Ticker

6/recent/ticker-posts

UCAPAN YANG KELUAR DARI MULUT KITA ADALAH SEBUAH DO'A_, UNTUK ITU SAMPAIKANLAH SALAM DAN TERIMA KASIH SETIAP MENDAPAT KEBAIKAN

 

Prof.Dr.H.Asasriwarni MH/Guru Besar UIN IB Padang/Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar/Anggota Dewan Pertimbangan MUI Pusat


*_A.  Dalil Rujukan :_*


*1. Rasulullah SAW Bersabda Sbb :*


وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( يَقُوْلُ اللهُ تَعَالَى : أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي ، وَأَنَا مَعَهُ إِذَا ذَكَرَنِي ، فَإِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ، ذَكَرْتُهُ فِي نَفْسِي ، وَإِنْ ذَكَرنِي فِي مَلَأٍ ذَكَرْتُهُ فِي مَلأٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ


*Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,  Allah Ta’ala berfirman : _AKU SESUAIKAN DENGAN PRASANGKAAN HAMBA-KU_ . Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu (kumpulan malaikat)* (HR. Bukhari No. 6970 dan Muslim No. 2675)


*2. Selanjutnya, Rasulullah SAW Juga Bersabda Sbb :*


عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِي الثَّنَاءِ


*Dari Usamah bin Zaid RA,  Rasulullah SAW bersabda : Barangsiapa yang diberikan suatu kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan Jazaakallahu khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya*  (HR. Tirmidzi No :1958) 


*_B. Kandungan Hadits Tersebut Di Atas Sbb :_*


*1.  Bentuk Balas Budi Teringan Kepada Seseorang Yang Telah Berbuat Baik Kepada Kita Adalah Dengan Mengucapkan Ucapan Terima Kasih :* 


Hal ini mengacu kepada Sabda Rasulullah SAW SAW Berikut Ini :


مَنْ لَا يَشْكُرُ النَّاسَ لَا يَشْكُرُ اللَّهَ


*Tidak bersyukur kepada Allah siapa saja yang tidak berterimakasih kepada manusia (yang berbuat baik padamu)*  (HR Abu Daud  dan At Tirmidzi)


*2.  Ucapan  Terima Kasih Yang Terbaik Diungkapkan Ialah kalimah :  _"Jazakallahu Khairan Jaza"_  (Semoga Allah Membalasmu Dengan Balasan Kebaikan ) :*


Kalimat ini lebih bernilai dan berbobot karena mengandung doa di dalamnya. Hal ini mengacu kepada Sabda Rasulullah SAW berikut Ini :


من صُنِعَ إليه مَعْرُوفٌ فقال لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ الله خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ في الثَّنَاءِ


*Barangsiapa yang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan _“jazaakallahu khaeron"_ (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya*  (HR.At-Tirmidzi  No.2035, An-Nasaai dalam Al-kubra No. 6/53, Al-Maqdisi dalam Al-mukhtarah : 4/1321, Ibnu Hibban No. 3413, Al-Bazzar dalam musnadnya : 7/54)


*3.  Jenis Ucapan Terima Kasih :*


a.  Jika orang yang berbuat baik kepada kita adalah *laki-laki* (ikhwan), maka yang kita ucapkan adalah *_jazakallah khairan jaza_*.


b. Jika orang yang berbuat baik kepada kita adalah *perempuan* (akhwat). Yang kita ucapkan adalah *_jazakillah khairan jaza_*. 


c. Sedangkan jika yang berbuat baik kepada kita *beberapa orang*, yang kita ucapkan adalah *_jazakumullah khairan jaza_*. 


*4. Dalam Hadits Lain Disebutkan :*


إِذَا قَالَ الرَّجُلُ لأَخِيهِ : جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ


*Jika seseorang berkata kepada saudaranya jazaakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya* (HR. Thabrani dan Al Albani)


*5. Ucapan Jazakumullah Khairan Jaza Merupakan Bukti Ketulusan Dan Sekaligus Memuji Saudaranya Tersebut :*


Hal ini mengacu kepada Sabda Rasulullah Berikut Ini : 


مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ


*Barangsiapa diperlakukan baik oleh orang lain kemudian ia berkata kepadanya _"jazaakallah khairan"_ (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya*  (HR. Tirmidzi dan Al Albani Berkata :  hafits ini shahih)


*6. Ucapan Terima Kasih Dalam Bentuk Doa  Adalah Sebagai Tanda Kita Ingin Menghargai Seseorang Atas Kebaikan Yang Dilakukan Terhadap Diri kita :*


Jika kita sentiasa menghargai setiap pemberian dan bantuan orang dengan ucapan terima kasih, maka orang lain juga akan senang dan menyuburkan sifat kasih sayang seterusnya mengukuhkan hubungan silaturahim. Hal ini mengacu kepada Sabda Rasulullah SAW  Berikut Ini :


لا يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لا يَشْكُرُ النَّاسَ


*Tidak bersyukur (berterima kasih) kepada Allah orang yang tidak bersyukur (berterima kasih) kepada manusia* (HR.  At-Tirmizi dan   Bukhari)


Semoga sekilas renungan pagi ini bermanfaat dan berkah bagi kita, aamiin YRA



Post a Comment

1 Comments

  1. Terimakasih banyak ilmunya Prof, smg sehat selalu. Aamiin ya rabbal'alamiin

    ReplyDelete


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS