Ticker

6/recent/ticker-posts

Potensi Periwisata di Minangkabau Untuk menunjang Kehidupan Masyarakat

Foto dok

Oleh :Ardimal, Mahasiswa Universitas Andalas


Pariwisata di Indonesia tetap bertumbuh walaupun pertumbuhan perekonomian global terpuruk hal tersebut sektor pariwisata harusnya mendapatkan perhatian dan dikelola agar dapat terus menyumbang bagi pendapatan bagi daerah.Pembangunan pariwisata memiliki arti yang sangat penting ditinjau dari berbagai aspek. Dari sisi ekonomi pariwisata, dalam beberapa tahun terakhir sektor pariwisata memberikan kontribusi terhadap perekonomian masayarakat. 


Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) sangat kaya akan potensi wisata, berupa keindahan alam dan budaya. Masyarakat Sumbar juga terkenal dengan keramahan dan budaya ketimuran yang melekat dapat menjadi andalan dalam mendukung sektor pariwisata. Sumatera Barat menjadi salah satu 10 provinsi yang menjadi tujuan utama wisatawan. Sumatera Barat berada di bagian barat tengah pulau Sumatera, yang memiliki dataran rendah di pantai barat, serta dataran tinggi vulkanik yang dibentuk oleh Bukit Barisan yang membentang dari barat laut ke tenggara. Sumatera Barat merupakan tempat yang tepat untuk berpetualang hingga ke daerah pedalaman, mulai dari alam bebas, satwa liar, pulau, pantai, hingga hutan hujan tropis. Oleh sebab itu Sumatera Barat menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang kaya dengan sumber keanekaragaman hayati dan keindahan alam. 


Berbicara soal pariwisata, sebagai provinsi yang berada di sisi barat Pulau Sumatera, Sumatera Barat memiliki paket lengkap mulai dari pantai, laut, pulau, danau, bukit, lembah, pegunungan, kuliner hingga kekayaan adat istiadat. Keindahan alam bumi Ranah Minang nan elok bukan gembar-gembor semata, karena mengacu pada penelitian Pusat Kajian Sosial Budaya dan Ekonomi (PKSBE) Universitas Negeri Padang, ternyata sebagian besar wisatawan yang berkunjung mengakui daerah ini memiliki daya tarik berupa alam yang indah. Akan tetapi untuk bisa menjadikan pariwisata sebagai sumber ekonomi baru dibutuhkan sejumlah upaya agar angka kunjungan wisatawan terus meningkatkan dan mengoptimalkan daya tarik objek wisata.Salah satu upaya yang dilakukan adalah mematangkan rencana pengembangan pariwisata agar jelas seperti apa target yang hendak dicapai. Oleh sebab itu perlunya rancangan dan penyususnan konsep sangat berperan penting dalam pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. 


Jika pengembangan dan perencanaan konsep telah berjalan secara maksimal maka hal ini sangat berpengaruh besar terhadap perekonomian masyarakat maka hal ini juga dapat mengurangi kemiskinan di sumatera barat. Petensi besar pariwisata yang ada di sumatera barat sangat besar bagi kehidupan masyarakat, dimana banyaknya objek wisata yang ada saat ini berperan penting untuk menunjang kehidupan masyarakat. 


Dalam pengembangan konsep pariwisata harus mengunakan manajemen pariwisata sehingga segala hal yang berkaitan dengan itu dapat terstruktur dengan baik yang dapat menguntungkan masyarakat. Pentingnya manajemen dalam kepariwisataan membuat segala aspek perekonomian akan meningkat dengan pesat dengan hal itu pembangunan dalam jangka waktu yang berkepanjangan mudah untuk dilakukan karena tidak adanya kendala. Dengan pesatnya pembangunan di area objek wisata maka akses para wisatawan akan semakin mudah yang membuat tempat tersebut semakin ramai pengunjung. Semakin ramainya pengunjung di daerah tersebut maka perekonomian akan semakin membaik. 


Di sumatera barat atau minangkabau keberagaman pariwisata tidak hanya keindahan alam saja tetapi juga banyak objek pariwisata lainnya seperti seni pertunjukan. Kesenian Suku Minangkabau mencangkup banyak cabang-cabang seni seperti seni musik, seni tari dan sebagainya. Sebut saja Tari pasambahan, tari piring, silek dan tari randai. Selain itu, yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat adalah bahwa suku minangkabau juga menonjol dalam seni sastra. 


Semua hal yang ada di atas sangat berpotensi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di sumatera barat. Begitu banyaknya objek wisata yang ada jika dikelola dengan baik dan benar maka hal ini akan sangat berguna bagi mayarakat dimana hal tersebut sangat berpotensi untuk menunjang kehidupam dalam jangka waktu yang sangat lama. Pengelolaan dan pembangunan ditempat tempat objek wisata sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas objek wisata tersebut. Keberhasilan dalam sektor pariwisata dihubungkan dengan potensi kawasan wisata itu sendiri, dimana pariwisata mampu mendorong masyarakat lebih aktif terlibat dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan, seperti penghasil utama devisa di daerah masing-masing Untuk lebih memantapkan pertumbuhan sektor pariwisata dalam rangka mendukung pencapaian pembangunan, diperlukan adanya upaya pengembangan produk-produk yang memiliki hubungan dibidang pariwisata. Salah satunya adalah pengembangan fasilitas wisata. Fasilitas wisata merupakan pelayanan pendukung yang dapat dimanfaatkan wisatawan dengan menawarkan mutu dan harga yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan.  Di samping itu lingkungan pariwisata juga membutuhkan keunikan objek wisata dalam elemen berwujud dan tidak berwujud. Kepuasan pengunjung tidak hanya didasarkan oleh atraksi yang mereka lihat, melainkan juga dari fasilitas wisata yang dimiliki obyek wisata tersebut. Kebutuhan wisatawan tidak hanya menikmati keunikan dan keindahan alamnya saja tetapi juga memerlukan kelengkapan fasilitas wisata di daerah tujuan wisata agar memadai seperti akomodasi (tempat hiburan, hotel/penginapan, restoran/tempat makan, dan toko cinderamata), dan lain-lain (musholla, tempat parkir, toilet)


Begitu pentingnya fasilitas di tempat pariwisata membuat segala yang terlibat di dalamnya harus ikut berperan aktif dalam mengembangkan dan membantu untuk mencapai tujuan yang diinginkan sehingga ketika fasilitas sudah diterbangun maka para wisatawan akan puas ketika berada di daerah tersebut dengan begitu tidak tertutup kemungkinan bahwa semakin lama wisatawan yang akan datang akan semakin bertambah. Maka hla ini sangat baik bagi pendapatan masyarakat di daerah tersebut. Dengan begitu mutu kualitas dan taraf hidup masyarakat juga akan meningkat dengan sendirinya sehingga cepat atau lambat masyarakat akan mengalami kemajuan yang sangat baik dan besar.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS