Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengembangan wisata pantai pasir jambak



Oleh: Wisnu Anggara

Mahasiswa Sastra Minangkabau Universitas Andalas


Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibukota dari Provinsi Sumatera Barat. jika dilihat berdasarkan potensinya memiliki pulau berpotensial yang didukung oleh keindahan pantai mengelilingi beberapa wilayah pulau sehingga diharapkan menjadi penguat posisioning citra destinasi wisata Kota Padang dimasa mendatang.


Salah satu tempat pariwisata yang ada dikota padang yaitu Pantai Pasir Jambak. Pantai Pasir Jambak salah satu daya tarik wisata alam yang keberadaannya telah cukup lama di Kota Padang. Pantai Pasir Jambak terletak di Kelurahan Pasir Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah. Jarak dari pusat kota (Pasar Raya) ke Pantai Pasir Jambak sekitar 20 KM. Lokasi Pantai Pasir Jambak bisa terjangkau dengan mudah menggunakan kendaraan bermotor. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota. Rute menuju tempat wisata ini sudah bagus, namun jalannya sempit dengan permukaan aspal.


Dilihat dari potensi yang dimiliki Pantai Pasir Jambak adalah keindahannya untuk menikmati pemandangan sunset yang indah disore hari. Pantai yang bersih dengan pasir putih kekuningan dan berlatar belakang pepohonan pinus membuat pemandangan di Pantai Pasir Jambak semakin asri yang berpotensi untuk dikembangkan.


Fasilitas yang ada di Pantai Pasir Jambak sangat lengkap bagi wisatawan untuk melepas lelah di area pantai. Keteduhan pepohonan di sepanjang pantai membuat suasana pantai lebih sejuk dibandingkan pantai lainnya. Di Pantai Pasir Jambak, wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, bermain bola bersama teman di  pasir putih, atau menyewa perahu untuk mengarungi lautan. Selain itu untuk masuk ke Panta Pasir Jambak, wisatawan hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000.


Disamping itu, pemerintah dan masyarakat setempat harus tetap menjaga keindahan serta menjaga fasilitas yang ada. Pemerintah dapat meningkatkan fasilitas yang ada serta dapat membangun fasilitas wisata melalui kerjasama antara Dinas Pariwisata dan Organisasi Masyarakat Setempat. Selain itu pemerintah juga bisa mengalokasikan dana untuk pemeliharaan fasilitas. 


Untuk masyarakat setempat serta para wisatawan diharapkan agar tetap dapat menjaga keindahan dan kelestarian Pantai Pasir Jambak, dengan cara menjaga kebersihan serta tidak merusak fasilitas yang ada. Selain itu masyarakat dan pemerintah juga dapat bekerjasama dalam mempromosikan Pantai Pasir Jambak agar lebih ramai pengunjung serta dapat mengadakan acara ataupun hiburan yang menarik perhatian wisatawan.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS