Ticker

6/recent/ticker-posts

Pantai Labuang Baruak



Penulis: Rani Aulia
Mahasiswa Sastra Minangkabau Universitas Andalas"


Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera. Pulau Sumatera yang dikenal sebagai sebuah pulau yang diapit oleh jajaran Bukit Barisan juga dikenal sebagai provinsi dengan wisata alam yang banyak. Salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang memiliki banyak wisata alam yaitu Kabupaten Pesisir Selatan. Dilihat dari namanya, Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Kabupaten yang terkenal dengan wisata pantainya. Kabupaten yang memiliki selogan Negeri Sejuta Pesona ini memiliki sebuah pantai yang bernama Labuang Baruak.

Labuang Baruak merupakan pantai yang terletak di Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan. Jika perjalanan dari Kota Padang membutuhkan waktu sekitar tiga jam untuk sampai ke Pasar Batang Kapas. Kemudian, dari Pasar tersebut masuk kepada persimpangan yang ada disebelah kanan dan menyusuri jalanan selama satu jam. Sampai lah ke Pantai Labuang Baruak. Selain melalui jalur darat, jalur laut juga dapat ditempuh untuk mencapai pantai ini yaitu dengan menggunakan kapal kecil. Untuk memasuki Pantai Labuang Baruak diharuskan membayar lima ribu rupiah. 

Pantai Labuang Baruak memiliki air biru yang sangat bersih dan pasir pantai yang putih. Pantai ini dikelilingi oleh pohon-pohon berwarna kuning keorenan layaknya pohon mapel. Sehingga pantai ini memiliki daya tarik tersendiri. Hal lain yang mendukung keindahan dari Pantai Labuang Baruak ini yaitu adanya aksesoris seperti ayunan yang berada di bibir pantai sehingga saat berayun, jemari kaki dapat disentuh oleh ombak kecil yang menepi. 

Selain itu, Pantai Labuang Baruak dapat menjadi tujuan traveling kamu. Karena di Pantai Labuang Baruak kamu dapat bebas mendirikan tenda, memasak cemilan, membakar kayu bakar, dan lain-lain. Meski letak pantai ini tersembunyi dan memerlukan usaha yang lebih untuk mendatanginya, keindahan Pantai Labuang Baruak dapat membayar tuntas lelah usaha yang telah dilewati. 

Pantai Labuang Baruak ini masih sangat asri dan jarang dikunjungi. Promosi mengenai pantai ini ke luar belum cukup gencar. Karena biasanya yang berkunjung ke Pantai Labuang Baruak yaitu masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan. Diharapkan nantinya ketika pantai ini benar-benar dibuka secara resmi oleh pemerintah, pemerintah dan masyarakat sekitar dapat mempromosikannya kepada khalayak luar. Apabila promosi terhadap pariwisata ini berhasil nantinya, objek wisata Pantai Labuang Baruak dapat menjadi pembangkit ekonomi masyarakat sekitar juga.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS