Ticker

6/recent/ticker-posts

PANTAI TIRAM, WISATA KELUARGA YANG COCOK UNTUK BERAKHIR PEKAN



Penulis: Haris septia nurman (Mahasiswa jurusan Sastra Daerah Minangkabau, Universitas Andalas) 

Jika berbicara tentang wisata pantai, rasa nya kurang lengkap kalau kita tidak membahas tentang Pantai Tiram. Pantai Tiram merupakan sebuah objek wisata pantai yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, tepat nya di pesisir barat Kabupaten Padang Pariaman. Sebuah pantai eksotis dengan luas kawasan sekitar 10,5 hektar dengan lokasi yang strategis mudah dan cepat dijangkau oleh para wisatawan. Pantai ini berada di lokasi yg sangat strategis, yaitu di tengah tengah Antara Kota Padang dengan Kota Pariaman. Pantai ini hanya berjarak 12 kilometer dari Bandara International Minangkabau, sehingga jika ada pesawat yang lepas landas maka sangat jelas terlihat di pantai ini.

Awal nya pantai ini memang belum banyak dikenali oleh orang orang, namun semenjak diadakan nya “Event Tour De Singkarak” pada tahun 2014 lalu, Pantai Tiram mulai dikenal oleh banyak orang. Pada saat pertama kali kita menginjakkan kaki di pantai ini, kita akan Disuguhkan oleh pemandangan pepohonan yg rimbun serta hembusan angin pantai yg menyejukan. Pantai ini memang agak berbeda pada Pantai pada umumnya. Keunikan Pantai ini terletak pada posisi pantai yg terpisah dengan daratan. daratan nya dipisahkan oleh rawa muara, sehingga untuk bisa sampai ke bibir pantai nya maka kita harus berjalan kaki dulu dengan melewati sebuah jembatan yg panjangnya kira kira 30 meter yg terbuat dari anyaman bambu. 

Bukan hanya keindahan alam saja yang dapat kita nikmati di pantai ini, kita juga dapat merasakan kelezatan kuliner khas Minangkabau yang telah tersedia di pantai ini, seperti gulai cumi, gulai udang, ikan bakar, rakik maco, sala lauak, dan lain lain. Namun Kuliner yang paling popular disini ialah gulai kapalo lauak. Pantai ini memang sangat cocok bagi keluarga yang ingin menghabiskan akhir pekan nya untuk bersantai di pantai

Selain keindahan pantai dan kuliner nya yang menggugah selera, di pantai tiram kita juga bisa menikmati keindahan alam yang terdapat di rawa muara nya, atau masyarakat setempat menyebutnya sebagai talao. Kita bisa berswafoto yang di latar belakangi oleh hutan mangrove yang masih asri di talao ini. Selain itu, terdapat juga biota laut dan fauna yang masih terjaga seperti ubur-ubur, burung bangau putih, ikan muara, kepiting dan lain-lain.

 Keasrian Pantai tiram sangat terjaga dan pemerintah juga sudah berupaya untuk mengelola wisata pantai tiram yang sudah dibuka sejak tahun 2007 yang lalu dan baru dilakukan pengembangan dan revitalisasi pada tahun 2014.

Selain “Event Tour De Singkarak”, ada berbagai macam kegiatan dan juga agenda yang telah diadakan oleh pemerintah Kabupaten Padang Pariaman di pantai ini, seperti event olahraga, kegiatan menanam seribu pohon, lomba tari indang dan lagu minang, kegiatan anti narkoba, jalan sehat, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Padang pariaman selalu membenahi fasilitas yang ada di pantai ini agar para wisatawan selalu ramai yang berkunjung ke Pantai tiram.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS