Ticker

6/recent/ticker-posts

Masyarakat Melestarikan kebudayan yang ada DiMinangkabau



Oleh: Tessa rahma Putri

Mahasiswa fakultas Sastra Minangkabau Unand




      Minangkabau sangat kental dengan kebudayaan nya dan memiliki nilai-nilai budaya yang baik dan banyak di kenal seluruh indonesia maupun mancanegara. Budaya yang ada di minangkabau sangat banyak  bergaman dan ciri khas nya tersendiri. Budaya minangkabau sangat mempunyai nilai-nilai yang bagus dan positif untuk dijalaninya. Bukan hanya mempunyai nilai-nilai positif saja budaya minangkabau terkenal dengan kentalnya masyarakat masih melakukan suatu budaya yang telah ada dari nenek moyang dahulu sampai zaman sekarang. Di zaman sekarang minangkabau sangat banyak tentang budaya minangkabau yang telah berkembang dan dilestarikan dengan baik dan di jalani oleh masyarakat yang ingin menjunjung tinggi nilai budaya minangkabau. Masyarakat juga mempunyai cara nya tersendiri untuk melestarikan budaya minangkabau di daerahnya sendiri dan juga mempunyai nilai yang sangat bagus di pandagan orang dalam maupun orang luar. Dengan cara melestarikan ini lah masyarakat bisa menjunjung tinggi dan menjaga budaya minangkabau yang sudah ada sejak nenek moyang dahulu. Masyarakat juga ingin mengembangkan lebih luas tentang budaya yang ada dan dijadikan sebuah cerita dan bukti untuk masa cucu yang akan datang. 

    Di dalam kehidupan masyarakat kebudayan sangat berarti untuk nya karna masyarakat minangkabau sangat menjunjung tinggi kebudayan yang ada di sekitarnya dan juga masyarakat minangkabau kebudayan itu sendiri menjadi identitas dirinya sendiri dalam hidup di masyarakat minangkabau. Pendidikan tentang budaya masyarakat juga mempunyai ilmu-ilmu yang telah ia dapatkan dari nenek moyang dahulu dan dikembangkan tentang budaya daerah nya sendiri. Di daerah nya sendiri juga mempunyai nilai budaya dan aset budaya nya tersendiri. Masyarakat dapat memperkenalkan dengan aset budaya yang telah ada di tempat nya da akan dikenal oleh masyarakat lain nya. Dengan cara itu kebudayan kita menjadi lebih baik dan mempunyai kekentalan budaya yang sangat upaya untuk mengambangkan budayanya tersendiri. Masyarakat juga mengembangkan budaya dan memperluas informasi tentang budaya yang ada. Hingga menjadi sebuah budaya yang lebih mempunyai kentalan budaya minangkabau. Masyarakat juga bersosialisi dengan mengajarkan budaya minangkabau ke orang lain. Tujuan nya untuk memperkenalkan dan memperluaskan budaya yang ada di minangkabau. Dalam memperkenalkan masyarakat juga bisa bertukar pendapat ke masyarakarat lain untuk lebih dalam mengetahui budaya minangkabau yang ada.


   Masyarakat untuk ingin lebih ingin melestarikan lebih baik masyarakat juga mengikuti kegiaatan kebudayaan dan memberikan pengalaman atau ilmu yang telah ia dapatkan. Masyarakat juga bisa mengenalkan budaya yang ada di daerah nya masing-masing menggunakan media sosial dengan cara memberitahu bahawa budaya yang ada di daerahnya juga mempunyai budaya yang lebih menarik dan dilestariakan untuk masa yang akan datang dan juga memposting di media sosial kesenian lokal yang ada dalam lingkungan masyarakat tersebut. Lewat media sosial lah masyarakat luar mengenal budaya minangkabau memiliki nilai budaya yang sangat tinggi dan dilestarikan sebaik mungkin.





    Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat

Kebudayaan mempunyai fungsi yang sangat besar bagi manusia dan masyarakat. Berbagai macam kekuatan yang harus dihadapi masyarakat dan anggota-anggotanya seperti kekuatan alam, maupun kekuatan-kekuatan lainnya di dalam masyarakat itu sendiri tidak selalu baik baginya. Selain itu, manusia dan masyarakat memerlukan juga kepuasaan, baik di bidang spiritual maupun materiil.

Kebutuhan-kebutuhan masyarakat tersebut di atas unutk sebagai besar dipenuhi oleh kebudayaan yang bersumber pada masyarakat itu sendiri. Dikatakan sebagian besar karena kemampuan manusia terbatas, sehingga kemampuan kebudayaan yang merupakan hasil ciptaannya juga terbatas di dalam memenuhi segala kebutuhan. Adapun fungsi – fungsi kebudayaan adalah :

- Mempersatukan masyarakat.

- Memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat.

- Mendorong terjadinya perubahan masyarakat.


     Peran Kebudayaan

Peran Kebudayaan

Peranan merupakan aspek dinamis dari kedudukan, yaitu seorang yang melaksanakan hak-hak dan kewajibannya. Artinya, apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya, maka dia telah menjalankan suatu peranan. Suatu peranan paling tidak mencakup tiga hal berikut :

- Peranan meliputi norma-norma yang dihubungkan dengan posisi atau tempat seseorang dalam masyarakat.

- Peranan merupakan suatu konsep perihal apa yang dapat dilakukan oleh individu dalam masyarakat sebagai organisasi.

- Peranan juga dapat dikatakan sebagai perilaku individu yang penting bagi struktur sosial. 


    Kebudayaan membantu masyarakat memenuhi beberapa kebutuhan penting. Budaya berfungsi untuk mengatur manusia khususnya dalam bertingkah laku. Karna salah satu produk kebudayaan ialah norma sosial dan bentuk norma lainya. Norma inilah yang dijadikan dasar bagi manusia dalam bertingkah laku. Dalam kebudayan juga masyarakat bisa menjadi pedoman tata kehidupan yang lebih berbudaya yang baik dan mempunyai budaya pribadi yang mengatatur norma kehidupanya. Masyarakat banyak mempunyai sisi positif dengan melestarikan budaya-budaya yang ada dilingkungan nya. Dari sebuah melestarikan budaya menjadi informan budaya-budaya yang ada dilingkungan masyarakatnya. Budaya juga menjadi pemersatukan masyarakat untuk mendorong mengenal budaya menjadi sebuah norma kehidupan yang dijalani sebagai kebutuhan penting bagi manusia yang ada dilingkungan masyarakat sekitar.  

   Kebudayaan memiliki fungsi yang besar dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Fungsi tersebut diantaranya, keberadaan pakaian, pangan, rumah, komunikasi serta nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. 

  Kebudayaan juga untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin beragam. Kebudayaan sendiri lahir dari gagasan dan ide manusia sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya.  

- Pakaian : Pakaian adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan dengan adanya budaya memunculkan tren-tren pakaian yang sesuai dengan zaman.

- Pangan : Sebagai sumber kehidupan manusia tentu pangan sangatlah penting, dan perlu pengolahan yang baik untuk kesehatan manusia itu sendiri.  

-    Rumah : Manusia membutuhkan tempat peristirahatan sekaligus tempat berlindung, dan ide manusialah yang menghadirkan rumah sebagai tempat tersebut.

-    Komunikasi : Kemajuan tekhnologi menjadikan manusia kini bisa dengan mudah saling berkomunikasi.

-    Nilai dan Norma : Nilai dan Norma yang berlaku di masyarakat berfungsi melindungi masyarakat dari hal-hal yang buruk.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS