyuthie, MM, serta disupport oleh tim mahasiswa sebanyak 2 orang yang terlibat secara aktif dalam kegiatan tersebut. 



Kegiatan LP2M UNP ini dilaksanakan di UKM Susu Sapi Permata Ibu salah satu KUBE  di Kota Padang Panjang dengan sasarannya anggota KUBE  sebanyak 27 usaha sapi perah dan juga dihadiri oleh aparatur pemerintahan nagari/kelurahan, badan permusyawaran nagari, dan juga pendamping program pembangunan nagari.


Dalam sambutannya Thamrin, MM mengatakan, “Salah satu pilar perguruan tinggi adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat, UNP sebagai institusi pendidikan tinggi juga memiliki kewajiban untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat terutama dalam memperkuat kelembagaan UMKM ditengah masyarakat. 


Kegiatan ini kami lakukan karene didorong oleh fakta lapangan bahwa produktifitas susu sapi masih rendah sementara pasarnya sangat besar, kemudian penanganan mutu produk masih rendah sehingga menganggu alur produksi kepada konsumen. Dari permasalahan tersebut tim melakukan Pelatihan Penanganan mutu pada produksi susu sapi. Dengan pelatihan ini diharapkan proses produksi berjalan dengan baik dan mutunya terjamin, permintaan pasar juga terpenuhi dengan baik. 


Kegiatan pengabdian LP2M UNP ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari pihak, hal ini terlihat dari antusiasnya peserta. Dalam sambutannya Ketua Kelompok Usaha Permata Ibu Ridwansyah, SE  mengatakan, “Kami sangat menyadari betapa pentingnya pengetahuan dan keterampilan tentang budaya mutu yang harus dimiliki oleh setiap anggota kelompok usaha bersama, kami juga menyadari betapa lemahnya kontrol mutu dan budaya mutu yang kami miliki, sementara permintaan konsumen atas produk yang berkualitas sangat tinggi. Dengan adanya program pengabdian dari LP2M UNP ini seolah-olah kami mendapatkan ‘harta’ yang sangat besar yang akan kami miliki, tentu harga pengetahuan dan keterampilan yang akan kami miliki. Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Tim Pengabdi LP2M UNP. 


Semoga tahun depan pihak UNP tetap menurunkan Tim Pengabdinya untuk masyarakat kami ini”.


Dalam kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari (Rabu, 13 Juli 2022) tersebut diisi oleh tiga orang pemateri yaitu Thamrin, MM menyampaikan materi tentang Budaya Mutu dalam Proses Produksi Sapi Perah, kemudian dilanjutkan oleh pemateri kedua Prof. Dr. Anni Farida tentang 


Bagaimana Mempertahankan Kandungan Gizi dalam Proses produksi Sapi Perah, dilanjutkan oleh pemateri ketiga tentang Digitalisasi Pemasaran Produk Susu sapi Perah Dalam Memperluas Pasar yang disampaikan oleh Arief Maulana, SE, MM. 

Setiap penyampaian materi oleh narasumber selalu diikuti dengan diskusi mendalam dengan anggota kelompok usaha bersama Permata Ibu, pendamping kelompok usaha, tokoh masyarakat, dan aparatur pemerintahan nagari. 

 



Pewarta: TH

Editor.  : Falsanar

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS