Ticker

6/recent/ticker-posts

OBJEK WISATA PEMANDIAN LUBUK MINTURUN



Muthia Calista, Universitas Andalas



Lubuk Minturun adalah salah satu nama daerah yang ada di Kota Padang, Sumatera Barat. Dari beberapa daerah sumatera barat yang memiliki beragam tempat wisata yang harus dikunjungi, salah satunya adalah Lubuk Minturun, yang tak kalah indah dan bagusnya dengan tempat wisata lain. Tempat pemandian Lubuk Minturun berupa sebuah lubuk yang berada di Lubuk Minturun yang merupakan bagian dari Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, disalah satu titik aliran air sungai Batang Kandis. Pemandian ini sudah terbentuk secara alami dan berumur sudah cukup tua.  Menurut cerita-cerita orang terdahulu tempat ini adalah tempat mandi nona-nona Belanda pada tempo dulu. Dikuatkan oleh sebuah monumen atau prasasti yang juga sudah cukup berumur di sisi pemandian berukir kata-kata : Diboeka 8-4-1883 dan pada baris kedua dan baris ketiga : penghoeloe, dan terakhir terukir kata Achin.


Area di sekitar lokasi terasa sejuk karena kerindangan dari pohon-pohon yang ada di lingkungannya masih sangat asri dan rimbun. Tempat ini menyuguhkan jalan dengan sisinya dibatasi dinding tanah yang menopang jalan beraspal menuju ke tempat pemandian ini. Sehingga ketika melewatinya, keindahan objek wisata ini sudah bisa dinikmati dari atas. Bagian dinding tanah yang membatasi bagian terdalam tempat pemandian ini sengaja dibentuk sedemikian rupa untuk bisa dinaiki dan kemudian terjun ke air. Disarankan jangan dicoba oleh yang tidak bisa berenang atau anak-anak karena selain lumayan tinggi, air di area tempat terjunnya juga sangat dalam. Tetapi pada sisi yang berseberangan atau di pinggir-pinggir pemandian, kedalaman air cukup dangkal.


Tidak hanya menyediakan tempat pemandiannya saja, tetapi di sini tidak perlu khawatir bila pengunjung tidak membawa kelengkapan bermain air, banyak penduduk setempat yang bisa dikatakan ikut menjaga dan melastarikan tempat ini akan menyediakan kelengkapan bermain seperti pelampung, mulai dari yang tradisional (benen bekas) hingga yang memadai. Tentunya juga tempat ini menyuguhkan pedagang yang akan menjual jajanan ringan seperti gorengan, kue-kue, minuman botol, kopi dan sebagainya serta warung tradisional yang mana ini bisa dimanfaatkan untuk bersantai sejenak atau menikmati makanan dan minuman yang tersedia.


Hal penting yang akan selalu ada pada setiap tempat wisata pemandian yaitu toilet, toilet sangat dibutuhkan oleh para pengunjung untuk berganti pakaian maupun membersihkan badan, maka dari itu Lubuk Minturun juga menyediakan beberapa fasilitas toilet yang memadai untuk para pengunjung wisata ini. Ini merupakan sesuatu yang sudah seharusnya, jika tidak ada fasilitas toilet pada tempat wisata pemandian, pengunjung enggan untuk datang kembali karena kurang puas dengan wisata pemandian Lubuk Minturun, ini juga dapat menurunkan kualitas wisata dan kepercayaan wisatawan. Untuk itu, pemandian Lubuk Minturun akan selalu memperhatikan hal-hal mulai dari hal kecil, maupun hal yang sangat penting.


Ada pun salah satu faktor yang membuat pengunjung menyukai objek wisata ini adalah biaya masuk dan parkir kendaraannya yang sangat ekonomis sehingga terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. Selain tentunya juga karena kenyamanan serta keindahan alamnya, pemandian Lubuk Minturun hingga sekarang masih menjadi tempat favorit bagi masyarakat kota Padang dan juga pengunjung dari luar sebagai tujuan merayakan Balimau.


Balimau adalah tradisi masyarakat kota Padang, yaitu dimana orang akan beramai-ramai mandi dengan aliran air sungai menyambut masuknya bulan Ramadhan. Tradisi atau kebiasaan ini sudah berlangsung lama turun temurun. Meski lokasi Pemandian Lubuk Minturun tidak berada disekitar pusat Kota Padang, tapi jarak tempuh dengan kendaraan pribadi, taksi, atau angkutan kota hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Khusus pengguna angkutan kota, harus menyambung perjalanan dengan ojek karena area pemandian berjarak beberapa ratus meter dari gerbang masuknya. Sepanjang perjalanan, tepatnya setelah memasuki daerah Lubuk Minturun, mata akan dimanjakan oleh ke asrian pohon-pohon. Masyarakat setempat memanfaatkan tempat strategis ini dengan menanam bunga-bunga, maka tidak kaget bila memasuki Lubuk Minturun, mata akan dimanjakan oleh keindahan bunga-bunga yang siap dijual. Selain banyaknya bunga ditepi-tepi jalan yang dijual, juga cukup banyak tersedia tempat-tempat makan atau rumah makan yang walau bangunannya terlihat sederhana tapi masakannya terasa sangat lezat dan murah. Sementara akses transportasi ke Lubuk Minturun dapat dengan mudah dilalui oleh kendaraan roda 4 maupun roda 2, untuk itu sangat mudah diakses oleh wisatawan, dan ini termasuk alasan dimana wisawatan menyukai tempat wisata pemandian Lubuk Minturun karena sangat mudah diakses.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS