Ticker

6/recent/ticker-posts

NASI KAPAU



Oleh: RESI SUSANTIJ

urusan sastra daerah Minangkabau, universitas andalas


                                               

Nagari kapau adalah tempat lahirnya nasi kapau yang semakin hari semakin populer baik di nagarikapau itu sendiri maupun di propinsi lainnya di indonesia.

Nasi Kapau adalah nasi ramas khas nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, gulai sayur cubadak (nangka)gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi), gulai cangcang (tulang dan daging kerbau),  Nasi kapau standar selalu dilengkapi gulai nangka (gulai cubadak) merupakan ciri khas nasi kapau.

Gulai cubadak  tidak menggunakan banyak santan dan tidak terlalu kental. Gulai dicampur kacang panjang, kol, rebung, pakis, dan jengkol. Di samping gulai cubadak, hampir seluruh lauk nasi kapau terdiri dari masakan daging-daging. Gulai usus (gulai tambunsu) campuran telur ayam dan tahu yang dimasukkan ke usus sapi, gulai ikan, gulai tunjang, ayam panggang, teri balado, tongkol balado, dendeng balado, goreng belut, dan sambal lado hijau. Lauk nasi Kapau lainnya berupa ayam, sapi (karena usus goreng, ayam goreng hijau gulai ayam, rendang ayam, rendang daging. Beras nasi kapau harus bermutu tinggi, umumnya dikirim dari Bukittinggi dan Agam. 

 pedagang nasi kapau berada di Pasar Bawah. Uni-uni (ibu-ibu) berdagang nasi kapau di dalam panci besar yang disusun-susun. Panci-panci terlalu jauh dari jangkauan tangan mereka sewaktu melayani pembeli sehingga sendok gulai bertangkai panjang dari tempurung kelapa digunakan untuk menyendokan gulai ke piring makan pembeli.

Padagang nasi kapau ini yang paling banyak di sukai dan di cari cari adalah nasi kapau uni Lis, wajar aja sih kedai nasi uni lis ini banyak di minati orang orang karena Nasi Kapau Uni Lis ini memang terkenal,banyak juga food blogger, tak sedikit pula para wartawan hingga statisun tv yang meliput dan memcoba menikmati nasi kapau uni lis  ini. Maknya para pembili yang berdatangan tidak hanya masyarakat sumatra barat saja,melain kan orang orang yang dari luar provinsi bahkan ada juga turis turis mancanegara.

 Sejarahnya nasi kapaun ini sudah ada sejak abad ke-19. Penjual nasi kapau ini banyak memberi nama yang di awali dengan kata uni seperti, nasi kapau uni lis, nasi kapau ni pit dan sebagai nya.

 Menu favorit yang dicari dan paling dominan yang di minati bagi pecinta nasi kapau ini adalah  gulai gajebo dan gulai tambunsu, dan gulai kapau tentunya. Gulai gajebo biasanya dihidangkan  menggunakan piring kecil, lengkap dengan kuahnya,Kuah gulai pada gajeboh ini tidak terbuat dari olahan santan, tapi disajikan dengan kuah asam pedas.

Saat menyantap nasi kapau para pecinta nasi kapau ini wajib menyantapi lauk berupa:

 1.Gulai tunjang sapi

 2. Rendang talua

 3.usus isi talua

 4.endang daging

 5.Rendang ayam

 6.Dendeng balado

 7.Gulai kepala ikan

Apa lagi saat cuaca panas makan nasi kapau ini terasa lebih nikmat dan segar jika di suguhkan dengan segelas es teh manis. Jika anda pencinta kerupuk anda juga bisa menambahkan kerupuk ampiang atau kerupuk kulit orang minag biasa menyebutnya kerupuk jangek dengan disiram kuah gulai cancang.

 Selain di wilayah Kapau sendiri, nasi kapau juga banyak dijajakan di pasar-pasar wilayah Bukittinggi sejak zaman dulu sampai sekarang. Penjual membuka lapau atau kedai nasinya di bangunan permanen atau seperti lapak tenda saja, bahkan ada pasar Los Lambuang yang terkenal dengan deretan penjaja nasi kapaunya. Los Lambuang  di sini memiliki  ragam lauk khas Kapau disusun dalam baskom besar.

 Selain nasi kapau ada juga nasi yang terkenal yaitu nasi padang, namun nasi padang dengan nasi kapau itu berbeda.dapa di lihat dari beberapa segiperbedaan antara nasi padang dan nasi kapau:

1.Dilihat dari segi menu, nasi padang tidak menyajikan menu yang ada di nasi kapau seperti: gulai telur ikan,tambusu,ikan mas, dan gulai kapau.

2.Dari segi cita rasa, nasi kapau memiliki bahan dasar seperti kol,nangka,kacang panjang dan kuah gulai kapau yang bewarna kuning dimana memiliki rasa yang sedikit asam

3.Dari segi pemesanan, saat memesan nasi di nasi padang kebanyakan pembeli akan duduk dan pelayan pun akan datang membawa tumpukan menu yang ada atau ada juga yang membawa langsungsung tumpukan piring kecil yang berisikan pilihan makan. Beda dengan nasi kapau, pembili langsung menghampiri tempat lauk pauk yang di susun di atas meja dan pembelipun dapat memilih langsung lauk pauk yang mauk di pesan.


Selain dari segi yang tiga di atas ada juga hal yang lain  yang membedakan antara nasi kapau dan nasi padang yaitu:

1.Asal muasal, nasi kapau ini berasal dari nagari/desa yang bernama nagari kapau,kabupaden agam suatra barat. Sedangkan sebutan nasi padang hanya sebutan istilah yang memiliki makna luas.

2.Pemberian sayur, pemberian sayur pada nasi kapau yaitu adanya gulai nangka yang di campur dengan rebung, pemberian sayur yang tidak di potong juga membedakan antara nasi padang dengan nasi kapau ini.

3.Sambal, pada nasi kapau pemberian sambal lebih banyak menggunakan cabe merah sedangkan nasi padang banyak menggunakan cabe hijau.


Nah tulah yang membedakan antara nasi padang dan nasi kapau. 

Saat berkunjung ke sumatra barat khususnya bukittinggi apalagi saat berada di jam gadang dan kawasan pasa ateh tidak afdol rasanya jika tidak mampir ke los lambuang tempat berjejernya kedai nasi kapau dan jangan lupa untuk membungkuskan nasi kapau ini untuk keluarga di rumah karena porsi nasi yang dibungkus lebih banyak dari pada makan di tempat.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS