Ticker

6/recent/ticker-posts

PERMAINAN KIM MERIAHKAN PESTA PERNIKAHAN DI PARIAMAN



Ditulis oleh: Haris septia nurman (Mahasiswa jurusan Sastra Daerah Minangkabau, Universitas Andalas) 


Provinsi Sumatera Barat memiliki berbagai macam tradisi tradisi unik. Tradisi tradisi tersebut dapat berupa upacara adat, permainan tradisional, dan sebagainya. Salah satu permainan tradisional yang ada di Sumatera Barat adalah permainan kim.

permainan KIM (Kesenian Irama Minang) merupakan Sebuah permainan atau game khas Minangkabau yang berasal dari Pariaman. Keunikan dari permainan ini yaitu menggabungkan antara hiburan seni musik dengan game berhadiah. Seiring dengan kemajuan zaman, Permainan kim saat ini dikolaborasikan dengan orgen tunggal sehingga permainan ini dapat dibuat dengan semeriah mungkin. 

Biasanya permainan kim diadakan di sebuah acara pesta pernikahan, acara syukuran, acara halal bihalal, dan acara reunian.

Permainan ini mampu mengalihkan perhatian masyarakat terhadap hiruk pikuk orgen tunggal dengan pakaian penyanyi nya yang tidak senonoh yang dapat merusak pikiran dan mental generasi muda dan tentu saja hal hal seperti ini seringkali menimbulkan keributan yang tidak di inginkan oleh masyarakat. Nah dengan diadakan nya permainan kim maka hal hal tersebut dapat diminimalisir karena semua penonton dapat mengikuti permainan ini sampai selesai. 

Lagu lagu yang dimainkan dalam permainan kim juga beragam, mulai dari lagu dendang, gamad, dangdut, bahkan lagu lagu yang bernuansa remix. Sehingga tidak membuat para peserta permainan kim tidak merasa bosan. 

Permainan kim dapat diikuti oleh siapa saja, mulai dari anak anak sampai orang dewasa

Hadiah dari permainan kim pun juga beragam, tergantung yang punya hajatan. Namun kebanyakan hadiahnya yaitu berupa perabotan rumah tangga, baju, celana, alat alat elektronik seperti kipas angin, dispenser, penanak nasi, Jam dinding, dan lain lain. 

Permainan kim tidak hanya diadakan di Sumatera Barat saja, bahkan permainan kim juga sering diadakan oleh para perantau minang yang ada di luar Sumatera Barat. Bila ada acara perkumpulan masyarakat minang, maka permainan kim adalah salah satu bagian/agenda dalam acara tersebut.

Cara bermain KIM

Sebelum permainan kim dimulai para peserta permainan ini akan diberikan kupon dan alat tulis, yang mana setiap kupon tersebut terdiri dari 5 lembar kertas dengan warna yang berbeda beda seperti warna merah, kuning, hijau, biru, dan putih. Nah pada setiap bagian kupon tersebut terdapat angka angka yang terdiri dari angka 1 sampai 90 yang dibuat secara acak dan berbeda beda dengan kupon lainnya. Kupon tersebut disediakan langsung oleh pendendang kim yang kemudian di bagikan oleh pihak tuan rumah atau panitia acara tersebut. 

Pada saat permainan kim berlangsung pendendang kim akan menyanyikan lagu sambil menyebutkan angka angka yang diambil di sebuah kotak yang berbentuk toples secara acak acakan. Kemudian ketika pendendang kim telah menyebutkan sebuah angka maka angka tersebut akan tercantum di papan layar monitor yang terletak di sebelah panggung. Pendendang kim akan mulai menyanyikan lagu lagu dan para peserta harus fokus mendengarkan nyanyian dari pendendang agar tidak ketinggalan angka angka yang telah disebutkan.

Misalnya penyanyi kim mulai menyanyikan lagu seperti berikut:

Di kuncang batu dikuncang

Nan dikuncang sakali lai 

Hati hati dunsanak mamasang

Jikok nyo hanguih rugi lah nanti

Nan bamulo kito merdeka

Lah berjuang sukarno hatta

Nan lah gugur si bunga bangsa 

Iyo di tahun si empat lima 

Maka angka yang keluar adalah angka 45 dan para peserta wajib menandai angka 45 jika angka 45 ada di kupon peserta.

Kemudian misal nya pantun yang kedua nya seperti berikut:

Gunuang marapi gunuang singgalang 

Iyo tasabuik nan paliang tinggi 

Lah kalua angko nan paliang gadang

Nan sambilan puluah tolong ditandoi 

Maka para peserta wajib menandai angka 90 di kupon nya. 

Jika pendendang kim telah menyebutkan angka maka para peserta wajib memberikan tanda pada angka yang terdapat pada kupon. Tanda tersebut boleh berupa lingkaran, tanda silang, ceklis, dan lain lain. Dan begitulah seterusnya sampai permainan kim selesai. 

Konsep permainan KIM

Main sabarih (main satu baris) 

Main sabarih/main satu baris merupakan konsep permainan kim yang dimainkan dengan cara mengisi lima angka yang terdapat pada kupon kertas dan di tandai secara berderet kesamping. Angka tersebut di isi sesuai dengan angka yang telah disebutkan oleh pendendang kim, apabila angka tersebut telah penuh dalam satu baris maka peserta tersebut harus berteriak kepada pendendang sambil berkata dengan suara keras "Ooo disiko, masuak masuak" karena peserta peserta tersebut telah dinyatakan menang. Selanjutnya pemilik kupon tersebut akan bergegas memberikan kupon nya kepada pendendang untuk mencocokkan angka yang ada di kupon dengan angka yang telah pendendang sebutkan. Dan Jika kupon yang telah dimainkan oleh peserta tersebut benar maka peserta tersebut akan mendapatkan sebuah hadiah dari pendendang. 

Main duo barih (main dua baris) 

Konsep main duo barih adalah mengisi 10 angka pada kupon dan angka nya harus berjajar kesamping. Angka tersebut boleh berada pada kolom A, kolom B, dan kolom C, sesuai ketentuan yang telah disepakati oleh pendendang dan peserta. 

Main tigo barih (main tiga baris) 

Untuk konsep main tigo barih mungkin tidak jauh berbeda dengan konsep main duo barih, Jika pada konsep main duo barih mengisi 10 angka maka pada konsep main tigo barih para peserta harus mengisi kupon nya dengan 15 angka.

Main sapanuah kupon (main sepenuh kupon) 

main sapanuah kupon atau main enam baris merupakan konsep permainan kim dengan cara mengisi seluruh angka yang ada di dalam kupon kertas atau mengisi 30 angka yang ada di kupon para peserta. Konsep permainan ini biasa nya dilakukan untuk memperebutkan hadiah yang paling terakhir atau hadiah yang paling besar. 

Permainan diawali dengan konsep main sabarih dan disambung dengan main duo barih dan terakhir main sapanuah kupon. 

Sementara untuk hadiah pada konsep main sapanuah kupon ini hanya disediakan 1 atau 2 hadiah saja. Dan Jika pemenang lebih dari 2 orang maka dilakukanlah undian. Cara nya yaitu para peserta yang menang wajib mengambil 1 angka yang ada di dalam kaleng pendendang, maka di adakan lah undian. Peserta yang dinyatakan menang adalah peserta yang mendapatkan angka yang paling besar dan angka yang paling kecil. 


Kontroversi dalam permainan KIM

Sebagian orang ada yang beranggapan bahwa permainan kim merupakan bagian dari judi.

Namun Apakah itu benar? 

Sebenarnya permainan kim bisa dikatakan judi apabila dalam permainan tersebut terdapat pemungutan biaya, misal nya para peserta harus membeli kupon tersebut dahulu sebelum bermain. 

Namun fakta nya dalam permainan kim sama sekali tidak ada pemungutan biaya apapun alias gratis. Para peserta yang beruntung mendapat hadiah dan para peserta yang kurang beruntung pun tidak pula dirugikan. Tujuan dari permainan kim hanyalah untuk hiburan semata. 

Dapat disimpulkan bahwa permainan kim bukanlah bagian dari perjudian. Permainan kim hanyalah sebuah hiburan yang diadakan oleh pemilik hajatan agar para tamu undangan merasa terhibur ketika berkunjung kerumah yang punya hajatan.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS