Ticker

6/recent/ticker-posts

JAJANAN TRADISIONAL DIMINANGKABAU



Nama: Hamni Aulia

Prodi : Sastra Daerah Minangkabau

Pekerjaan : Mahasiswa Universitas Andalas



Selain tradisi dan budaya,minangkabau juga terkenal dengan kelezatan kuliner.Bahkan rendang yang merupakan salah satu makanan khas minang menjadi makanan yang paling enak di dunia.Selain rendang,berbagai jajanan khas minangkabau juga menggugah selera dan bikin ketagihan,hal ini membuat para kuliner tak habis-habisnya memburu berbagai jajanan khas minangkabau.


Ondeh -Ondeh

Ondeh-ondeh merupakan salah satu jajanan tradisional minangkabau yang mempunyai cita rasa manis,ondeh-ondeh sendiri berbentuk bulat kenyal yang di luarnya dibaluri kelapa parut.Ondeh-ondeh ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan.

proses pembuatan nya dengan cara di rebus.pertama larutkan garam, air kapur , air daun pandan dan air hangat, aduk,kedua campurkan ke dalam tepung ketan. Aduk dan uleni hingga campuran tepung ketan tercampur dengan rata,selanjutnya ambil adonan, pipihkan, taruh gula merah ditengahnya. Tutup kembali dan bentuk menjadi bulatan.Didihkan air, rebus onde onde selama kurang lebih 15 menit atau sampai terapung. Angkat dan tiriskan.Untuk bagian luarnya kita dapat balurkan ondeh-ondeh ke dalam kelapa yang telah di parut, setelaha itu ondeh-ondeh siap untuk di makan.

Kue singgang

Kue Singgang ini memeliki cita rass manis dan bertekstur agak kasar. Kue singgang dimasak dengan cara dibakar,Jajanan ini terbuat dari campuran tepung beras, garam, gula pasir, santan kelapa, dan parutan kelapa muda. Selanjutnya, kita dapat digunakan selembar daun untuk membungkus bahan yang telah diolah tersebut.Kue singgang biasanya mudah ditemukan di pasar tradisional.

Kue Paniaram

Paniaram adalah salah satu makanan khas yang biasanya disajikan ketika menyambut hari-hari tertentu atau pada acara-acara adat.Paniaram ini terbuat dari campuran gula pasir atau gula aren, tepung beras putih Cara pembuatannya adalah dengan digoreng menggunakan kuali yang sekaligus menjadi cetakannya.

Lapek

Lapek adalah makanan yang dibungkus dengan daun pisang,lapek ini juga sering kita temui di pasar-pasar tradisional,selain di di jual di pasar lapek ini juga banyak di jumlai di acara-acara tertentu sepeti di upacara adat,di acara minum koli dan lain sebagainya.lapek ini  terdiri dari beragam varian dia antaranya sebagi berikut: Lapek bugih Lapek sagan atau limpiang sagan ini terbuat dari bahan baku utama pisang dan ketan. Lapek ini mempunyai tektur yang lengket namun dengan rasa dan aroma yang nikmat berkat campuran pisang dan ketan.


Kue Talam

Kue talam merupakan Jajanan tardisional yang banyak kita jumpai di pasar,kue talam terbuat dari bahan dasar tepung beras, tepung sagu, santan, gula, dan garam. Kue talam ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal,selain itu kue talam banyak memiliki varian rasa di antaranya kue talam ubi,kue talam srikayo,dan lain sebagainya.

Kue singgang

Kue Singgang ini memeliki cita rass manis dan bertekstur agak kasar. Kue singgang dimasak dengan cara dibakar,Jajanan ini terbuat dari campuran tepung beras, garam, gula pasir, santan kelapa, dan parutan kelapa muda. Selanjutnya, kita dapat digunakan selembar daun untuk membungkus bahan yang telah diolah tersebut.Kue singgang biasanya mudah ditemukan di pasar tradisional.

Pinukuik

Pinukuik adalah makanan ringan bisa dihadirkan untuk sarapan serta cemilan.Pinukuik ini berbentuk bundar dengan warna dominan putih agak kecoklatan. Terbuat dari tepung beras yang sebelumnya direndam dalam air. Dalam pengolahan, pinukuik dicampur dengan beberapa bahan lainnya, seperti santan, kelapa parut, gula, dan sebagainya. Pinukuik ini cenderung memliki rasa manis dan enak.Pinukuik ini dimasak menggunakan cetakan berbentuk cetakan logam, kemudian dipanggang dengan sabut kelapa. Tidak perlu waktu lama, sampai pinukuik berwarna agak ke coklatan dan wangi.

Pinukuik ini biasanya dapat di jadikan makanan yang enak ketika dimakan diwaktu sarpan dinpagi hari dengan secangkir kopi atau teh panas.

Mangkuak

          Kue mangkuak ini berbentuk seperti telur mata sapi dengan warna yang berbeda pada bagian tengahnya. Kue mangkuak ini terdiri dari dua lapisan,lapisan pertama kue mangkuak  terbuat dari campuran tepung beras, tepung terigu dan tapai ubi (simgkong) yang sudah dihaluskan.Untuk lapisan kedua terbuat dari campuran tepung beras dan santan kelapa. Adonan lapisan pertama kue mangkuak dikukus terlebih selama 30 menit. Setelah adonan pertama matang dan bagian atasnya menyerupai puncak gunung, adonan lapisan kedua pun dituang.

Setelah melalui proses pengukusan selama 15 menit, kue mangkuak siap dihidangkan. Proses pembuatan kue mangkuak sendiri membutuhkan waktu sekitar dua jam.

Lompong Sagu

lompong sagu merupakan salah satu kue khas minang yang terbuat dari tepung sagu yang di aduk bersama pisang,santan,kelapa, dan gula aren.kue ini dimasak dengan cara di panggang di atas bara api.kue ini terbungkus dalam daun pisang dan siap untuk dinikmati.Paduan rasa manis dan sedikit gurih dengan tekstur yang kenyal menjadikan kue ini terasa begitu nikmat saat lidah kita merasakannya.

Godok ubi atau Godok bagulo

Godok ubi merupakan jajanan khas minang yang terbuat dari ubi jalar yang berbentuk bulat-bulat yang di luarnya di baluri gula pasir yang sebelumnya telah di cairkan.Cara membuatnya: campurkan kelapa dan garam kedalam parutan singkong aduk sampai rata,selanjutnya bentuk bulat-bulat adonan,selanjutnya goreng adonan yang relah dibentuk bulat tadi ke dalam minyak yang telah di panaskan,masak hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.Untuk pembuatan gula di luarnya kita dapat larutkan gula pasir dan air ke dalam panci,setelah itu tunggu sampai gula itu berbusa. Setelah keduanya siap,kita dapat balurkan godok ke dalam gula yang telah di larutkan tadi,setelah siap kita tunggu dingin dan godok bagulo pun siap untuk dinikmati.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS