Ticker

6/recent/ticker-posts

Seorang mamak di tanah minang

 


Oleh aditya janta anugrah mahasisa sastra minangkabau unand

Minangkabau adalah nagari yang tersistem dan terpola dengan adat istiadat dan budayanya. Hal itu nampak jelas dengan adanya konsep pemetaan peran seseorang yang tersusun secara rapi dalam masyarakat, seperti halnya seorang mamak. Menurut adat Minangkabau, mamak secara umum adalah paman atau saudara laki dari ibu, kakak atau adiknya.

Selain itu Minangkabau juga mengenal mamak secara khusus yang mengepalai suku yang biasa disebut dengan ninik mamak. Setiap masyarakat dikelompokkan menurut sukunya masing-masing dan setiap suku itu dipimpin oleh seorang ninik mamak atau yang lebih dikenal dengan datuak atau penghulu.

Di dalam adat istiadat Minangkabau ada beberapa peran seorang mamak. Mamak berperan dalam mendidik, membimbing dalam hal pewarisan peran, mengawasi pendidikan, serta tempat bertanya apapun oleh kemenakan. Mamak juga berperan dalam mengelola harta pusaka, memelihara, mengawasi, memanfaatkan mengembangkan dan mempertahankan supaya harta adat tetap berfungsi dan mamak juga harus menjaga kaumnya termasuk kemenakannya.

Mamak sangat berperan penting bagi kemenakan khususnya kemenakan perempuan untuk mencarikan jodoh. Semua yang terjadi terhadap kemenakannya, maka mamak lah yang akan bertanggung jawab dan mengatasi semuanya.

Seperti ungkapan berikut ini:

Kaluak paku kacang balimbiang

Daun bakuang lenggang-lenggangkan

Anak dipangku kamanakan di bimbiang

Urang kampung dipatenggangkan.

Dulu, tugas seorang mamak sangat berperan penting dalam segala hal seperti berkewajiban dalam adat istiadat, agama, kesenian dan prilaku sehari-hari. Jika kemenakan melakukan kesalahan, maka mamak akan ikut malu.

Namun, pada saat sekarang ini pergeseran peran seorang mamak telah tergantikan seiring perkembangan zaman. Dulu, kewajiban seorang mamak mendidik kemenakannya tapi sekarang semuanya diambil alih oleh lembaga sosial sebagai lembaga pendidikan formal.

Mamak mengatur dan mengawasi pemanfaatan harta pusaka, tetapi kini tidak lagi berjalan dengan baik, karena banyaknya harta pusaka yang tergadai bahkan dijual. Dulu mamak lebih mementingkan kemenakannya dan mengutamakan sukunya tapi kini semuanya telah diatur oleh keluarganya masing-masing.

J. V. Maretin mengatakan dalam bukunya Idham Chalid, dari hasil penelitiannya bahwa berkesimpulan lambat laun sistem sosial masyarakat Minangkabau akan berangsur-angsur pudar. Adat istiadat Minangkabau tradisional sekarang sudah mulai tidak dijalankan lagi oleh masyarakat itu sendiri.

Dulu hubungan mamak dan kemenakan sebagai pemimpin dan orang yang dipimpin seperti falsafah adat Minangkabau:

Kamanakan baraja ka mamak

Mamak baraja ka pangulu

Pangulu baraja ka mufakat

Mufakat baraja ka nan bana

Bana badiri sandirinyo

Bana manuruik alua jo patuik

Manuruik patuik jo mungkin.

Tapi pada saat sekarang itu tidak lagi berguna, bahwa peran mamak hanya berlaku pada saat waktu yang penting saja. Sangat disayangkan saat sekarang ini, bahwa seorang kemenakan tidak lagi tahu akan mamaknya begitu juga mamaknya tidak terlalu mengenal kemenakannya.

Hubungan mamak saat dulu dan sekarang sangat berbeda sekali. Dulu seorang mamak sangat disegani. Bahkan ada filosofi Minangkabau yang menyebutkan, didahulukan selangkah, ditinggikan seranting. Artinya bahwa seorang pemimpin hanya didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting.

Maksud dari filosofi tersebut bukan hanya dihargai sekedar saja, tapi maknanya begitu dalam, filosofi itu hanya mengibaratkan, bahwa seorang mamak pemimpin dikaumnya itu sangat berperan penting untuk kemajuan sukunya. Akan tetapi mamak tidak terlalu dihargai bahkan hanya sebatas mamak yang mengatur sebuah persoalan saja pada saat sekarang.

Bukan cuma peran mamak saja yang bergesar, akan tetapi sifat seorang mamak juga mulai pudar. Dulu seorang mamak di kaumnya ibaratkan kayu besar tengah padang, tempat berteduh kehujanan, tempat berlindung kepanasan, bahwa tempat bersandar.

Sifat seorang mamak pada saat dulu sangat baik, sabar, lurus dan benar, pengasih dan penyayang, serta mempunyai ilmu yang cukup sempurna untuk diajarkan kepada kemenakannya. Akan tetapi mamak pada saat sekarang hanya bertugas menjalankan peran saja sebagai seorang mamak, makna menjadi seorang mamak tidak lagi didapatkan pada saat sekarang.

Biriak-biriak turun ka samak

Tibo di saamak makan padi

Dari niniak turun ka mamak

Dari mamak turun ka kami

Maksud ungkapan di ateh adolah sako dan pusako nan didapat dari ninik diturunkan ka mamak dan diturunkan lai untuak kemenakan. Sako dan pusako marupoan warisan turun temurun manuruik garih keturunan ibu atau manuruik kekerabatan bertali darah.

Oleh dek itu, mamak dan kemenakan sama-sama mamiliki hak dan kewajiban. Mamak sabagai urang nan dituakan dan manjadi pamimpin indak buliah sewenang-wenang, harus manuruik alur dan patut, sesuai hokum dan ketentuan nan berlaku di Minangkabau.

Kemenakan juo mamiliki tanggung jawek tahadok mamaknya. Andaikan mamaknya berhutang, kemenakan nan akan membayarnya. Sehingga beban mamak agak berkurang dan akan tapaliharo hubuangan nan harmonis antaro mamak dan kemenakan.

Mamak berperan dalam membimbing kemenakan, memelihara dan mangambangkan harta pusaka sarato mawakili kaluargo dalam urusan keluar.

Membimbing kemenakan adolah kewajiban mamak. Saroman ungkapan barikuik ini:

Kaluak paku kacang balimbiang

Daun bakuang lenggang-lenggangkan

Anak dipangku kamanakan dibimbiang

Urang kampuang dipatenggangkan

Mamak berkewajiban dalam membimbing kemenakan dalam bidang adat, bidang agama, dan bidang perilaku sehari-hari. Kalau kemenakan malakuan kesalahan, mamak akan ikuik malu. Masyarakat akan berkata begini, kamanakan sia tu, atau sia mamaknyo.

Peranan mamak nan lain adolah memelihara dan mangambangkan harta pusako. Harta pusaka itu dipelihara supaya jangan habis, indak buliah dijual, atau digadaikan. Mamak hanyo memelihara saja, sadangkan pemiliknya adolah ibu ( bundo kanduang ).

Peranan mamak nan katigo adolah mawakili kaluargo dalam urusan keluar. Urusan itu dapek tajadi dalam hal-hal nan baik atau kurang baik. Mamak akan batindak ateh namo kaluargo dan mawakili kaluargo dan juo akan batindak ateh namo kaluargo untuak panyalasaian sabauh sabauh masalah.

Kemenakan laki-laki dan kemenakan padusi sama-sama dibutuhkan dalam kaluargo Minangkabau. Peranan keduanya di dalam kaluargo berbeda-beda.

Kemenakan laki-laki mamiliki paran antaro lain kader pamimpin ( mamak ) dalam kaluargo dan Membantu mamak dalam urusan-urusan keluarga. Kemenakan padusi mamiliki paran antaro lain, calon ibu (bundo kanduang ), calon panguaso harta pusaka, pelanjut ganerasi, Penghuni rumah gadang.

Ruang lingkup kepemimpinan Mamak sangaik bagantuang pado tanggung jawabnya. Jika inyo sabagai mamak pangulu, kaumlah nan dipimpinnya. Jika inyo sabagai mamak tungganai, tungganai nan tadiri ateh babarapo kaluargo nan dipimpinnya. Jika sabagai mamak rumah, satu rumahlahlah nan dipimpinnya.

Mamak saat sekarang tidak lagi mencerminkan seorang mamak pada saat dulu, ada beberapa mamak yang berperangai buruk, kisad dan dengki, jauh dari kata baik bahkan mentelantarkan kemenakannya begitu saja, hanya memikirkan kelurganya sendiri dan tidak memperdulikan kaum dari sukunya. Ada juga mamak yang tidak tahu akan perannya, seharusnya sebagai seorang mamak menjaga semuanya agar tetap berjalan dinorma yang telah berlaku akan tetapi kini mamak tidak lagi memperdulikan itu semua.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS